Ini Dia 11 Komposisi Fotografi Terbaik Yang Perlu Diketahui

Artikel Unik – Komposisi fotografi terbaik tidak jauh berbeda dengan komposisi terbaik pada bidang seni lainnya. Sama halnya dengan selera makanan. Maka komposisi terbaik yang Anda sukai pun, umumnya berdasar pada preferensi yang Anda miliki sendiri.

Namun meskipun semuanya berasal dan berakhir pada pendapat diri Anda sendiri. Berikut ini terdapat beberapa panduan yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan komposisi terbaik dari hasil foto yang Anda inginkan.

Lihat juga: 5 Teknik Foto Kreatif

Ingin tau apa saja yang termasuk dalam komposisi fotografi terbaik tersebut?.
Berikut penjelasannya :



  • Menarik perhatian pada arah subjek utama yang terdapat dalam foto,merupakan komposisi pertama yang harus Anda perhatikan. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan warna, cahaya, bentuk, atau bahkan garis yang dimiliki agar foto yang dihasilkan nampak lebih kuat. Serta mampu menyedot perhatian siapa pun yang melihatnya.
  • Tampilan sederhana pada foto yang Anda miliki juga dapat memberikan kesan yang lebih kuat, namun tetap terasa simple dan menarik tentunya.
  • Mengurangi beberapa elemen yang tidak seirama. Apabila menurut Anda terdapat beberapa elemen tertentu yang dapat merusak irama atau bahkan tingkat keharmonisan dari foto yang dihasilkan. Maka sebaiknya Anda singkirkan, tutupi atau bahkan pindahkan elemen tersebut. Sehingga tidak mengganggu foto yang ingin Anda dapatkan.
  • Komposisi selanjutnya dapat Anda lakukan dengan memenuhi isi frame menggunakan subjek yang ingin Anda dapatkan. Pasalnya tidak jarang foto dengan efek yang kuat itu dihasilkan tanpa adanya background sama sekali.
  • Hindari membiarkan ruang kosong mendominasi dari hasil foto yang Anda buat. Karena itulah gunakan efek framing dengan sebaik mungkin, sehingga hasil jepretan pun dapat lebih memuaskan.
  • Bagian selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memaksimalkan point of view atau pun titik pandang dengan lebih menarik. Hindari aktivitas memotret pada bagian depan dari subjek secara berlebih.
  • Gunakan rules of third. Dengan kata lain gunakanlah cara tertentu. Seperti halnya menarik garis imajiner yang kemudian dapat membagi foto menjadi 9 bagian yang sama besar. Setelah itu tempatkan obyek utama pada persimpangan atau pun pada garis-garis dari rule of third itu tadi.
  • Ketika Anda memotret orang, pastikanlah untuk menempatkan posisi mata berada pada bagian atas dari garis tengah foto untuk komposisi mata itu sendiri. Sehingga hasil jepretan pun akan lebih sesuai dengan kebutuhan frame dan juga memberikan kesan yang pas pada tampilan dari subjek orang itu tadi.
  • Bagian yang paling terang dari dalam foto dikenal sebagai bagian yang paling banyak menyedot perhatian. karena itulah pastikan untuk menaruh objek utama pada bagian tersebut. Dengan demikian fokus utama ketika dilihat pun akan tertuju pada objek yang ingin Anda tunjukkan itu tadi.
  • Background adalah bagian selanjutnya yang dapat memperkuat kesan tampilan dari foto yang dihasilkan. Karena itulah jangan biarkan background mematikan tampilan dari objek utama. Untuk itu pastikanlah memilih background yang sesuai. Sehingga objek atau property yang ingin diperlihatkan pun tampil dengan kesan yang lebih kuat dan bukan sebaliknya.
  • Dengan mengggunakan cara memotret horizontal, tentunya Anda pun dapat memberikan kesan lebar pada objek yang terdapat di bagian dalamnya. Dan begitu pun dengan cara memotret vertikal yang juga dapat memperkuat kesan dengan tampilan yang lebih tinggi tentunya.

Itu Dia 11 Komposisi Fotografi Terbaik Yang Perlu Diketahui

Itulah kiranya penjelasan singkat dari beberapa bentuk komposisi fotografi terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai panduan tepat untuk menghasilkan foto-foto terbaik. Mungkin Anda memiliki tips dan trik maupun pendapat berbeda?.

Terima Kasih,
IDRTimes

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: