Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Yang Perlu Kamu Ketahui

Bacaan Asik – Dilarang sembarangan makan, nanti kolesterol naik. Yah kalimat tersebut pastinya sering banget kamu dengar bila kamu memang mengalami masalah kolesterol. Makanya, informasi mengenai makanan penurun kolesterol tinggi ini memang sangat perlu untuk kamu ketahui.

Hiperkolesterolemia merupakan sebuah kondisi dimana kadar kolesterol tergolong tinggi didalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi seperti ini, bisa memicu munculnya penyakit jantung. Merubah pola makan merupakan usaha paling bagus untuk menurunkan kadar kolesterol.

Akan tetapi, kolesterol pun sebenarnya dibutuhkan manusia untuk membangun dinding sel dan memproduksi hormon. Kolesterol pun merupakan sebuah kimia penting untuk memproduksi asam empedu, hormon steroid serta vitamin D.

Nilai kolesterol total yang normal adalah <200 mg/dl. Untuk kolesterol jahat harus <100 mg/dl (LDL, jenis kolesterol yang dapat membuat mampet arteri). Sedangkan untuk kadar kolesterol baik bagusnya >50 mg/dl. (HDL- jenis kolesterol yang dapat membersihkan lemak di darah).



Lihat juga: Pendaftaran Grab Car Tutup

Apa saja makanan yang dapat menaikkan kadar kolesterol?

Kadar kolesterol bisa gampang meningkat karena konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi. Kadar low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat juga bisa mudah meningkat ketika konsumsi makanan tersebut. Beberapa makanan yang memiliki lemak jenuh:

  • Daging Bebek.
  • Mentega atau Margarine.
  • Daging berlemak atau produk daging olahan sperti sosis.
  • Susu, krim, keju, dan yogurt.
  • Santan dan juga minyak sawit.
  • Kuning telur.

Pada informasi nilai gizi yang biasanya ada dikemasan makanan, kadar lemak jenuh, kalau kandungannya dibawah 0,5 gram, itu boleh untuk tidak ditulis, jadi konsumen tidak bisa tau sebenarnya.

Lalu makanan yang aman untuk penderita hiperkolesterolemia itu apa?

Sayuran serta buah umumnya tidak mengandung kolesterol. Dan biasanya memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Sehingga mesti masuk dalam menu pola makan sehat untuk mengurangi kolesterol. Disamping itu, jenis makanan yang diperlukan untuk menjaga kestabilan adalah makanan yang mengandung serat yang tinggi serta yang high density lipoprotein (HDL)’nya bagus.

Serat

Konsumsi minimal yang dibutuhkan tubuh adalah 25 gram serat untuk mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Serat mampu membantu meminimalisir kadar LDL dengan cepat. Membuang kolesterol dari saluran pencernaan. Contoh makanan sumber serat adalah kacang polong, buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran.

Polyunsaturated fat

Polyunsaturated fat disebut juga dengan lemak sehat yang ditemukan didalam makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, ikan salmon, dan minyak zaitun.

Monounsaturated fat

Monounsaturated fat mempunyai manfaat untuk kesehatan ketika dikonsumsi dalam porsi sedang. Sumber ialah seperti minyak zaitun, alpukat, kacang dan kenari.

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Beras Merah
  2. Gandum
  3. Bayam
  4. Seledri
  5. Buncis
  6. Kedelai
  7. Bawang Putih
  8. Kacang-kacangan
  9. Kacang Hazelnut
  10. Biji Bunga Matahari
  11. Ikan Omega 3
  12. Ikan Salmon
  13. Jeruk Nipis
  14. Jambu Biji
  15. Delima
  16. Mangga
  17. Buah Blueberry
  18. Buah Anggur
  19. Alpukat
  20. Buah Zaitun
  21. Jeruk Lemon
  22. Buah Strawberry
  23. Biji Ketumbar
  24. Teh hitam
  25. Juice Brokoli
  26. Juice Sanapis (Sayur-nanas-Jeruk Nipis)
  27. Rimpang Jahe
  28. Minyak Zaitun

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Yang Perlu Kamu Ketahui

Itulah makanan penurun kolesterol tinggi yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga kesehatan mu yah!

Terima Kasih,
IDRTimes

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: