10 Tips Fotografi Untuk Pemula Yang Perlu Kamu Tahu

Fotografi bisa dijadikan sebuah hobi yang menyenangkan dan bermanfaat. Memang bagi kamu yang baru belajar fotografi, mungkin hasil foto belum bisa seperti profesional. Diperlukan pengalaman, belajar terus menerus, serta memahami prinsi-prinsi fotografi. Bagi kamu yang tertarik belajar dan mengerti tentang dunia fotografi, maka berikut kami sampaikan 10 tips fotografi untuk pemula yang penting untuk kamu tahu.

Tips fotografi untuk pemula yang pertama, jangan terburu-buru beli peralatan mahal

Buat para pemula yang belum memiliki banyak pengalaman, saran kami adalah jangan terburu-buru membeli peralatan fotografi yang mahal. Malah sebaiknya beli peralatan yang paling murah. Tips fotografi untuk pemula ini sangat baik untuk diperhatikan sebab biasanya para pemula berpikir kalau peralatan sudah mahal pasti jadinya bagus dan seperti profesional. Padahal selain peralatan, skill juga dibutuhkan.

Intinya peralatan memang penting, tapi itu bukanlah hal yang terutama. Pelajari terlebih dahulu teknik-teknik dasar fotografi dengan memakai peralatan yang tidak terlalu mahal terlebih dahulu. Kamu bisa juga menyaksikan dan mempelajari foto-foto yang diambil dengan kamera sederhana serta murah. Yang terpenting adalah bagaimana visimu memandang suatu objek, bukan hanya sekedar bergantung pada peralatan mahal.

Baca juga: Foto Pre-Wedding Murah, mau? Simak Tip dan Trik Ini!



Selalu bawalah kamera ke mana saja

Setelah kamu menemukan kamera yang pas, maka jangan lupa bawalah kamera tersebut ke mana saja. Bisa jadi kamu menemukan objek atau momen-momen tidak terbuka untuk diabadikan memakai kamera. Misalnya, jika tiba-tiba ada parade atau ada demonstrasi di jalan, kamu tidak akan ketinggalan momen-momen tersebut. Kamu cukup mengambil kamera yang ada di tasmu sehingga mau tidak mau kamu juga jadi memaksakan diri untuk banyak belajar.

Buatlah daftar objek yang ingin diambil saat hendak bepergian

Mau tidak mau, kamu harus belajar dan karenanya coba buatlah daftar mengenai konsep dan objek apa saja yang ingin diabadikan. Bahkan di saat kamu tidak sedang berencana pergi ke manapun, kamu bisa pergi hanya untuk mengambil objek tersebut. Ini adalah tips fotografi untuk pemula yang penting dalam proses belajar. Dengan membuat daftar, maka proses belajar jadi lebih terpantau dan tertata rapi. Ditambah lagi jadi lebih terencana dan sistematis.

Jika ada daftar yang sudah dipenuhi maka jangan lupa untuk ditandai. Kalau mau ingin mengambail kembali objek yang sama, maka kamu bisa menuliskannya kembali ke dalam daftar. Intinya jangan bosan-bosan untuk belajar serta membuat daftar yang rapi.

Baca, cari, dan pelajari referensi belajar fotografi sebanyak mungkin

Saat ini sangatlah mudah mendapatkan referensi belajar fotografi bagi pemula sebanyak mungkin. Kamu bisa membeli dan membaca buku atau mencarinya lewat internet. Di berbagai macam website, kamu bisa menemukan banyak tutorial dan tips fotografi untuk pemula.

Bahkan kalau perlu, lebih baik belajar langsung dari fotografer profesional. Jangan malu untuk bertanya untuk mendapatkan pengalaman baru. Kalau tidak punya kenalan, kamu bisa menonton video Youtube, di sana ada banyak fotografer-fotografer profesional yang membagikan pengetahuan mereka secara gratis. Cukup subscribe ke berbagai macam channel untuk mendapatkan dan menonton video-video terbaru tentang fotografi.

Pelajari istilah-istilah yang ada dalam dunia fotografi

Meski mungkin kamu belum atau bahkan tidak berniat untuk terjun ke dalam dunia profesional. Tapi tetap tidak ada salahnya mempelajari tentang istilah-istilah yang ada dalam dunia fotografi. Ini bisa membantumu dalam mengambil gambar yang lebih bagus.

Pahami istilah-istilah seperti exposure, shutter speed, ISO, white balance, aperture, dan masih banyak istilah penting lainnya. Kamu juga harus tahu efek seperti apa yang mereka buat saat dijalankan. Saat ini semakin mudah mempelajari istilah yang ada dalam dunia fotografi sebab banyak website di internet yang mengajarkannya. Apalagi mereka memakai istilah-istilah yang mudah dipahami dengan bahasa sederhana.

Cobalah untuk membuat sebuah foto yang menarik dari situasi yang membosankan

Seorang fotografer yang profesional dapat mengabadikan sebuah foto yang menarik bahkan dari sebuah situasi yang kelihatannya membosankan dan biasa-biasa saja. Kamu pun bisa belajar untuk mencobanya! Misalnya mengabadikan para pejalan kaki di jalan atau orang-orang yang sedang menunggu di halte bus atau para pedagang kaki lima.

Tips fotografi untuk pemula tersebut dapat mengasah kreativitas serta imajinasimu. Latihlah kreativitasmu dengan cara tersebut, hal ini akan menjadi bekal yang berguna ketika kelak kamu ingin terjun ke dunia profesional.

Lakukan eksprerimen dengan kamera yang kamu miliki

Kalau selama ini kamu selalu megambil gambar dengan kamera dalam auto mode yang sudah disetting oleh kamera, maka tidak ada salahnya coba bereksperimen sedikit dengan kameramu. Kamu bisa coba mengotak atik mode yang ada, misalnya jika memakai mode flash dan tanpa flash. Dari sana perhatikan perbedaan hasilnya.

Kalau kamu membeli kamera DSLR, maka tidak ada salahnya untuk mulai mencoba creative mode. Dengan metode semacam itu, kamu bisa mengatur sendiri berbagai macam fitur seperti exposure, ISO, shutter speed, dan aperture. Selain itu, kamu bisa juga mencoba bereksperimen dengan ‘white balance’. Kalau sudah mempelajari dan memahami berbagai cara kerja tersebut, silahkan lakukan eksperimen yang jauh lebih ekstrem.

Tidak perlu malu meminta pendapat orang lain

Hal terpenting dalam tips fotografi untuk pemula adalah kamu tidak perlu malu untuk meminta pendapat orang lain mengenai hasil bidikanmu. Kamu bisa publikasikan foto-foto yang sudah diambil dan tanyalah pendapat teman atau para profesional. Coba mintalah saran dan kritik, kemudian kamu bisa memperhatikan mana saja foto yang dianggap bagus.

Tidak perlu kecewa apalagi marah saat mendapatkan kritik, bersikaplah terbuka karena justru itu bisa jadi bahan pembelajaran yang baik. Jadikan itu sebagai dorongan untuk membuat hasil jepretan yang lebih bagus lagi. Kamu juga bisa meminta pendapat dari forum atau komunitas online fotografi untuk menanyakan pendapat kepada para member di sana. Kamu bisa bertukar ide, pikiran, dan pendapat di sana.

Jangan menggunakan zoom

Kalau kamu memakai kamera DSLR maka kamu dapat memilih untuk memakai prime lens, misalnya lensa kamera 50 mm. Tapi lebih baik jangan menggunakan lensa yang punya fitur zoom. Kamu memang harus bergerak mundur atau maju untuk membidik gambar yang jelas dan bagus. Namun, hal tersebut juga akan melatih kepekaanmu dalam mengambil komposisi suatu objek yang ingin dibidik tanpa bergantung dengan fitur zoom di kamera sama sekali.

Tidak perlu mengandalkan software image atau picture editing

Tips fotografi untuk pemula yang terakhir adalah tidak perlu mengandalkan software image atau picture editing jika masih dalam tahap pemula. Memang kemampuan untuk editing gambar sangat mutlak diperlukan khususnya dalam dunia fotografi profesiona. Tapi jangan terlalu mengandalkan software semacam itu seperti adobe photoshop, dsb demi mempercantik foto-foto yang kamu ambil.

Jangan sering berpikir bahwa tidak apa-apa mengambil foto yang kurang bagus atau kurang memuaskan sebab kamu bisa mengeditnya nanti menjadi lebih bagus dengan software tertentu. Pikiran seperti, ‘Ah, nanti saya bisa mengeditnya jadi lebih bagus” bisa memperlemah kemampuanmu dalam membidik foto yang betul-betul bagus. Selain itu, bisa melemahkan kepekaan serta intuisimu. Itulah tips fotografi untuk pemula yang perlu kamu perhatikan.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: