Buah dan Sayuran Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Paru-Paru

Buah dan Sayuran Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Paru-Paru. Menetap di lingkungan yang tinggi polusi udaranya atau kebiasaan merokok tentu saja pasti akan berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru Anda. Kalau tak dijaga kondisi kesehatannya, tentu saja suatu saat akan berdampak buruk bagi masa depan kesehatan pribadi kita masing-masing.

Makanya sebisa mungkin kita musti berhati-hati agar tidak membuat paru-paru rusak dengan menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan tidak merokok dan memperbanyak makan buah serta sayuran.

Baca juga: 1 batang rokok lebih mendingan dari pada sebungkus?, siapa bilang?

Beberapa ahli mengatakan bahwa beberapa buah dan sayur berikut ini dapat membawa manfaat yang baik untuk kesehatan paru-paru. Mari kita simak buah dan sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru tersebut:



Tomat

Tomat atau nama lainnya, Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum. Merupakan tumbuhan dari family Solanaceae. Tumbuhan yang ditengaai asli dari Amerika Tengah dan Selatan. Dari Meksiko hingga Peru. Tomat merupakan tumbuhan dengan siklus hidup singkat, pohonnya dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, maupun merah. Lazimnya dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Batang tomat dan daunnya tak bisa dikonsumsi, soalnya masih sejenis sama kentang dan terong yang mengandung Alkaloid.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti menyatakan jika penurunan fungsi paru mantan perokok dapat diperlambat dengan mengkonsumsi tomat. Dipublikasi dalam jurnal European Respiratory. Manusia yang dalam 1 hari makan lebih dari dua tomat dalam 10 tahun paru-parunya telihat lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi tomat sama sekali.

“Studi ini juga menunjukkan jikalau diet ternyata mampu membantu memperbaiki kerusakan paru-paru pada mantan perokok,” kata pemimpin studi Vanessa Garcia-Larsen dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health.

Apel

Apel termasuk jenis buah-buahan. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya. Akan tetapi ada juga yang berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya tergolong lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.

Konon katanya, apel pertama kali di tanam di daerah Asia Tengah. Saat ini, apel banyak ditemukan di daerah yang suhu udaranya dingin. Pohon apel jika dalam bahasa Latin lebih dikenal dengan sebutan Malus domestica. Apel budidaya merupakan keturunan dari Malus sieversii, berasal dari Asia Tengah, dengan sebagian genom berasal dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).

Buah ini biasanya banyak dimakan secara mentah-mentah. Dijadikan hidangan dalam pesta. Ada juga yang memasaknya hingga lembek seperti cream untuk membuat saus apel. Tidak sedikit minuman yang terbuat dari ekstrak sari apel.

Masih pembahasan soal buah dan sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Ternyata selain tomat peneliti juga menemukan jika mantan perokok yang rutin mengonsumsi apel fungsi paru-parunya berangsur lebih baik dibandingkan mereka yang tidak sama sekali makan apel.

“Studi kami juga menyimpulkan bila diet yang kaya akan buah dapat memperlambat penuaan pada paru, bahkan pada seseorang yang bukan perokok,” lanjut Vanessa.

Brokoli

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) merupakan sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah. Telah dibudidayakan semenjak masa Yunani Kuno. Sayuran ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an dan saat ini cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang bisa dimakan yaitu pada bagian kepala bunga yang warnanya hijau. Bagian ini biasanya tersusun rapet seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga itu dikelilingi dedaunan. Brokoli hampir sama dengan kembang kol, bedanya brokoli berwarna hijau, kalau kembang kol berwarna putih.

Cara menanam brokoli biasanya dengan cara disemai setelah tumbuh 3-4 daun sejati. Lalu baru ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Masa tuainya yaitu 55- 100 hari (tergantung varietas). Sayuran ini tumbuh pada lokasi dengan cuaca dingin.

Sayuran ini biasanya direbus atau dikukus. Cara terbaik untuk memasak brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini ditujukan agar segala vitamin serta nutrisi penting di dalamnya tak hilang selama proses pemasakan. Brokoli yang direbus akan kehilangan sekitar 50% asam folat di dalamnya. Oleh sbab itu, bila ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya jangan terlalu lama. Tidak lebih dari 5 menit. Brokoli mengandung vitamin C serta serat makanan yang banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli memiliki kandungan senyawa isotiosianat yang seperti sulforafana, di yakini memiliki aktivitas antikanker.

Brokoli sebagai buah dan sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru

Manfaat brokoli terbukti amat banyak diantaranya untuk kesehatan mata dan saraf serta ikut mengurangi tekanan darah. Disisi lain, kandungan kalsium maupun vitamin K yang tinggi, bikin sayur brokoli juga amat bagus untuk kesehatan tulang. Manfaatnya untuk kesehatan kulit juga ternyata cukup besar.

Beberapa manfaat brokoli :

  • Dengan kandungan serat, brokoli bermanfaat untuk mendukung program diet sehat. Karena dapat menurunkan berat badan.
  • Mengandung glucoraphanin yang sangat tinggi, brokoli sangat berguna untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung.
  • Vitamin A yang terkandung pada brokoli sangat berguna untuk kesehatan mata.
  • Dengan kandungan vitamin C dan E, maka brokoli sangat berguna untuk menjaga serta merawat kesehatan kulit.
  • Brokoli bisa menjaga kesehatan pencernaan.
  • Dengan kandungan vitamin B6, maka brokoli berfungsi untuk mencegah penyakit kardiovaskuler.
  • Dengan kalium dan magnesium, sayuran ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Brokoli sangat efektif dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Brokoli dapat mencegah depresi yang berlebihan.
  • Mampu mencegah atau mengobati penyakit kanker, tumor maupun kista.
  • Dapat menaikkan sistem kekebalan tubuh kita.
  • Bisa menjaga kesehatan sistem saraf pusat (otak).
  • Mampu meningkatkan intelektualitas atau kecerdasan.
  • Mampu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
  • Berfungsi mengendalikan kadar gula dalam darah secara efektif.
  • Mampu mencegah dan mengobati penyakit alzheimer.
  • Bisa mengobati penyakit gangguan pernapasan seperti asma dan lainya.
  • Mampu mencegah bermacam radikal bebas.
  • Mampu mengurangi peradangan atau rasa sakit.
  • Aman bagi nutrisi ibu hamil, bayi ataupun balita.

Sayuran satu ini menyimpan kandungan antioksidan yang tinggi. Sebagai hasilnya, EduBook mengatakan jika brokoli adalah sayuran hijau yang paling baik untuk kesehatan paru-paru.

Jeruk

Vitamin C yang tersimpan dalam buah ini dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas yang memicu radang paru-paru. Buah seperti jeruk, lemon ataupun limau mengandung anti inflamasi yang mampu mengurangi pembengkakan jaringan paru-paru seperti pada penyakit asma.

Vitamin C juga berperan aktif untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Dapat mengurangi resiko penyakit obstruktif kronik pada perokok aktif.

Berry

Jenis buah berry seperti blackcurrant, blueberry dan strawberry mengandung resveratrol fitokimia yang kuat, yang secara alami memiliki anti inflamasi, meningkatkan memori, meningkatkan metabolisme lemak, anti pembekuan darah, dan dapat menghambat stress oksidatif yang menyebabkan penyakit kanker paru-paru.

Buah dan Sayuran Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Paru-Paru

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: