Tips Membuat Foto iPhone Makin Kece

Idrtimes.com – Banyak orang memanfaatkan smartphone-nya untuk mengambil foto. Karena itulah kamu mungkin ingin mencoba beberapa tips ini untuk membuat foto iPhone makin kece. Meskipun iPhone memang sudah memiliki kamera dengan megapixel yang cukup tinggi sehingga hasil jepretannya tampak jelas. Namun tetap saja, hasil jepretan tersebut tidak akan terlihat menarik tanpa disertai kemampuan fotografi yang baik. Kemampuan ini diperlukan agar setiap aspek dari foto jadi sempurna. Terlebih untuk memastikan komposisi, fokus, exposure, serta proses edit foto dilakukan dengan semestinya. Namun tidak perlu khawatir karena disini kamu bisa mempelajari beberapa tips yang dijamin membuat hasil jepretan iPhone kamu jadi makin kece.

Membuat Foto iPhone Makin Kece dengan Membersihkan Perangkat

IPhone yang merupakan perangkat telepon, tentunya selalu kamu bawa kemanapun. Tak jarang kamu pun juga menaruh perangkat ini di semua tempat. Hal ini secara tidak langsung akan membuat bagian lensa dari iPhone kamu menjadi kotor karena debu. Tak jarang minyak dari tangan serta sidik jari pun, menempel di lensa yang justru akan membuat lensa semakin mudah terkena kotoran. Semua kotoran yang menempel di lensa tersebut akan sangat mempengaruhi hasil jepretan kamu.

Kotoran tersebut akan menghalangi cahaya untuk masuk menembus lensa dan mencapai sensor di bagian kamera. Jika dipaksakan, maka kamu akan menemukan bekas noda tersebut pada foto yang dihasilkan yang akan membuatnya terlihat kotor. Karena itulah jika kamu ingin mendapatkan hasil jernih dan tajam maka biasakan untuk selalu membersihkan lensa iPhone sebelum menggunakannya untuk mengambil foto. Namun jangan lupa untuk melakukannya dengan menggunakan kain fiber yang sangat lembut sehingga tidak menggores lensa.

Pastikan Kamera Fokus

Fokus yang tidak benar akan membuat foto yang dihasilkan menjadi berbayang. Karena itulah jika kamu ingin membuat foto iPhone makin kece maka pastikan fokus sudah benar sebelum menjepretnya. Untuk melakukannya cukup mentap layar sampai kotak kuning yang merupakan titik fokus kamera muncul di layar. Untuk memastikan kamera tetap fokus maka pastikan iPhone tidak bergoyang. Jika ternyata obyek yang ingin difoto berpindah tempat sebelum sempat dijepret, maka pindahkan kamera kemudian tap layar sekali lagi. Jika memang kamu ingin mendapatkan efek blur terutama di bagian background maka tinggal menggunakan berbagai aplikasi yang ada di app store.



Pengaturan Exposure

Saat kamu men-tap layar sehingga kamera dapat fokus. Maka sebenarnya kamera juga secara otomatis akan menggunakan titik fokus yang digunakan tersebut untuk pengaturan exposure. Exposure sendiri merupakan istilah fotografi dalam mengatur seberapa banyak cahaya akan jatuh ke medium. Medium yang biasanya adalah film maupun sensor gambar yang ada saat menjepret foto. Secara awam bisa dikatakan bahwa melalui exposure ini maka kamu dapat mengatur apakah foto yang dihasilkan akan gelap ataupun terang.

Namun menggunakan fitur exposure secara otomatis belum tentu memberikan hasil yang maksimal. Karena itulah kamu bisa mencoba menggunakan cara manual melalui tool exposure yang disediakan. Tool ini bisa kamu lihat di bagian ikon matahari yang akan muncul di sebelah kotak fokus. Untuk mengaturnya secara manual kamu bisa mencoba menggeser-geser ikon tersebut ke arah bawah ataupun atas sampai hasilnya sesuai keinginan.

Baca juga: Tips Fotografer Underwater – Teknik Fotografi Bawah Laut

Hindari Zoom In

Meskipun iPhone menyediakan fitur zoom in sehingga kamu dapat melihat subjek yang difoto lebih dekat dan besar. Namun sebenarnya zoom in yang disediakan hanyalah digital zoom bukannya optical zoom. Jika Anda memperbesar gambar menggunakan digital zoom maka kualitasnya akan menurun.

Karena itulah untuk menjaga kualitas foto yang dihasilkan dan membuat foto iPhone makin kece, maka lebih baik dekati saja objeknya. Dengan demikian hasil foto yang dihasilkan tetap terlihat maksimal. Jika memang objek tersebut tidak bisa didekati, maka kamu bisa melakukan pengeditan agar membuat objek terlihat besar. kamu bisa mencoba untuk men-crop hasil foto agar fokus gambar terletak pada objek.

Pengaturan Komposisi

Selanjutnya kamu perlu mengatur komposisi gambar. Ada 2 buah komposisi yang harus diatur yaitu rule-of-third serta leading line. Komposisi yang pertama tersebut merupakan prinsip yang dapat menjaga keseimbangan elemen di dalam foto agar hasilnya lebih baik. Aturan komposisi yang pertama ini sangat dikenal oleh banyak orang dan perlu untuk diterapkan untuk fotografi menggunakan kamera iPhone.

Pada aturan komposisi ini gambar yang dihasilkan jika dibagi jadi tiga bagian maka hasilnya harus sama besar. Baik itu dari horizontalnya maupun vertikalnya. Saat membagi ketiga bagian tersebut maka kamu akan mendapatkan 4 buah titik. Maka yang harus dilakukan adalah memasukkan objek yang menjadi foto tersebut pada 4 buah titik tersebut.

Namun memang tidak semua titik tersebut harus diisi jika ingin membuat foto iPhone makin kece. Dan terkadang fotografer yang professional juga tidak selalu menggunakan pengaturan ini jika dirasa hasilnya lebih baik. Untuk memudahkan pengaturan komposisi ini, maka kamu bisa memanfaatkan fitur grid pada iPhone. Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan membuka bagian setting untuk foto dan kamera, kemudian nyalakan fitur grid.

Sedangkan untuk pengaturan yang kedua yaitu leading line maka kamu harus memanfaatkan garis yang ada di sekitaran objek yang difoto. Garis tersebut dibuat sehingga akan mengarahkan mata kamu langsung ke objek utama yang difoto tersebut. Dengan demikian objek utama tidak harus selalu berada di bagian tengah namun bisa berada di bagian ujung garis.

Berbagai garis yang ada di lingkungan bisa digunakan seperti rel kereta, jembatan, pagar, garis pantai dan sebagainya. Untuk menggunakan pengaturan ini maka kamu harus melakukan bermacam eksperimen agar hasilnya menjadi baik. Jadi jangan takut untuk mencoba menggunakan berbagai hal yang ada di lingkungan agar membuat foto iPhone makin kece.

Jangan takut Mengeksplor

Tips yang terakhir adalah kamu tidak perlu takut untuk mengeksplor berbagai kemungkinan yang dapat membuat gambar menjadi lebih baik. Terkadang kamu harus melakukan berbagai pengorbanan agar gambar menjadi lebih menarik. Contohnya adalah ketika kamu menjepret gambar namun latar belakangnya terlihat berantakan. Hal ini membuat hasil jepretan menjadi tidak menarik terutama jika berbagai warna yang ada di latar sangat mengganggu. Untuk mengatasi hal ini, maka kamu bisa mengubah fotonya menjadi berwarna hitam dan putih saja sehingga harus mengorbankan warna yang ada di gambar.

Jangan lupa untuk mencoba mengambil gambar dengan berbagai jarak serta angle yang berbeda. Jepretlah gambar sebanyak mungkin sehingga kamu memiliki banyak pilihan. Namun jika ingin mengedit, jangan menggunakan terlalu banyak aplikasi yang akan membuatnya aneh.

Demikianlah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat foto iPhone makin kece. Jadi jangan takut untuk mencoba berbagai tips untuk mendapatkan gambar terbaik. Dan setelah mendapatkan hasil gambar yang diinginkan kamu bisa langsung menguploadnya ke media sosial agar makin eksis.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: