5 Tradisi Unik Merayakan Valentine di Berbagai Negara Asia

IDRTimes.com – Sebentar lagi hari kasih sayang yaitu Valentine yang selalu dirayakan setiap tanggal 14 Februari semakin dekat. Pastinya para pasangan muda tidak ingin ketinggalan merayakan Valentine bersama dengan kekasih mereka. Hari spesial ini rupanya tidak hanya banyak dirayakan di Indonesia, namun juga di berbagai Negara Asia lainnya. Dan tahukah kamu, ternyata ada 5 tradisi unik merayakan Valentine yang dilakukan oleh para pasangan muda mudi di Asia berikut ini.

5 Tradisi unik merayakan Valentine oleh para pasangan di Negara Asia

Hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari ternyata juga menyimpan sejarah panjang yang berasal dari tanah Eropa. Awalnya, Raja Henry VII menetapkan hari libur di Inggris untuk memperingati Santa Valentine yang penuh dengan kasih. Namun makin ke sini, hari libur kasih sayang tersebut menjelma menjadi hari perayaan untuk memadu kasih tidak hanya di Inggris, namun juga di seluruh dunia termasuk Negara-negara di Asia.

Kebanyakan masyarakat di Asia sendiri awalnya tidak pernah mengenal bentuk perayaan kasih sayang semacam ini. Justru budaya dari Negara-negara Barat lah yang mendominasi berbagai macam perayaan di tengah masyarakat Asia.

Valentine sendiri memang identik dengan menghabiskan waktu bersama pacar atau kekasih. Hal yang umum dan biasa dilakukan adalah saling bertukar hadiah seperti coklat atau bunga. Tapi ada juga tradisi unik merayakan Valentine yang dilakukan oleh para pasangan ini di berbagai belahan Negara Asia.



Baca juga: Astral Projection, Sebuah Fenomena Supranatural Bagi Sebagian Orang

  1. Jepang

Di Negara Jepang, ada kebiasaan dimana para wanita diharapkan memberikan coklat atau kado manis kepada pria untuk merayakan hari Valentine. Tradisi semacam ini berawal dari sebuah iklan komersial merek coklat pada tahun 1980-an yang berhasil membius orang-orang di Negeri Sakura ini sampai-sampai mereka mengubahnya menjadi suatu kebiasaan yang harus dilakukan pada saat Valentine.

Uniknya, pada tanggal 14 Maret nanti, giliran para pria lah yang harus membalas pemberian wanita yang sudah menghadiahi mereka coklat tersebut. Hari tersebut dikenal dengan sebutan White Day (Hari Putih). Hadiah itu biasanya harus identik dengan warna putih dan wajib diberikan secara prioritas. Ada kado balasan yang diberikan sebagai ucapan terima kasih dan ada kado balasan yang diberikan kepada gadis yang disukai dan membuat pria itu jatuh hati.

  1. Filipina

Entah ini merupakan bentuk tradisi unik merayakan Valentine atau tidak. Namun tiap menjelang hari raya Valentine, pemerintah di Filipina gencar mengadakan kampanye penggunaan kondom. Pemerintah setempat bahkan memberikan kondom secara gratis dalam momen-momen perayaan Valentine di Filipina ini.

Alasannya karena kasus HIV/AIDS di Negara tersebut terbilang cukup tinggi. Semenjak itu, pada tahun 2010 mulai banyak bermunculan berbagai aktivitas bagi-bagi kondom gratis menjelang perayaan Valentine. Pembagian semacam itu juga disertai penyuluhan publik tentang cara berhubungan intim yang aman. Rupanya, kampanye itu juga dilakukan demi mendukung program kesehatan reproduksi yang dicanangkan oleh pemerintah Filipina dari tahun 2005 silam.

  1. Korea Selatan

Di Negeri Ginseng ini juga ada tradisi unik merayakan Valentine buat mereka yang tidak mendapatkan kado di hari kasih sayang tersebut. Para lajang yang tidak berhasil menerima kado Valentine tiap tanggal 14 Februari disarankan untuk segera pergi ke restoran setempat dan menyantap hidangan berupa sup mi hitam. Gunanya adalah sebagai penghalang nasib buruk.

Nah, gimana dengan para lajang yang justru mendapatkan banyak kado Valentine? Mereka malah diwajibkan untuk menyantap buah Plum. Mereka diharuskan memakannya dengan tujuan agar dapat berpikir dengan jernih saat memilih lawan jenis untuk dijadikan pasangan kekasih.

  1. India

 Pastinya Anda mengenal atau pernah mendengar tentang Taj Mahal, salah satu peninggalan bersejarah yang pernah menjadi 7 keajaiban dunia. Setiap hari Valentine, peninggalan kuno ini banyak dikunjungi oleh pasangan muda mudi untuk merayakan hari kasih sayang tersebut. Alasannya adalah karena bangunan yang dibangun pada jaman kekaisaran Mughal itu memang menjadi simbol atau perlambang yang membawa makna dalam tentang kasih sayang.

Tradisi unik merayakan Valentine ini sebetulnya baru booming ketika memasuki era media sosial. Banyak para pasangan muda di India yang berbondong-bondong memposting foto-foto kebersamaan mereka dengan sang kekasih dilatar belakangi bangunan Taj Mahal yang megah.

  1. China

Di negeri China, masyarakatnya tidak hanya merayakan hari kasih sayang pada tanggal 14 Februari saja. Mereka juga merayakan pada tanggal 7 di bulan 7 pada penanggalan Imlek. Perayaan ini  lebih dikenal dengan sebutan Festival Anak Gadis. Uniknya terdapat banyak cukup pantangan ketika merayakan hari Valentine tersebut terutama saat seseorang ingin memberikan kado.

Beberapa contoh larangan seperti tidak boleh memberikan kado berupa payung. Selain itu, juga ada pantangan tidak boleh memberikan hadiah berupa kado sepatu. Lalu pasangan muda mudi juga tidak diperbolehkan menyantap buah pir bersama. Alasannya adalah ketiga larangan di atas jika ditulis ke dalam bahasa Mandarin maka maknanya merujuk pada ‘perpisahan’.

Bagaimana dengan tradisi merayakan Valentine di Indonesia?

Di Indonesia sendiri juga banyak para pasangan kekasih yang merayakan hari Valentine dengan cara bertukar kado. Ada yang memberikan coklat, bunga, boneka, dan sebagainya. Tidak hanya itu, masyarakat kita juga tak hanya memberikan kado sebagai simbol kasih sayang kepada pacar, namun juga orang-orang terkasih lainnya seperti keluarga ataupun sahabat dekat.

Biasanya nih, kalau hari Valentine sudah datang menjelang akan ada banyak toko-toko yang mulai gencar mempromosikan kado dan pernak-pernik Valentine. Tidak hanya coklat tapi benda-benda yang bisa dihadiahkan kepada kekasih seperti perhiasan dan kartu ucapan. Budaya semacam ini sudah jadi populer dan konsumtif. Ada juga banyak acara-acara bersama yang diadakan oleh mall, kafe-kafe, dan restoran yang berkaitan dengan hari Valentine.

Tidak hanya itu, para pasangan muda juga biasanya mengajak kekasihnya untuk kencan bersama alias nge-date. Tentu acara semacam ini tidak hanya bisa dilakukan dengan pacar/ pasangan, hari spesial kasih sayang juga bisa dihabiskan bersama dengan orang terkasih lainnya seperti orang tua, adik, kakak, maupun teman-teman.

Yang menarik, adalah di momen-momen seperti ini juga ada orang yang berinisiatif mengadakan berbagai macam acara amal, misalnya acara donor darah. Pastinya acara amal tersebut bertujuan agar kita juga bisa membagikan kasih sayang kepada mereka yang sedang membutuhkan bantuan.

Hari Valentine memang sering dirayakan di seluruh Negara bagian. Tidak hanya Indonesia apalagi Asia, namun juga seluruh dunia. Diharapkan dengan adanya perayaan semacam ini dapat semakin mempererat hubungan dan kebersamaan. Memang perayaan ini identik dengan budaya Barat, namun jangan sampai para remaja atau generasi muda salah mengartikan makna kebersamaan serta kasih sayang di hari Valentine ini.

Karena sebentar lagi tanggal 14 Februari, pastinya kalian juga sudah memikirkan tradisi unik merayakan Valentine yang sering dilakukan bersama orang-orang kekasih, kan!

Komentar Anda
error:
%d blogger menyukai ini: