Bahaya Jika Sering Membiarkan Tangki Bensin Motor Kosong

Tangki Bensin Motor Kosong – Dunia otomotif sendiri adalah salah satu teknologi yang berhubungan dengan mesin – mesin pada mobil maupun motor. Motor yang Anda miliki tentu memerlukan bahan bakar sebagai penggerak mesin. Tanpa adanya bahan bakar tersebut, tentu motor Anda tidak bisa digerakkan. Namun banyak dari Anda yang pastinya lalai untuk mengisi bahan bakar tersebut. Hal ini dikarenakan adanya beberapa alasan seperti dompet yang menipis atau kelupaan. Padahal jika Anda sering membiarkan tangki bensin kosong bisa sangat berpengaruh pada kendaraan bermotor Anda. berikut ini beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan apabila sering membiarkan tangki bensin motor kosong untuk jarak waktu cukup lama.

Tangki motor jadi gampang bocor dan bisa karatan

Pada umumnya semua komponen dari motor atau jenis kendaraan bermotor lainnya terbuat dari besi, termasuk tangki motor itu sendiri. Terutama jika Anda menggunakan motor yang keluaran di bawah 1985 pastinya menggunakan bahan besi semuanya. Perlu Anda ketahui jika tangki motor yang kosong akan membuat bensin menguap saat terkena sinar matahari. Sehingga bisa berakibat tangki bensin yang mudah berkarat. Jika tangki motor telah berkarat akan membuatnya mudah untuk bocor. Jika sudah seperti itu, siap – siap saja Anda mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.

Mesin motor mudah rusak dan macet



Uap yang terjadi saat tangki motor kosong akan membuat endapan kotoran ketika sudah dingin. kotoran tersebut jika dibiarkan lama – lama tentu akan mengganggu kinerja dari mesin motor Anda.

Fuel pump juga bisa beresiko rusak

Fuel pump sendiri adalah alat yang digunakan untuk mendistribusikan bahan bakar ke seluruh mesin pada kendaraan bermotor Anda. jika kotoran yang mengendap di dalam tangki bensin Anda semakin banyak bisa membuat fuel pump Anda rusak. Sebab fuel pump tersebut macet dan ngadat karena adanya kotoran yang juga mengendap pada tangki Anda.





Kerusakan bisa terjadi pada karburator dan injektor mesin

Tidak hanya fuel pump saja yang bisa mengalami kerusakan yang fatal, tapi kerusakan yang lebih parah lainnya yang bisa Anda alami adalah kerusakan pada mesin pengapian kendaraan bermotor Anda, yakni karburator atau injektor Anda. padahal mesin tersebut sangat berguna untuk mengubah energi kimia dari BBM menjadi energi gerak yang menggerakkan mesin motor Anda.

Bensin yang Anda miliki menjadi lebih boros

Hal yang lebih buruk lagi jika Anda sering lupa dalam mengisi tangki bensin sendiri adalah bensin yang Anda gunakan menjadi lebih boros sendiri. Alih alih ingin berhemat malah mengeluarkan lebih banyak uang. Hal ini dikarenakan mesin membutuhkan tenaga ekstra. Di samping itu, ada juga motor yang menjadi semakin lemah.

Onderdil motor yang harus diganti

Jika sudah terpaksa harus mengganti onderdil pada motor, maka, akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang cukup besar. sebab bisa saja onderdil motor Anda susah untuk ditemukan yang baru. Di samping itu, belum biaya perbaikannya.

Baca juga : Ciri-ciri Rem Blong

Itulah beberapa bahaya yang mungkin bisa terjadi jika Anda sering lalai dan membiarkan tangki bensin motor kosong. Untuk saran, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar kendaraan Anda tetap terjaga dan awet.

Saran pertama adalah untuk rajin – rajin dalam membersihkan filter dan menggantinya secara berkala. Untuk menggantinya bisa dilakukan jika telah menempuh 10.000 km atau jika telah 2 kali ganti oli. Kemudian kuras tangki motor secara rutin untuk membersihkan kotoran yang mengendap.

Dan pembersihan tersebut bisa Anda lakukan setelah pemakaian 2 tahun.
Dan yang terakhir dalam pengisian bahan bakar sebaiknya dilakukan sebelum benar – benar habis. Anda bisa melakukannya saat garis baru masuk garis merah.
Saran tersebut bisa Anda lakukan jika Anda ingin membuat kendaraan tetap awet.

Tangki Bensin Motor Kosong

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: