Tips Travelling Cegah Flu Australia Biar Nggak Sakit Saat Liburan!

Karena flu Australia sedang mewabah di Negeri Kanguru itu dan Negara Eropa lainnya seperti Inggris, makanya kamu harus hati-hati saat liburan ke sana. Kamu bisa coba tips travelling cegah flu Australia ini biar nggak sakit selama liburan.

Flu Australia adalah penyakit yang disebabkan oleh  virus H3N2 yang sekarang ini sedang mewabah di berbagai Negara Eropa serta Australia. Khususnya Negara-negara di Britania Raya seperti Inggris, Irlandia Utara, hingga Skotlandia. Virus ini awalnya merebak di Australia tapi jadi menyebar di waktu musim dingin seperti sekarang.

Kalau kondisi tubuhmu sedang tidak prima, maka rentan terkena penyakit ini. So, buat kamu yang sedang ingin berlibur ke berbagai Negara yang kena flu Aussie lebih baik hati-hati. Dan supaya aman dan tidak terjangkit flu ini, kamu bisa ikuti 5 tips berikut!

5 Tips travelling cegah flu Australia biar nggak sakit

  1. Jangan lupa untuk selalu cuci tangan

Hal yang kelihatannya simpel tapi penting seperti cuci tangan harus diperhatikan. Jagalah kebersihan diri sendiri agar tidak mudah terkena penyakit. Apalagi sebelum makan, jangan lupa bersihkan tangan dengan mencucinya. Pastikan cuci tangan pakai sabun agar tidak ada kuman yang menempel. Kalau di Inggris lebih baik cucilah tangan dengan air hangat, jangan air dingin supaya lebih bersih. Selain itu, cobalah bawa hand sanitizer atau pembersih tangan ke manapun kamu pergi.



  1. Memperhatikan kebersihan ketika batuk/ bersin

Ketika Anda batuk atau bersin, pastikan menutup mulut serta hidung dengan tisu higienis atau tangan bersih. Segera buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah. Cara ini akan mencegah virus menyebar. Dan ingat, jangan sembarangan membasuh mulut dan tangan dengan tisu atau sapu tangan kepunyaan orang lain. Selain itu, jika kamu merasakan ingin batuk atau bersin lebih baik tinggalkan tempat tersebut lebih dulu.

  1. Menghangatkan tubuh

Saat udara sedang dingin biasanya daya tahan tubuh gampang menurun. Untuk mencegah agar tidak gampang terkena penyakit, maka cobalah menghangatkan tubuh. Kamu bisa memakai pakaian berlapis atau menggunakan jaket atau sweater yang tebal agar tubuh tetap hangat. Traveler juga bisa memakai kaus kaki, syal, atau sarung. Ini akan membuat tubuh lebih hangat sehingga daya tahan tubuh dapat terjaga dengan lebih baik.

  1. Pemberian vaksin

Tips travelling cegah flu Australia selanjutnya ialah pemberian vaksin yang merupakan sebuah langkah penting sebelum kamu bepergian. Sebelum pergi berlibur, ada baiknya kamu pergi ke pusat kesehatan atau rumah sakit untuk mendapatkan vaksin. Dengan vaksin maka daya tahan tubuh kamu akan jauh lebih kuat. Bahkan terkadang, para traveler diwajibkan untuk mendapatkan vaksin sebelum bepergian ke Negara tertentu. Cobalah juga untuk selalu meminum vitamin agar sistem imun terjaga.

Baca juga: Tempat Terbaik Untuk Rayakan Tahun Baru di Indonesia

  1. Usahakan tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat menjamin kondisi tubuh tetap prima. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu selalu mendapatkan tidur yang cukup paling tidak 6 sampai 8 jam tiap hari. Tidur kamu juga harus berkualitas dan nyenyak sehingga saat bangun tubuh jadi lebih segar. Agar kualitas tidur terjaga, kamu bisa memastikan mendapatkan tempat penginapan atau hotel yang tenang. Hotel harus mempunyai tempat yang kondusif serta bersih untuk tidur.

Itulah tadi tips travelling cegah flu Australia yang bisa diikuti saat kamu pergi liburan ke luar negeri.

5 hal yang perlu kamu tahu tentang flu Australia

Saat ini sedang viral khususnya di kalangan traveler tentang flu Australia yang menjangkit beberapa Negara. Flu ini bukan flu biasa karena sampai memakan korban jiwa. Dari berbagai sumber yang telah dihimpun, berikut ini 5 hal yang perlu kamu tahu tentang flu Australia.

  1. Kenapa diberi nama flu “Australia”

Selain penting memahami tentang tips travelling cegah flu Australia, kamu juga perlu tahu tentang asal mula flu ini. Penyakit influenza ini awalnya merebak hanya di Negara Australia. Flu Australia adalah jenis flu tipe A yang diakibatkan virus H3N2 yang lumayan agresif. Flu ini mulai merebak di waktu musim dingin 2017 di Aussie, saat itu Negara Eropa sendiri sedang musim panas. Namun, begitu Eropa memasuki musim dingin, flu ini mulai menyebar ke Negara Inggris. Dugaannya berasal dari warga Inggris yang pulang berlibur dari Australia. Inggris sendiri punya penerbangan langsung ke Melbourne, Sydney, Brisbane, serta Hobart.

  1. Negara mana saja yang terkena wabah flu Australia

Saat ini justru flu Australia sedang heboh di Negara Inggris yang tengah memasuki masa musim dingin dan mahal bukan Negara Aussie. Banya media di Inggris memberitakan sudah ada sekitar 1.600 kasus yang memberikan mereka yang terjangkit penyakit ini, bahkan 48 pasien diantaranya sampai meninggal dunia. Selain Inggris, Negara lain yang terkena wabah sakit ini adalah Irlandia Utara dan Skotlandia. Pemerintah di sana sampai menyatakan ini merupakan wabah flu terburuk dalam 50 tahun terakhir.

  1. Umur dan gejala penyakit flu Australia

Seperti yang dikutip dari National Health Service (NHS) Inggris, gejala sakit flu Australia adalah mengalami demam dengan panas tubuh mencapai paling tidak 38 derajat, bersin, hidung meler, batuk, diare, sakit perut, mual, dan muntah. Umur penyakit flu ini sekitar 1 hingga 2 minggu. Flu ini tidak main-main karena target paling rentan adalah anak-anak serta manula. Yang terparah dapat menyebabkan orang yang sakit sampai meninggal.

  1. Pencegahan sakit flu Australia

Obat Ibuprofen dan Paracetamol dapat membantu para traveler yang sedang pergi berlibur. Jadi pastikan kamu membawanya. Jangan lupa coba hangatkan tubuh selama perjalanan dengan mengenakan jaket atau sweater. Selain itu, ikuti semua tips travelling cegah flu Australia yang sudah dibahas di atas khususnya untuk pemberian vaksin. Vaksin merupakan cara pencegahan paling jitu agar tidak mudah terserang penyakit flu ini. Meski beberapa media di Inggris memberitakan tentang kelangkaan vaksin ini sebab banyak orang yang minta. Tetap usahakan untuk mendapatkan vaksin pencegahan flu Australia saat dirasa perlu.

  1. Travel Warning

Sejauh ini belum ada travel warning terkait wabah flu Australia ini untuk mereka yang ingin pergi ke Inggris. Tapi, banyak Negara yang meminta supaya warganya sendiri hati-hati soal hal ini. Contohnya seperti kementrian kesehatan Prancis yang meminta agar warganya serta para wisatawan untuk hati-hati dengan flu selama musim dingin apalagi setelah 1.250 orang dirawat karena flu.

Di Indonesia sendiri, pihak Kemenkes waspada akan pintu masuk Negara seperti di bandara dan pelabuhan. Kemenkes juga selalu mengingatkan akan pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri dan perilaku hidup sehat. Lalu disarankan untuk warga Indonesia melakukan imunisasi sebelum pergi ke Negara yang sedang terjangkit flu musiman.

Inilah hal-hal yang perlu diperhatikan soal tips travelling cegah flu Australia dan pemahaman lebih dalam tentang flu tersebut.

Komentar Anda
error:
%d blogger menyukai ini: