Wedang Jahe Bisa Meredakan Nyeri Haid, Patut Dicoba Nih!

Menurut mitos dan ternyata sesuai dengan faktanya, ternyata wedang jahe bisa meredakan nyeri haid. Wedang jahe bisa bantu memberikan kehangatan didalam perut serta membantu mengurangi gangguan pencernaan juga nyeri haid.

Jahe merupakan tanaman dengan batang berdaun dan warna yang bunga hijau kekuningan. Jahe diambil dari akar tanamannya. Pada umumnya digunakan untuk mengurangi berbagai jenis penyakit perut seperti mabuk perjalanan yang berefek mual, sakit perut, diare, hingga kurang nafsu makan.

Dalam pengolahan makanan maupun minuman, jahe biasa digunakan sebagai penyedap rasa serta penambah sensasi kehangatan. Minuman rasa jahe itu biasanya enak di suguhkan pas malah hari.

Lihat juga: Buah Dan Sayur Untuk Kesehatan Paru-paru



Apakah zat aktif pada tanaman jahe?

Gingerol ialah senyawa bioaktif utama dalam tumbuhan jahe yang merupakan sumber dari beberapa manfaat jahe. Gingerol mempunyai efek anti inflamasi serta antioksidan yang kuat. Senyawa yang satu inipun bisa menurunkan resiko infeksi.

Jahe dapat mengurangi rasa mual

Jahe sangat manjur untuk mengurangi rasa mual yang disebabkan karena mabuk laut, kehamilan atau bahkan setelah operasi. Menurut penelitian, mengkonsumsi 1-1,5 gram jahe dapat mengatasi gejala mual. Namun, disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter apabila sedang hamil dan ingin mengonsumsi jahe dalam jumlah banyak.

Jahe dapat mengurangi sakit nyeri otot

Pada satu penelitian, mengkonsumsi 2 gram jahe per hari selama 11 hari dapat mengurangi terjadinya nyeri otot. Manfaat ini dikarenakan jahe memiliki manfaat sebagai anti inflamasi.

Jahe mampu membantu mengatasi masalah osteoarthritis

Efek anti inflamasi dalam jahe mampu mengatasi masalah osteoarthritis. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi ekstrak jahe mengalami penurunan rasa sakit, serta mengalami penurunan dosis obat pengurang rasa sakit. Pada penelitian lainnya ditemukan bahwa kombinasi jahe, minyak dammar, minyak wijen dan kayu manis, dapat mengurangi rasa nyeri dan kekakuan pada pasien penderita osteoarthritis ketika diolesi secara topical.

Jahe mengurangi kadar gula darah serta mengurangi resiko penyakit jantung

Dalam sebuah penelitian menyimpulkan kalau penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi bubuk jahe sebanyak 2 gram setiap hari mengalami penurunan kadar gula darah hingga sebanyak 12%. Disinyalir juga dapat menurunkan HbA1C sebanyak 10% selama 12 minggu. Tumbuhan inipun dikatakan bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

Jahe bisa membantu menyembuhkan gangguan pencernaan kronis

Masalah pencernaan kronis umumnya ditandai dengan rasa nyeri dan tidak nyaman secara berkala dibagian atas perut. Gangguan pencernaan kronis bisa timbul karena telatnya fase pengosongan perut. Dalam penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, disimpulkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi 1,2 gram bubuk jahe sebelum makan bisa membantu mempercepat proses pengosongan perutnya.

Wedang jahe bisa meredakan nyeri haid

Dilain penelitian pun disimpulkan kalau mengkonsumsi 1 gram bubuk jahe setiap hari selama 3 hari pertama kala menstruas, bisa mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan karena aktivitas asam mefenamat dan ibuprofen. Inilah mengapa akhirnya banyak pendapat yang bergulir mengatakan jika wedang jahe bisa meredakan nyeri haid.

Tanaman jahe mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)

Info lain mengatakan juga, jika pemberian 3 gram bubuk jahe selama 45 hari pada orang yang kadar kolesterolnya tinggi, dapat membantu orang tersebut untuk menurunkan kadar kolesterol LDL’nya, total dan trigliserida.

Wedang Jahe Bisa Meredakan Nyeri Haid, Patut Dicoba Nih!

Nah buat kamu yang sebelumnya belum mengetahui beberapa informasi mengenai hal tersebut, sekarang kan jadi lebih tau ya. Jangan lupa kalau malam juga bisa mencoba mengkonsumsi minuman hangat seperti wedang jahe untuk kesehatan kita. Patut dicoba nih ya.

Salam hidup sehat,
IDRTimes.com

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: