Teknologi Google dan Microsoft Yang Tutup Usia di Tahun 2017

Informasi Menarik – Tahukah Anda ada beberapa produk Google dan Microsoft yang harus dihentikan sistem operasinya pada tahun 2017 kemarin. Ada beberapa teknologi yang harus diberhentikan atau dimatikan. Entah itu karena jarang yang menggunakan. Sudah tidak sesuai zaman, atau bahkan hal-hal lainnya.

Dan mungkin teknologi Google dan Microsoft yang terpaksa diberhentikan pada tahun 2017 lalu ini, pun belum Anda ketahui. Ingin mengetahui apa saja sih teknologi Google dan Microsoft yang dihentikan tersebut?. Simak lengkapnya di pembahasan IDRTimes kali ini.

Lihat juga: Komposisi Fotografi Terbaik

Teknologi Google Yang Di Stop



Ada 3 macam produk google yang terpaksa harus diberhentikan pada bulan Desember 2017 yang lalu, antara lain :

1. Google Tango

Teknologi Google yang akan berhenti beroperasi pertama adalah proyek yang bernama Augmented Reality atau dikenal juga dengan AR yang ada pada smartphone ini akan berhenti beroperasi. Proyek Tango diluncurkan tahun 2014 yang lalu, ini adalah teknologi yang menyediakan solusi AR pada smartphone maupun tablet.

Aplikasi ini dijalankan dengan memanfaatkan perangkat kamera. Dimana kamera tersebut, Anda dapat menampilkan citra 3D di layar. Hal ini mirip dengan piranti yang bernama HoloLens dari Microsoft. Sebagai gantinya Google akan fokus pada proyek lain dengan tema yang sama, yaitu ARCore. Meski demikian, perangkat ini akan berhenti total pada awal Maret 2018.

2. Google Chrome Apps

Siapa yang tidak kenal dengan teknologi yang satu ini. Google Chrome Apps atau toko aplikasi Webstore Chrome. Yang berisi Add on / opsi tambahan, untuk browser Chrome pun ternyata akan diberhentikan. Memang perangkat ini tidak dihapuskan pada semua perangkat komputer. Namun hanya pada Windows, Mac dan juga Linux. Sedangkan untuk Chrome OS yang ada pada laptop Chromebook masih akan tersedia.

3. Google Talk

Berikutnya adalah aplikasi Google Talk. Ini adalah aplikasi instant Messenger yang diperkenalkan Google tahun 2005 lalu. Fitur ini juga termasuk salah satu fitur yang terpaksa diberhentikan tahun 2017 kemarin.

Walaupun aplikasi ini memang tidak langsung diberhentikan, namun google sudah menyiapkan aplikasi penggantinya yang bernama Google Hangout. Dimana para pengguna dapat berkomunikasi dengan lebih mudah dan efektif. Perangkat ini juga dapat digunakan di gmail, chrome, dan juga tersedia versi mobilenya.

Teknologi Microsoft Yang Di Stop

Setali dua uang dengan Google, pihak Microsoft juga mengumumkan bahwa ada beberapa produknya yang mulai berhenti diproduksi, antara lain :

1. Ponsel Windows

Pada bulan Oktober kemarin. Raksasa Teknologi Microsoft mengumumkan bahwa seri ponsel pertama yaitu ponsel Windows akan berhenti dikembangkan. Alasan mengapa produk ini berhenti dikembangkan, lantaran pihak pengembang tidak mendukung platform yang ada pada ponsel Windows. Para pengembang tersebut lebih memfokuskan diri pada pengembangan aplikasi IOS dan juga android. Dimana aplikasi dengan operating system itu lebih banyak penggunanya.

Walaupun demikian pihak Microsoft akan terus memperbaiki sistem Bug dan juga memperbaharui sistem keamanan yang ada, pada perangkat tersebut.

2. Microsoft kinect

Awalnya Microsoft kinect dikembangkan untuk memadukan game konsol dengan kamera sensor. Pada tahun ke-7, software ini harus dimatikan, karena kurangnya permainan yang menggunakan teknologi tersebut.

Walaupun demikian perangkat ini pernah menggebrak industri gaming di tahun 2011 silam. Produk tersebut bernama Konsol Xbox 360. Dimana pada hari pertama perangkat ini dipublikasikan, produk tersebut laku hingga 1 juta unit, dalam kurun waktu 1 hari. Penjualan tersebut tentunya berhasil menorehkan sejarah dan berhasil masuk ke buku rekor dunia.

3. Groove music

Perangkat Microsof lainnya yang juga terpaksa diberhentikan adalah Groove music. Ini adalah aplikasi layanan streaming musik gratis dan juga berbayar. Namun pada bulan Desember kemarin, layanan ini akan dihapus dari peredaran dan para pengguna disarankan untuk pindah ke aplikasi Spotify.

Teknologi Google dan Microsoft Yang Tutup Usia di Tahun 2017

Nah, itulah beberapa teknologi dari Google dan Microsoft yang akhirnya terpaksa dihentikan produksi serta pengembangannya. Bagaimana menurut Anda?. Atau mungkin ada informasi yang ingin Anda tambahkan?.

Terima Kasih,
IDRTimes

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: