Inilah Prediksi Trend Teknologi di Tahun 2018 yang Akan Terjadi

Inilah prediksi trend teknologi di tahun 2018 yang mungkin akan terjadi. Jika sebelumnya di tahun 2017 sudah banyak sekali perkembangan teknologi yang terjadi mulai dari AI (Artificial Intelligence), VR (Virtual Reality) sampai dengan IoT (Internet of Things). Maka di tahun 2018 nanti, maka dipastikan teknologi akan semakin canggih serta berkembang.

Teknologi ini tidak hanya bisa kita amati dalam dunia gadget seperti smartphone, namun juga otomotif, game, dan sebagainya. Teknologi-teknologi yang makin berkembang dapat diaplikasin di mana saja. Bahkan saat ini di dunia kuliner luar negeri, semakin banyak restoran yang menggunakan perkembangan teknologi sehingga memudahkan pemesanan dan layanan yang ada seperti teknologi pengenalan wajah.

Berikut ini akan disampaikan 5 prediksi trend teknologi di tahun 2018 yang mungkin akan terjadi. Simak baik-baik agar kamu juga tidak ketinggalan berita.

VR, AR, dan MR (Virtual/ Augmented/ Mixed Reality)

Tahun lalu sudah makin banyak dikembangkan soal VR dan sekarang teknologi semacam itu sudah tidak hanya lagi kepunyaan dunia animasi maupun film. VR mulai diaplikasikan ke berbagai macam hal seperti dunia kedokteran, game, pariwisata, sampai olahraga. Dan diprediksi hal yang sama juga akan terjadi pada AR serta MR.



Mungkin kamu sudah tahu kalau selama ini kacamata VR seperti buatan Google hanya boleh dipakai oleh orang dewasa. Sementara itu, anak usia 12 tahun ke bawah dilarang menggunakannya. Alasannya dapat mengganggu perkembangan dan kesehatan mata anak. Kabar baiknya, tahun 2018 nanti di Jepang akan mulai dikembangkan kacamata VR yang bisa dipakai oleh anak-anak. Meski begitu kacamata ini tidak akan menyajikan gambar 3D seperti kacamata VR biasanya. Namun, dari situ diharapkan tidak akan mengganggu perkembangan mata anak-anak.

Bahkan di dunia game pun fasilitas teknologi semacam ini sudah mulai dikembangkan. Trend teknologi di tahun 2018 akan marak dengan game-game yang menggunakan VR/ AR/ MR. Dan siapa yang bisa tahu, mungkin seiring perkembangan jaman nanti, ke depannya teknologi semacam ini bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Misalnya keluarga bisa melakukan tamasya virtual jika tidak bisa keluar rumah.

Baca Juga: Smartphone Baru Xiaomi Bezeless Dijual Dengan Harga 1 Jutaan

Smart speaker akan menjadi trend teknologi di tahun 2018

Bagi kamu yang hobi mendengarkan musik biasanya memiliki fasilitas musik yang dapat digunakan untuk mendengarkan musik dengan bagus seperti tape/ cd/ ampli/ ph player, dan lain sebagainya. Mereka para pecinta musik juga tidak boleh ketinggalan membeli speaker yang tepat.

Di era digital 2018 nanti, diperkirakan pilihan speaker akan semakin banyak jenisnya. Dari sana orang dapat memilih kualitas suara seperti apa yang ditawarkan. Tahun depan bahkan kehadiran smart speaker akan merajalela menggantikan speaker biasa.

Tapi apa beda dari teknologi smart speaker dengan speaker biasanya yang sering kita pakai?

Teknologi smart speaker, seperti namanya, tidak hanya dilengkapi dengan fasilitas pengeras suara tapi juga fitur-fitur canggih lainnya. Misalnya saja dilengkapi dengan layar display yang bagus, kamera, internet, dan lain sebagainya.

Bahkan sudah banyak produsen luar negeri yang mulai mengembangkan berbagai macam teknologi smart speaker tersebut. Contohnya seperti perusahaan Apple yang telah meluncurkan produk LINE dan Homepod dengan Clova. Dan mungkin di tahun mendatang, kita bisa melihat kecanggihan smart speaker yang digabungkan dengan kemampuan smartphone. Bisa jadi smart speaker dapat difungsikan secara hands free.

IoT alias Internet of Things yang makin merajalela

Trend teknologi di tahun 2018 juga akan dipenuhi dengan semakin banyak hadirnya teknologi IoT. Istilah Internet of Things sendiri sudah cukup lama terdengar sejak beberapa tahun belakangan. Apalagi semakin banyak pula industri yang masuk ke dalam teknologi IoT memudahkan perkembangannya di tahun-tahun mendatang.

Selain itu, teknologi penunjang IoT sudah terlebih dahulu dikembangkan. Contoh paling mudahnya ialah sensor di dalam dunia smartphone, kamera, serta otomotif. Maka bisa saja teknologi sensor ini nantinya akan dikembangkan dan diaplikasikan pada teknologi IoT. Belum lagi teknologi jaringan 5G sudah mulai dikembangkan di Jepang.

Teknologi-teknologi yang sudah disebutkan di atas dapat dijadikan penunjang perkembangan teknologi IoT. Ditambah lagi kemudahan untuk mendapatkan komponen seperti hardware juga semakin memudahkan perkembangan IoT.

Perlu kamu tahu bahwa sudah ada beberapa produk IoT yang dipasarkan. Beberapa contohnya antara lain pada produk-produk untuk kebutuhan rumah tangga seperti robot pembersih rumah, smart lamp dan smart lock, coffee maker, smart thermometer, dan masih banyak lagi. Kemungkinan besar trend teknologi di tahun 2018 akan semakin banyak dipenuhi oleh produk-produk yang menggunakan IoT kemudian dipasarkan ke masyarakat luas.

Neo Flip Smartphone, ponsel super canggih yang jadi trend teknologi di tahun 2018

Clamshell phone atau istilah gampangnya adalah flip phone, merupakan desain smartphone yang bisa dilipat dan sempat populer di jaman GSM. Di tahun 1991, telepon lipat pertama kali dikembangkan dan diluncurkan oleh perusahaan NEC meski sayangnya mereka belum/ tidak sempat mematenkan desain tersebut.

Seiring perkembangan teknologi smartphone, para vendor dunia ramai-ramai menawarkan display alias layar dengan ukuran besar. Mereka berharap tampilan layar besar dapat memudahkan para pengguna saat memakai ponsel tersebut. Layar yang besar membuat pengguna semakin nyaman dalam melihat dan memainkan aplikasi di layar.

Sayangnya, makin besar ukuran layar makin besar pula ukuran smartphonenya sehingga jadi ribet kalau harus dibawa kemana-mana. Maka, sebagai solusinya beberapa produsen nampaknya mulai ingin mengadopsi kembali desain flip phone alias ponsel lipat. Bedanya, smartphone tersebut memiliki layar ukuran besar yang bisa dilipat sehingga ukuran smartphone saat dibawa menjadi lebih kecil dan praktis.

NTT DoCoMo katanya akan mulai merilis produk smartphone dengan layar yang bisa dilipat tahun depan dan akan diberi nama ‘M’. Begitu pula dengan Samsung yang nampaknya tertarik membuat produk smartphone dengan layar lebar yang di bagian tengahnya dapat dilipat. Wah, kita tunggu saja kehadiran trend teknologi di tahun 2018 semacam ini sebentar lagi!

MaaS (Mobility as a Service)

Semakin ke sini, mungkin kendaraan pribadi sudah tidak akan banyak digunakan lagi. Malahan aka nada banyak kendaraan-kendaraan sharing. Contohnya saja bike sharing yang telah berkembang di Negara-negara seperti Eropa dan Tiongkok, sebentar lagi di Jepang.

Diperkirakan trend teknologi di tahun 2018 akan mulai muncul transportasi-transportasi yang memakain teknologi MaaS. Maksudnya mobil yang disharing dengan angkutan umum lainnya seperti kereta api dan bus akan terintegrasi demi menawarkan layanan transportasi kepada masyarakat luas.

Di masa mendatang, mobil-mobil dengan teknologi semacam connected car dan auto drive diharapkan mampu menjadi pendukung utama dari transportasi. Membuat orang tidak perlu lagi membeli kendaraan pribadi karena mobil dengan teknologi semacam ini bisa digunakan bersama. Biaya operasional dan perawatan pun dapat ditanggung bersama sehingga jauh lebih murah.

Di Jepang dan Finlandia, usaha atau bisnis semacam ini sudah mulai dikembangkan dengan nama Whim dan NOREL. Tentunya kita berharap teknologi berbasis MaaS akan semakin berkembang dan banyak sebagai trend teknologi di tahun 2018 nanti.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: