Tempat wisata Jakarta Indonesia – Tourist Spot in Jakarta

Tempat wisata Jakarta Indonesia – Penduduk Jakarta biasanya akan pergi ke kawasan Puncak Bogor atau Kota Bandung bila musim liburan tiba. Tak ayal jika setiap akhir pekan atau liburan panjang, jalanan menuju kawasan wisata tersebut cenderung padat merayap.

Dampaknya, liburan yang targetnya menyenangkan malah jadi melelahkan karena harus bermacet ria di jalan.

Jadi, bilamana Anda ingin berlibur namun tak suka terjebak kemacetan, coba untuk berwisata dalam kota saja. Karena ternyata, Jakarta juga punya banyak destinasi wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan wisata di Puncak atau Bandung.

20 Tempat Wisata Jakarta Indonesia



1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah
tempat wisata jakarta

Tempat Wisata Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah
Siapa gak tau Taman Mini?. Kawasan rekreasi yang didirikan oleh mantan Ibu Negara, Ibu Tien Soeharto, ini merupakan destinasi wisata edukasi, sejarah, hiburan, sekaligus tempat wisata modern yang ciamik. Daya tarik utama dari tempat wisata TMII adalah miniatur budaya dari 33 provinsi di Indonesia.

Selain miniatur, Taman Mini juga mempunyai bermacam wahana menarik seperti Teater IMAX Keong Mas, Istana Anak Indonesia, Anjungan Daerah, kereta gantung, SnowBay, Teater 4D, perahu angsa, dan beberapa musium yang sayang kalau dilewatkan.

Taman Mini Indonesia Indah dibuka setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai 21.00 WIB dengan jam operasional yang berbeda untuk setiap wahananya. TMII bisa dicapai dengan kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum seperti bus Trans Jakarta, taksi, dan kereta.


2. SnowBay Waterpark

Snowbay Waterpark Taman Mini Indonesia Indah
tempat wisata jakarta

Masih di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Terdapat tempat wisata yang bernama SnowBay Waterpark. Setidaknya ada 5 wahana permainan air utama di tempat ini seperti Flush Bowl, Cool Running, Hurricane, SnowBay Beach, dan Typhoon River.

Permainan utama tempat wisata ini adalah pantai buatan dengan 7 jenis gelombang airnya. Walaupun berada di kawasan TMII, tetapi tiket masuk ke areal SnowBay terpisah dari tiket masuk ke TMII. Untuk bermain di SnowBay, pengunjung perlu mempersiapkan HTM sekitar 140-180 ribu rupiah. Serunya, tempat ini buka setiap hari dari jam 6 pagi sampe jam 6 sore.

Untuk ke sini Anda bisa menaiki kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Anda bisa menaiki bus Trans Jakarta koridor 9 dan turun di Halte TMII, atau KRL yang dilanjutkan dengan angkot jurusan TMII.


3. Dunia Fantasi (Dufan)

Dufan Dunia Fantasy Jakarta Indonesia
tempat wisata jakarta

Dunia Fantasi ialah salah satu pelopor theme park di Indonesia yang dibangun pada kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol sejak tahun 1985. Dengan berbagai wahana menantang adrenalin, Dunia Fantasi atau Dufan menyediakan pusat hiburan paling seru juga ekstrim untuk didatangi bersama dengan teman-teman.

Tempat wisata di Jakarta dengan maskot kera bekantan ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga Jakarta dan luar kota saat ada hari libur. Dufan buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Biaya masuk ke dufan sekitar Rp200.000 pada hari Senin-Jumat, dan Rp295.000 untuk hari sabtu minggu dan hari libur lainnya.

Ekslusifnya, Kamu bisa membeli tiket tahunan seharga 600ribu yang dapat digunakan untuk masuk Dufan selama setahun penuh.


4. Seaworld Ancol

Seaworld Ancol
tempat wisata jakarta

Masih di area wisata Taman Impian Jaya Ancol, ga jauh dari Dufan, Kamu bisa merasakan suasana seru berjalan di bawah air dan berinteraksi dengan berbagai satwa laut yang mempesona di Seaworld Jakarta. Ada ribuan hewan laut yang dipelihara di tempat wisata unik tersebut.

Selain dapat melihat berbagai macam binatang laut dari dekat tanpa perlu menyelam, pengunjung pun dapat menyaksikan berbagai atraksi seru dari para penyelam profesional. Tiket masuk ke Seaworld Ancol sekitar Rp80.000 hingga Rp200.000.

Seaworld dibuka setiap hari sejak pukul 09.00 sampai 18.00 WIB. Karena lokasinya cukup terkenal, pengunjung bisa menggunakan bermacam-macam angkutan untuk sampai ke tempat ini. Hampir semua kendaraan umum seperti bus kota, angkot, bus Trans Jakarta, maupun taksi dapat menjangkau destinasi wisata ini.

Apa tempat wisata favorit di Jakarta? Jawabannya tentu beraneka. Akan tetapi kawasan wisata Ancol pasti selalu disebut dalam daftar Tempat Wisata Jakarta Indonesia. Ancol bagai tidak pernah pudar pesonanya. Ketiika industri pariwisata di ibu kota terus berkembang di berbagai daerah, Ancol juga tidak tinggal diam dan selalu dimodifikasi hingga menarik.

Jaman now, destinasi traveling di Ancol semakin meluas serta dilengkapi berbagai wahana rekreasi yang luar biasa. Satu hari mungkin tidak cukup untuk menikmati semua permainannya. Karena itulah, paling enak memang bermalam di hotel terdekat sehingga besoknya bisa kembali menjelajah kawasan Ancol sebagai Tempat Wisata Jakarta.


5. Atlantis Water Adventure

Atlantis Gelanggang Samudra Ancol
tempat wisata jakarta

Masih aja dari kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Bila Dufan dan Seaworld sudah terlalu biasa buat kamu, maka Atlantis Water Adventure di Ancol mungkin dapat menjadi pilihan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi pada rencana mu kali ini.

Meskipun menganut konsep yang sama yaitu theme park, namun beda dengan Dufan, Atlantis Water Adventure lebih condong ke wahana permainan air, sayang sekali untuk dilewatkan. Setidaknya terdapat 8 kolam renang utama lengkap dengan berbagai permainan airnya.

Harga tiket untuk memasuki wahana Atlantis Water Adventure cukup terjangkau dan lebih murah dari Dufan, yaitu sekitar Rp95.000 sampai Rp200.000. Tempat ini beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 18.00 pada hari biasa, dan pukul 07.00 sampai 20.00 pada sabtu minggu.


6. Ocean Dream Ancol

Ocean Dream Ancol
tempat wisata jakarta

Ocean Dream yang terkenal juga dengan sebutan Gelanggang Samudra merupakan salah satu destinasi travel di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Gelanggang Samudra selalu dipadati oleh pengunjung. Atraksi lumba-lumba yang lucu merupkan acara utama dari tempat ini.

Selain menonton atraksi hewan lucu tersebut, pengunjung juga bisa melihat dari dekat tempat perawatan, penangkaran, serta pelatihan lumba-lumba tersebut. Bila ingin menyaksikan yang lebih seru lagi, Kamu bisa masuk ke Underwater Theater, Cinema 4D, atau Scorpion Pirates yang menawarkan pertunjukan menarik.

Entrance tiket ke Gelanggang Samudra Ancol kurang lebih antara 95ribu s/d 200rb. Tempat ini dibuka dari pukul 09.00 s/d 17.00 untuk hari biasa dan pukul 09.00 hingga 18.00 untuk sabtu minggu dan hari libur. Tambahan info, loket tiket masuk biasanya akan ditutup 1 jam sebelum jam operasional habis.


7. Pantai Ancol

pantai ancol
tempat wisata jakarta

Pantai Ancol merupakan salah satu pantai yang paling ramai serta banyak dikunjungi oleh para traveler. Baik wisatawan dari dalam maupun luar Kota Jakarta. Pantai ini masih berada di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Terdapat 5 pantai yang berlokasi di sepanjang garis Pantai Ancol yaitu, Pantai Ria, Pantai Karnaval Ancol, Pantai Festival Ancol, Pantai Elok, dan Pantai Indah.

Pengelola membangun banyak tempat berteduh untuk para pengunjung yang ingin santai dengan angin sepoi-sepoi di Pantai Ancol. Selain itu, pengembang Ancol juga menyediakan jogging track, food court, toilet, dan dermaga bagi para fotografer yang mengincar pemandangan matahari terbenam.

Tidak dikenakan biaya lagi untuk masuk dan bersantai di area pantai. Pantai buka selama 24 jam nonstop.


8. Ocean Ecopark

ocean ecopark
tempat wisata jakarta

Mau travelling sekalian ikut dalam upaya penyelamatan lingkungan?.

Ocean Ecopark jawabannya kalau gitu.
Wisata edukatif ini memiliki pilihan wahana seru yang menerapkan 4 konsep yaitu, Eco Nature, Eco Energy, Eco Care, dan Eco Art.

Lingkungan alam terbuka nan sejuk hadir untuk menyegarkan kembali jiwa mu yang mungkin telah letih karena aktifitas pekerjaan yang bikin kamu stress.

Di Ocean Park, kamu bisa ikut kegiatan outbond, paint ball, belajar cara merawat ternak, melihat proses pembuatan madu di penangkaran lebah, sampai belajar bercocok tanam di area Learning Farm.

Tiket masuk ke Ocean Ecopark ini berkisar antara 25rb sampai 180rb rupiah


9. Alive Museum Ancol

alive museum ancol
tempat wisata jakarta

Yah, masih juga disekitaran Ancol nih yah. Alive Museum adalah museum 4D pertama di Jakarta. Berlokasi di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, museum unik ini menyakikan berbagai lukisan, grafis, dan mural yang nampak “hidup.” Hampir setiap sudut museum ini memiliki spot foto yang instagramable serta unik dan menarik.

Untuk masuk ke area wisata Taman Impian Jaya Ancol, pengunjung harus bayar sekitar Rp 25.000 per orang. Kemudian untuk masuk ke museum, pengelola membanderol harga sekitar Rp 100.000 per orang. Letak Alive Museum lumayan jauh dari gerbang utama dan merupakan kesatuan dari Ancol Beach Mall.

Jadi sudah ada 7 destinasi wisata Jakarta yang berlokasi di area Taman Impian Jaya Ancol nih. Jika kamu ingin berkunjung kesana, biar tidak nanggung mungkin bisa dijajal semua tuh untuk pengalaman wisata mu. Terlebih untuk kamu yang berasal dari luar Jakarta yang mungkin tidak ada kesempatan lagi untuk berkunjung ke wilayah tersebut lagi.


10. Waterbom Jakarta

Waterbom Jakarta
tempat wisata jakarta

Tempat Wisata Jakarta selain Ancol adalah Waterbom PIK. Kolam renang dengan berbagai fasilitas permainan di kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta Selatan. Wahana permainan di Waterbom yang terkenal yaitu Aquatube. Aquatube ialah permainan berupa seluncur air dengan panjang kurang lebih 118 m serta tinggi 14,5 m.

Selain Aquatube, kamu juga bisa nyoba permainan menantang lainnya, seperti Speedslide,The Whizzard, The Hairpin, dan Twizter. Soal keamanan, Gak usah khawatir. Disetiap permainan, pengelola Waterboom menyediakan alat kesehatan, keselamatan, dan petugas yang sudah terlatih.

Entrance fee’nya itu sekitar Rp 100.000 untuk anak-anak dan Rp 170.000 untuk orang dewasa pada hari biasa. Jika saat akhir pekan atau musim liburan, harga tiketnya sekitar Rp 200.000 untuk anak-anak dan Rp 270.000 untuk orang dewasa. Waterbom buka dari pukul 10.00 pada hari biasa, pukul 08.00 pada akhir pekan, dan tutup pukul 21.00 WIB.


11. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
tempat wisata jakarta

Kepulauan Seribu merupakan kumpulan pulau-pulau. Ada yang berpenghuni dan ada yang tidak. Lokasinya di Selat Sunda, sebelah utara Jakarta. Terdapat 5 pulau besar di kawasan kepulauan Seribu yang menjadi tourist spot in Jakarta.

Pulau tersebut diantaranya adalahh Pulau Kelor, Rambut, Cipir, Onrust, dan Untung Jawa. Beda pulau beda daya tarik dan keunikannya. Di Pulau Kelor, Onrust dan Cipir, pengunjung dapat melihat bangunan tua peninggalan masa kolonial serta museum Pulau Onrust.

Kalau di Pulau Rambut pengunjung bisa melihat berbagai jenis burung yang di habitatnya secara langsung. Pulau Rambut memang tempat suaka margasatwa bagi berbagai jenis burung khas Indonesia. Sedangkan di Pulau Untung Jawa, kamu bisa memainkan permainan air modern seperti banana boat, speedboat atau snorkeling.

Agar dapat menyusuri 5 pulau tersebut, kamu perlu mengeluarkan dana sekitar 600k s/d 1,5 juta rupiah. Dana tersebut belum termasuk untuk biaya sewa kapal, pelampung, permainan air, serta biaya tambahan lain.

Untuk pergi ke Kepulauan Seribu kamu bisa menggunakann kapal Pelni dari kawasan Pantai Marina Ancol. Lalu melanjutkan dengan kapal kecil yang bisa disewa dari tempat penyewaan setempat. Sebagai informasi, kapal feri tujuan Kepulauan Seribu cuma melayani pelayaran sampai jam 5 sore.


12. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun
tempat wisata jakarta

Bagi pencinta alam yang ingin berkemah di tengah hutan maupun pinggir pantai sembari menikmati pemandangan matahari terbenam, berkunjung ke Pulau Semak Daun akan jadi pilihan yang tepat.

Keindahan utama pulau ini adalah pada garis pantai yang panjang, dangkal, dan memiliki air biru yang bening. Kamu juga bisa menemukan banyak titik foto yang instagramable di pulau ini. Jangan lupa menyelam untuk menikmati alam bawah laut Pulau Semak Daun. Kamu bisa menggunakan teknik foto underwater nih disini.

Kebanyakan traveller perlu mengeluarkan uang sekitar 385ribu per orang untuk transportasi, jelajah pulau, mengunjungi tempat penangkaran hiu, penyu, sampai snorkeling. Perkiraan harga tersebut juga belum termasuk makan siang, sewa tenda, listrik, dan membeli minuman lho yah.

Agar sampai ke pulau ini kamu dapat menaiki kapal Pelni dari Pantai Marina ke Pulau Pramuka. Lalu dari Pulau Pramuka, perjalanan bisa dilanjutkan pakai kapal kecil ke Pulau Semak Daun.


13. Pulau Tidung

Pulau Tidung
tempat wisata jakarta

Pulau Tidung termasuk salah satu tempat wisata favorit didaerah Kepulauan Seribu. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan disini, mulai dari snorkeling, melihat pemandangan matahari terbit, bersepeda keliling pulau, hingga ber-selfie narsis diatas Jembatan Cinta nan legendaris.

Jembatan Cinta ialah jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Jika di Tidung Besar kita masih menemukan banyak pemukiman penduduk, maka di Tidung Kecil kebalikannya. Cuma akan ada kawasan konservasi hutan bakau. Kapal yang menyeberang ke Pulau Tidung umumnya berangkat dari Dermaga Muara Angke dengan cost sekitar 40-45 ribu rupiah satu orang.

Bilamana ingin menginap di pulau cantik ini, tak perlu ribet mendirikan tenda. Karena di Pulau Tidung tersedia banyak property homestay maupun penginapan murah.


14. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
tempat wisata jakarta

Siapa yang ngga tau Pulau Bidadari?. Salah satu pulau yang terkenal di Kepulauan Seribu. Destinasi wisata favorit turis dari dalam atau luar negeri. Daya tarik pulau ini yaitu reruntuhan bangunan bersejarah pada masa kolonial yang dapat kamu lihat ditengah pulau.

Selain itu, Pulau Bidadari adalah area konservasi berbagai hewan serta tanaman langka seperti tanaman bakau, Pohon Sentigi, Pohon Kepuh, Elang Bondol, lumba-lumba, dan Rusa Totol India. Kamu mampu berwisata sekalian belajar melestarikan alam disini.

Pulau Bidadari juga dapat dijangkau menggunakan kapal yang berlayar dari Pantai Marina Ancol atau Dermaga Muara Angke. Kamu biasanya akan dikenakan biaya tiket kapal sekitar 40-45rb. Tak lupa diingatkan supaya membawa kamera terbaik mu jikalau hendak berkunjung ke Pulau Bidadari. Pasalnya, Kamu dapat melihat berbagai pesona serta keindahan alam Kepulauan Seribu yang bakalan sayang banget kalau ga diabadikan lewat foto.


15. Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan
tempat wisata jakarta

Pantai Pasir Perawan atau Virgin Beach, merupakan tempat wisata alam yang terletak di Pulau Pari kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta. Keunggulan utama pantai Virgin Beach adalah hamparan pasir putih dan bersih, air laut yang jernih, serta kawasan hutan bakau yang menghipnotis mata.

Turis boleh memancing, menyelusuri hutan bakau pakai sampan sewaan, dan snorkeling disini. Pantai Pasir Perawan dapat dijangkau dengan kapal Pelni yang berangkat dari Pantai Marina Ancol. Perjalanan dari Pantai Marina ke Pulau Pari biasanya sekitar satu setengah jam.

Tiket kapal biasanya dibandrol mulai dari 40rb per orang termasuk premi asuransi kecelakaan. Sedangkan tiket masuk ke Pantai Pasir Perawan murah, hanya sekitar Rp2.000 per orang. Harga tersebut tapi belum termasuk cost lain seperti sewa kapal, sepeda, atau peralatan selam hingga snokeling.


16. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki
tempat wisata jakarta

TIM singkatan dari Taman Ismail Marzuki. Ialah tempat wisata kesenian, keilmuan juga kebudayaan, yang terletak di Cikini, Jakarta Pusat. Taman yang namanya diambil dari maestro legendaris di Indonesia ini, dibuka pada tahun 1968 dan sudah menjadi salah satu tourist spot in Jakarta bagi para pencinta seni dan budaya.

Catatan tambahan, Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Planetarium termasuk bagian dari Taman Ismail Marzuki. Hampir tiap hari traveller bisa menonton bermacam pertunjukan seni, pembacaan puisi, pagelaran musik dengan tarian, hingga pameran lukisan maupun kerajinan tangan yang indah.

TIM dibuka tiap hari selama 24 jam. Untuk masuk ke TIM, pengunjung tidak akan dipungut biaya kecuali kalau mau menyaksikan teater atau pertunjukan. Jika ke Planetarium baru ada HTM Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp 7.500 untuk dewasa.

Kalau mau datang ke TIM pakai angkutan umum, kamu bisa naik bus Kopaja 20 jurusan Terminal Senen-Terminal Lebak Bulus, atau metromini P17 dan turun di Jalan Cikini Raya.


17. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan Jakarta Indonesia
tempat wisata jakarta

Kebun Binatang Ragunan merupakan rumah untuk aneka satwa. Di Ragunan kurang lebih ada 295 spesies. Pengelola juga bukan hanya memamerkan berbagai koleksi hewan mereka, tetapi juga membangun wisata edukatif untuk para pengunjung terutama anak usia sekolah.

Setidaknya terdapat 3 wahana yang ditawarkan:

  • Pusat Primata Schmutzer yang adalah museum primata terlengkap.
  • Dunia Orang Utan dengan koleksi berbagai macam jenis orang utan.
  • Children Zoo tempat anak kecil bisa langsung berinteraksi dengan satwa jinak.

Tiket masuk ke Ragunan tergolong murah yaitu sekitar Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Bila ingin masuk wahana edukatif dan menaiki berbagai wahana permainan, pengunjung harus membeli tiket yang lain lagi. Kebun Binatang Ragunan buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore waktu Indonesia bagian barat. Tempat ini mampu dicapai dengan kendaraan umum seperti bus Trans Jakarta koridor 6, bus Kopaja, metromini, atau mikrolet dan turun di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta.


18. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
tempat wisata jakarta

Turis spot bersejarah di Jakarta salah satunya adalah Museum Fatahillah. Museum Fatahillah dulunya merupakan kantor Gubernur Jenderal Batavia. Selain memajang benda peninggalan masa kolonial, museum ini juga memamerkan replika prasasti dan benda seni dari zaman kerajaan sampai masa kini.

Museum Fatahillah terletak di Jalan Pinangsia, Jakarta Barat dan buka setiap hari Selasa s/d Minggu dari pukul 09 – 15 WIB. Tiket masuk ke museum murah saja, hanya Rp 2.000 per orang.

Untuk mencapai Museum Fatahillah, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti mikrolet M08, M15, M12, bus Patas AC, taksi, atau bus Trans Jakarta koridor 1 rute Blok M-Kota.


19. Museum Bahari

Museum Bahari
tempat wisata jakarta

Dari namanya bisa ketebak ya, ini musium tentang kelautan Indonesia pasti nih. Bangunan yang sekarang dibilang Museum Bahari ini dulunya merupakan gudang yang digunakan pemerintah Belanda. Karena bangunan tua, berkunjung ke museum pasti membuat mu menjadi berkhayal ke tempoe doeloe karena arsitektur dan bentuk bangunan khas jaman kolonial Belanda.

Museum Bahari berlokasi di Jalan Pasar Ikan Nomor 1, Penjaringan, Jakarta Utara. Tempat ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai jam 9 pagi sampai jam 3 sore.

Untuk berkunjung ke sini, Kamu bisa naik bus Trans Jakarta jurusan Blok M-Kota lalu lanjut dengan menaiki mikrolet no 15 atau ojek.

Untuk harga tiket masuk, pengelola museum cuma ngasih harga sekitar Rp 2.000 per orang.


20. Monumen Nasional

Monas Monumen Nasional Jakarta
tempat wisata jakarta

Kalau ini sih dijamin orang pasti tau lah ya. Nyari di google tempat wisata Jakarta, atau cuma ketik Jakarta aja misalnya, pasti yang nongol foto Monas atau Monumen Nasional ini. Ya tentu saja, Monas merupakan ikon kota Jakarta sebagai Ibu Kota Negara Indonesia saat ini. Monumen yang menjulang tinggi dengan ujung atasnya yang berbentuk bara api ini merupakan tourist spot Indonesia yang ngga banget kalau sampe dilewatkan. Traveller dari luar negeri pun banyak yang datang ke area ini untuk sekedar berfoto secara langsung dengan background pemandangan tugu monas tersebut. Lalu posting di sosial media dengan caption “Here I’m in Jakarta” misalnya.

Monas memang pasti harus menjadi tempat foto wajib bagi kamu yang datang dari luar Jakarta. Sebagai bukti jikalau pernah datang ke kota Jakarta. Dan bukan cuma sekedar monumen biasa lho. Monas juga merupakan museum setinggi 132 meter. Untuk masuk ke dalam musium, wisatawan akan dikenakan biaya sekitar Rp 2.500. Monas buka dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore.


20 Tempat Wisata Jakarta Indonesia

Jadi, buat kamu yang tinggal diluar kota dan warganegara Indonesia, kapan nih kamu akan berkunjung ke Ibu Kota Negara?.
And, for you who willing to come from your country to Indonesia, especially to Jakarta. This information will be very useful for your itinerary. Just take a note for the name of the place, then you can dig for more route on google maps. Have a nice trip Guys!

Terima Kasih
IDRTimes

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: