Tips Fotografi Underwater – Teknik Fotografi Bawah Laut

Tips Fotografi Underwater – Demam photography sekarang ini tergolong tinggi di kalangan anak muda. Bahkan bukan cuma sekedar foto tidak jelas semata, tapi mereka juga sampai mencoba bermacam-macam teknik fotografi lainnya. Salah satu dari beragam teknik fotografi yang mereka jajal adalah tentang fotografi underwater.

Photography underwater ini semakin booming dikalangan anak muda semenjak hadirnya berbagai fitur gadget yang tahan air. Bagi mereka yang doyan berpergian ke pantai ataupun hobi berenang, tentu saja gawai tahan air ini menjadi barang buruan mereka. Bermacam aksesoris anti air untuk kamera maupun hape laris manis di pasaran.

Coba lihat beberapa hasil jepretan berdasarkan tips fotografi underwater dalam video dibawah ini:

Tempat-tempat wisata atau destinasi travel yang berupa kawasan perairan seperti pantai pun menjadi kian ramai oleh orang-orang yang ingin berlibur sekaligus mengabadikan momen mereka didalam air. Namun, biasanya para traveller pun melakukan seleksi terhadap pantai yang akan dikunjungi.



Oleh sebab itu munculah beberapa aspek yang juga penting untuk diperhatikan agar mampu menghasilkan foto bawah laut yang menawan. Beberapa poin itu misalnya seperti :

  • Lokasi pantai tersebut masih asri, belum banyak tercemar dan airnya masih jernih. (ini sih wajib ya, kalau airnya butek foto juga nanti ga kelihatan, jadinya burem)
  • Banyak ikan-ikan hias yang bisa dijadikan objek untuk menambah suasana bawah laut. (Tapi jangan sampai ke area yang rawan ikan hiu ya, nanti malah kena caplok lagi, hehehe…..)
  • Terdapat pelbagai terumbu karang yang beraneka warna. Ini bagus untuk jadi background pemandangan selain ikan yang cantik.
  • Teknik menyelam atau diving. Ini juga wajib bisa sedikit-sedikit ya travelers. Soalnya kalau tidak bisa menyelam, tentu kamu akan kesulitan untuk mengambil foto underwater.
  • Peralatan yang memadai. Ini termasuk perangkat fotografi yang akan kamu gunakan. Banyak macam dan banyak merk untuk alat-alat fotografi dalam air ini. Kita tidak bahas tentang alat-alat foto dalam air dulu ya kali ini.

Nah untuk memproduksi gambar yang bagus di dalam air, fotografer dituntut untuk melakukan berbagai persiapan serta mengetahui tips fotografi underwater terlebih dahulu. Karna gak cuma asal jepret, memfoto didalam air memerlukan beberapa teknik khususnya kejelian dalam melihat pencahayaan.

Cahaya yang dipantulkan ke dalam air punya tingkatan yang berbeda saat berada diatas permukaan air. Oleh sebab itu, teknik fotografi underwater perlu persiapan yang matang.

Baca juga: Teknik Foto Buat Pemula

Teknik Fotografi Bawah Laut

Lebih dalamnya, coba simak tips fotografi underwater berikut ini:

  • Belajar menyelam.

Teknik diving merupakan persiapan dasar dari tips fotografi underwater yang mesti kamu pelajari. Dikarenakan, untuk menghasilkan gambar di dalam air tidak bisa hanya dengan satu dua kali cekrek saja. Tetapi membutuhkan waktu yang agak lama. Selain itu, jika kamu tidak stabil ketika mengambil gambar, dipastikan hasilnya akan blur atau buram. Makanya, sebelum memutuskan untuk mengambil gambar dalam laut, belajar menyelam dulu pertama-tama. (sekalian antisipasi kalau dikejar hiu ya Gan, hehehe…)

  • Pakai kamera yang dikuasai.

Sebetulnya untuk penggunaan kamera, kamu bisa memakai kamera apapun. Mau kamera DSLR, action camera ataupun jenis kamera lainnya. Karena pada dasarnya semua jenis kamera bisa digunakan buat photo underwater. Akan tetapi, yang perlu ingat baikk-baik dari tips fotografi underwater ini ialah, kamu musti mengetahui kalau setiap kamera itu memiliki ketahanan yang beda-beda. Bahkan ada beberapa tipe kamera yang amat sensitif dengan air, sehingga memerlukan aksesoris yang biasa disebut “waterproof case”. Untuk pemula, lebih gampang dan aman kalau kamu membeli dan menggunakan action kamera yang sudah sepaket sama waterproof casenya seperti GoPro.

  • Pakai Case Waterproof atau Housing.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bilamana kamu menggunakan kamera DSLR, handphone atau jenis kamera lainnya maka kamu perlu membeli dulu case waterproof dan memasangnya. Tentu saja ini supaya air tidak masuk ke dalam kamera, sehingga kamera tidak rusak nanti pas dibawa nyelem. Dengan begitu, kamera akan terlindungi serta bisa menghasilkan gambar seperti yang kamu idamkan. Pasangkan perangkat anti air itu ke gawai yang akan digunakan. Pastikan sudah rekat. Lalu test ambil foto dulu sebelum masuk ke air. Periksa apakah ada buram atau sudah jernih. Karena kalau diatas air saja hasilnya buram, apalagi nanti didalam air kan. Kalau sebelum masuk menyelam hasil fotonya agak blur, coba cek lensa atau casingnya, apakah ada kotor atau tidak. Biasanya ini juga menjadi faktor hasil foto underwater yang tidak maksimal.

  • Gunakan Teknik Burst atau Continous Shoot.

Sebelum kamu mengambil gambar bawah laut, ada baiknya juga kamu latihan dulu ditempat yang tidak terlalu dalam seperti kolam renang dan sebagainya. Sekalian kamu bisa belajar atur napas dulu sebelum diving nanti, kalau ga berencana pakai pakaian menyelam. Waktu belajar, kamu bisa menggunakan mode burst atau continous shoot. Dengan metode ini kamu bisa mengambil photo dengan jumlah yang banyak dalam sekali jepretan. Setelahnya kamu bisa menyeleksi mana foto yang bagus, mana yang jelek, saat sudah naik ke permukaan. Dan ini juga penting nih teman-teman. Siapkan memori penimpanan yang besar, supaya bisa menampung semua jepretan dibawah laut nanti.

  • Amati suasana serta latar belakang.

Tips yang ini memerlukan kejelian dari masing-masing individu. Sebelum melakukan jepretan. Cermati dulu suasana bawah laut yang sedang kamu selami. Perhatikan kedalaman dan cahaya yang berhasil menembus kedalaman air dimana kamu menyelam itu. Jika memungkinkan, berenanglah ke bagian-bagian laut yang ada terumbu karang serta hewan laut disekitarnya. Karna ini akan memberikan efek nuansa yang alami, dimana kamu bisa mengambil foto dengan background terumbu karang dan hewan laut mengelilingi mu. Dan lebih bagusnya sih, kalau sebelumnya kamu sudah cari tau terlebih dahulu tentang destinasi wisata yang akan kamu kunjungi sebelum pergi. Jadi kamu bisa pilah pilih lokasi maupun penginapan untuk kamu bermalam yang dekat dengan lokasi foto yang bagus. Kalau belum punya referensi, coba cek di booking.com misalnya.

  • Perhatikan waktu dan cuaca.

Karena ini adalah foto dialam terbuka, bukan indoor atau dalam ruangan. Kamu perlu memerhatikan waktu serta kondisi cuaca saat sedang melakukan aktivitas underwater photography tersebut. Idealnya untuk waktu adalah dari mulai jam 10 pagi hingga pukul 4 sore waktu setempat. Karena biasanya sinar matahari bisa menembus masuk dengan bagus di jam-jam tersebut. Dan kembali lagi ini juga bergantung pada cuaca. Jika sudah pada kisaran jam itu tapi ternyata cuaca mendung, hujan, apalagi badai, lebih baik urungkan dulu niat kamu dan tunggu cuaca cerah kembali. Jangan nekat ya, apalagi kalau badai, bukannya memfoto nanti malah kamu yang di foto masuk koran, hohoho…

Tips Fotografi Underwater – Teknik Fotografi Bawah Laut

Selain beberapa poin diatas yang perlu kamu perhatikan juga adalah, faktor keselamatan. Ingat ya sobat, keselamatan kamu adalah yang utama diatas hasil foto kamu. Selalu berhati-hati dikala melakukan penyelaman untuk mengambil foto dunia laut. Waspada akan situasi dan kondisi yang bisa saja berubah tiba-tiba secara drastis dikarenakan oleh faktor alam yang tidak bisa diatur oleh sesiapapun juga. Baiklah, mungkin sampai disini saja dulu mengenai tips fotografi underwater dari redaksi IDRTimes kali ini. Semoga bisa memberikan informasi yang berguna, serta bisa mengisi waktu santai kamu dengan bacaan yang asik.

Terima Kasih
IDRTimes

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: