Tips Aman Melakukan Traveling Sendirian Menjelajahi Objek Wisata

Tips Aman Melakukan Traveling Sendirian Menjelajahi Objek Wisata
pantai parangtritis indonesia

Tips Aman Melakukan Traveling Sendirian Menjelajahi Objek Wisata Impian

Tips aman melakukan Traveling sendirian sangat dibutuhkan mereka yang ingin menghadapi tantangan bepergian tanpa ditemani orang lain. Apalagi, bagi traveler yang ingin mengunjungi destinasi wisata tertentu, tapi tidak menemukan teman perjalanan yang cocok. Bepergian sendiri berbeda dengan Traveling bersama-sama. Keuntungannya, Anda bebas menentukan agenda perjalanan tanpa dibatasi oleh rencana orang lain serta dapat menemukan hal menarik yang mungkin tidak dapat ditemukan apabila Traveling bersama teman-teman.

Tapi, kekurangannya petualangan yang Anda lakukan bisa beresiko, mengingat saat ini tindak kriminalitas telah berkembang di berbagai tempat.

Tips Aman Melakukan Traveling Sendirian

Saat ini, solo Traveling merupakan pilihan bepergian yang diminati banyak orang. Tapi, apabila dilakukan tanpa persiapan bisa menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan yang mengakibatkan perjalanan wisata jadi tidak menyenangkan.



Agar hal itu tidak terjadi, Anda perlu menerapkan tips aman melakukan Traveling sendirian berikut:

Membuat Agenda Perjalanan

Karena bepergian sendiri, seorang wisatawan diharuskan membuat agenda perjalanan yang lebih detail agar terhindar dari perasaan sepi dan cepat bosan. Selain itu, membuat agenda perjalanan juga bertujuan untuk membantu Anda menghitung budget yang dikeluarkan, perlengkapan yang harus dibawa, biaya transportasi, penginapan terdekat dan sebagainya. Dengan adanya agenda perjalanan, Anda bisa dengan mudah memberitahu keluarga atau teman dekat mengenai keberadaan dan aktifitas yang dilakukan, serta apabila terjadi sesuatu yang darurat dan di luar perkiraan.

Cari Informasi Akomodasi dan Transportasi

Tidak semua destinasi wisata menyediakan akomodasi dan transportasi yang sesuai dengan standar Anda, terutama di daerah-daerah terpencil. Kendaraan umum belum tentu beroperasi hingga 24 jam dan terkadang Anda pun diharuskan untuk berjalan kaki ke lokasi wisata. Begitu juga dengan penginapan, tak sedikit yang masih belum dikelola dengan baik. Sangat membantu apabila Anda memiliki teman atau saudara yang tinggal di sekitar lokasi dan memperbolehkan untuk menginap barang sehari dua hari.

Hindari Membawa Barang Terlalu Banyak

Tips aman melakukan Traveling sendirian yang paling penting adalah tidak membawa barang terlalu banyak. Sebab, ketika Anda bepergian sendiri tidak akan ada orang yang membantu mengangkatkan barang. Pilih barang-barang yang memang dibutuhkan untuk dibawa Traveling, tanpa meninggalkan kartu identitas, uang, obat pribadi dan sebagainya.





Simpan Nomor Darurat

Sebelum berangkat, Anda harus menyimpan beberapa nomor penting, seperti polisi, nomor penginapan, petugas perijinan dan KBRI terdekat bila Traveling ke luar negeri. Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk menerapkan tips aman melakukan Traveling sendirian dengan menyimpan berbagai aplikasi pendukung, seperti Google Maps, aplikasi booking tiket dan sebagainya.

Jangan Memberitahu Siapapun Bila Anda Sendirian

Hindari memberi tahu orang lain, terutama orang asing atau yang baru saja dikenal bahwa Anda bepergian sendiri. Karena belum tentu orang tersebut dapat dipercaya dan tidak melakukan sesuatu yang macam-macam kepada Anda.

Simpan Barang-barang Penting di Tempat Tersembunyi

Barang-barang yang wajib disembunyikan agar tips aman melakukan Traveling sendirian dapat diterapkan dengan baik adalah gadget, dompet, uang, kartu identitas serta tiket. Akan lebih baik apabila Anda memiliki jaket atau pakaian dengan kantong di dalam. Tapi, jangan simpan semua barang penting disitu, lakukan secara terpisah. Misalnya, dompet diletakkan di dalam tas beserta gadget dan tiket, sementara sisa uang dan kartu identitas disimpan dalam kantong baju dalam.

Jangan Memakai Aksesories Yang Berlebihan

Menghindari pemakaian aksesories yang berlebihan, seperti perhiasan, jam tangan dan sejenisnya merupakan salah satu tips aman melakukan Traveling sendirian. Hal itu bertujuan untuk menghindari kemungkinan terjadinya tindak kriminalitas terhadap Anda.

Baca juga : Pantai Menarik Di Tulungagung

Menjadi solo traveler mungkin membuat Anda berfikir akan kesepian, bosan dan mencemaskan berbagai hal di awal. Tapi, sebenarnya itu hanyalah ketakutan-ketakutan yang belum tentu terjadi. Siapa tahu di tempat baru, Anda bisa mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan orang baru dan menemukan destinasi wisata unik dengan bebas. Hal-hal itu hanya akan terjadi apabila solo traveler mengikuti tips aman melakukan Traveling sendirian.

Itulah Tips Traveling Sendirian