Jamu Mengandung Hal yang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan Kamu

Informasi Menarik – Jamu merupakan minuman kesehatan yang pasti sudah dikenal di Indonesia. Selain sebagai alternatif minuman kesehatan, ternyata jamu mengandung hal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kamu. Dari yang bisa berguna untuk menjaga dan melindungi tubuh dari serangan penyakit, juga bisa mempertahankan stamina kamu untuk tetap sehat.

Mungkin beberapa dari kamu juga sering melihat para mbok-mbok yang menjual dagangannya di pinggir jalan. Kadang digendong, dibawa menggunakan sepeda, atau bahkan kini banyak gerai-gerai yang menjajakan ramuan tradisional ini. Jamu seperti kunyit asem, beras kencur, manjakani, gula asem dan lain-lain mungkin bisa menjadi pilihan untuk kamu.

Jamu kunyit asem sendiri merupakan minuman yang banyak digemari. Selain itu, kunyit asem juga relatif aman untuk diminum sehari-hari dan juga mudah untuk dibuat sendiri. Manfaatnya juga banyak, baik untuk wanita maupun pria yang mengkonsumsinya. Apalagi, untuk setiap orang yang ingin mempertahankan kondisi tubuhnya. Juga bisa berguna untuk seseorang yang mendambakan kulitnya tetap bersih.

Kunyit juga memiliki senyawa aktif yang memiliki sifat anti radang, anti bakteri, serta anti inflamasi. Kunyit juga berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit, yang dikenal sebagai Kurkuminoid. Dari beberapa senyawa aktifnya, kunyit memiliki kandungan mineral, yang terdiri aluminium, magnesium, seng, zat besi, kalsium, natrium, kalium, kobalt,dan bismuth.



Baca juga: Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Yang Perlu Kamu Ketahui

Selain itu, ada juga kandungan vitamin, yaitu vitamin C dan A, yang dapat digunakan untuk kesehatan jaringan kulit serta mata. Kandungan minyak atsiri juga terdapat di dalamnya, yang berkisar dua hingga lima persen, yang terdiri atas fenilpropana turmeron, betaturmenon, aril kurmen, zingberin dan kurlon kurkumol. Juga didalamnya termasuk zat dammar, glukosa, fruktosa dan zat aktif dari senyawa arabinusa. Serta mengandung senyawa dari diari heptanoid yang berkisar dari tiga sampai empat persen, yang terdiri dari dihidro kurkumin, curcumin, bisdesmetok  sirkukumin.

Manfaat jamu kunyit asem

Manfaat dari jamu kunyit asem sangat beragam. Jamu kunyit asem mampu bertindak sebagai salah satu penawar racun serta dapat membuang racun yang sebelumnya pernah mengendap dalam tubuh. Contohnya bisa saja karena penggunaan obat-obatan kimia, yang dikonsumsi secara jangka panjang maupun berlebihan. Mengkonsumsi jamu kunyit asem secara teratur juga bisa jadi langkah tepat bagi setiap orang. Kunyit juga memiliki nutrisi yang bisa menekan rasa lapar untuk waktu yang lumayan bertahan lama. Ini juga biasanya digunakan untuk mengurangi berat badan, tanpa mengurangi kesehatan itu sendiri.

Karena kunyit memiliki zat yang berguna sebagai anti peradangan, kunyit juga bisa digunakan untuk mempercepat pengeringan pada luka serta untuk menyembuhkan luka bakar maupun dapat mencegah peradangan. Bahkan juga bisa digunakan untuk menangkal efek buruk matahari. Peradangan akibat berada dibawah sinar matahari terlalu lama dapat segera diatasi dengan rajin minum jamu kunyit asem.

Jika ada indikasi seseorang masuk angin atau panas dalam, jamu kunyit asem juga bisa membuat masuk angin pergi serta mampu menyembuhkan sakit pada tenggorokan. Cukup konsumsi ramuan ini dengan takaran dua kali sehari. Untuk wanita yang sedang haid, mengkonsumsi jamu kunyit asem mampu membuat tubuh tetap bugar serta tak mudah untuk lelah. Haid juga jadi teratur dan lancar serta mampu mengurangi rasa nyeri maupun pegal pegal.

Hilangkan bau badan tak sedap serta menambah stamina

Mau kulit semakin halus dan bercahaya? Kamu hanya cukup untuk rajin minum jamu kunyit asem. Kulit kamu bisa terbebas dari penyakit kulit lho. Nutrisi yang terkandung, terutama  vitamin C dan seratnya, dapat menjadikan kulit terlihat lembab dan terhindar dari dehidrasi. mempertahankan kesehatan kolagen dan minyak alami yang terdapat dibawah kulit sehingga kulit akan nampak selalu lembab dan terhindar dari dehidrasi.

Zat atsiri di dalam jamu kunyit asem dapat mengontrol keringat, sehingga mampu mengurangi bau badan tak sedap akibat bakteri yang tercampur. Zat tersebut akan mengikat keringat berlebih. Di sisi lain, jamu kunyit asem juga dapat menjaga stamina tubuh agar tetap fit sepanjang hari. Membuat badan tidak mudah lelah, dan selalu ada dalam konsentrasi tinggi, walaupun berada dalam rutinitas yang butuh energi lebih banyak.

Manfaat lain jika mengkonsumsi jamu kunyit asem secara teratur

  1. Membuat mata mampu untuk mengurangi sensitivitas cahaya
  2. Menghilangkan bau mulut, serta mengobati peradangan rongga mulut
  3. Melunturkan lemak dan mampu mengecilkan perut buncit
  4. Membersihkan lambung dari sisa hasil pencernaan
  5. Mencegah dan melancarkan aliran darah
  6. Menghambat proses perkembangan sel kanker, termasuk kanker
  7. Mencegah keputihan saat haid dan mengurangi bau di daerah kewanitaan
  8. Menurunkan gula darah serta mencegah diabetes
  9. Bisa sebagai obat alternatif untuk gejala tifus
  10. Memperbaiki sel otak untuk memperlancar pembuluh darah di otak serta mencegah terjadinya Alzheimer (penyakit lupa)
  11. Mengurangi gatal-gatal yang menyerang kulit
  12. Mencegah bakteri atau jamur yang berkembang biak di kulit
  13. Sebagai obat diare
  14. Melancarkan Air Susu Ibu (ASI) dan meningkatkan kualitas ASI
  15. Mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh amandel
  16. Meningkatkan sel darah merah dan mengurangi anemia (kurang darah)
  17. Melindungi rongga mulut dari sariawan dan bau mulut
  18. Menstabilkan kondisi asam lambung untuk mencegah sakit maag
  19. Mengusir perut kembung akibat masuk angin dan panas dalam
  20. Melancarkan aliran darah, bahkan mampu menghilangkan sakit guna mempercepat proses persalinan untuk ibu hamil

Juga bisa diberikan diminum untuk anak-anak

Kesehatan anak memang menjadi prioritas setiap orang tua. Jamu kunyit asem juga bisa digunakan untuk menjaga ketahanan tubuh dan meningkatkan stamina untuk anak-anak. Apalagi biasanya anak-anak memiliki jadwal padat di sekolah, serta rutinitas lain di luar jam sekolah. Banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh anak-anak juga pastinya akan menyita waktu, tenaga dan pikiran mereka. Oleh karenanya, konsumsi minuman ini sejak usia anak-anak sangat disarankan.

Baca juga: Fakta Unik Film Marvel Avengers Infinity War

Namun, hindari untuk mengkonsumsi jamu kunyit asem tersebut, jika anak anda masih berusia dibawah enam tahun. Sifat panas dari kunyit, dan asam dari asem itu sendiri tidak cocok untuk lambung dan pencernaan anak dibawah enam tahun. Dikhawatirkan pencernaan mereka belum mampu menerima dan mencernanya dengan baik.

Dan kamu juga bisa terus mengkonsumsi jamu kunyit asem secara teratur, juga saat badan dalam keadaan sehat. Konsumsi dalam jangka panjang tidak akan ada efek sampingnya. Bahkan jika kamu bisa minum dua kali sehari atau mungkin setiap hari, bisa mempertahankan stamina setiap saat. Saat ini juga kamu tidak perlu repot untuk mencari penyedia jamu. Selain dijual keliling, kini juga tersedia jamu online yang bisa mempermudah kamu jika ingin mencobanya.

Salah satunya jika kamu berada di daerah Denpasar, Bali, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. Naturami Bali bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin menjadi sehat dengan mengkonsumsi minuman tradisional ini. Dengan harga yang sangat terjangkau, kamu cukup pesan melalui media sosial atau Whatsapp. Dijamin jamunya sesuai dengan rasa original serta pas buat kantong kamu. Naturami Bali menyediakan segala macam jamu tradisional premium yang pastinya tanpa pengawet.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: