Mengenal Rem Blong Dan Cara Mengatasinya

Mengenal Rem Blong Dan Cara Mengatasinya

Rem mobil blong tentu saja sangat berbahaya karena dapat mengancam keselamatan jiwa, baik pengendara maupun orang lain. Pada kasus rem blong banyak orang yang menyalahkan supir, padahal sopir tidak bisa begitu saja disalahkan seperti pada kasus kecelakaan antara bus dan truk yang terjadi di Ciloto, Puncak, Jawa Barat. Dimana telah merenggut 11  korban jiwa, sungguh ironisnya sang supir menjadi tersangka.  Padahal rem blong tidak sepenuhnya terjadi atas kelalaian supir bus, apabila supir bus telah melakukan pengecekan yang dilakukan oleh mekanik dan mekanik mengatakan bahwa bus layak jalan. Dan kemudian terjadi kecelakaan maka yang bersalah bisa saja teknisinya atau atasannya. Karena itu kenalilah penyebab rem blong sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Rem Blong Dan Cara Mengatasinya
Rem Blong Dan Cara Mengatasinya
  1. Habisnya oli rem mobil

Oli rem yang kurang atau habis merupakan penyebab utama dari terjadinya rem blong. Dimana minyak rem yang kurang dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja rem yang tidak maksimal. Hal ini dikarenakan dalam proses penerusan tenaga, minyak rem memiliki peranan penting. Untuk karena itu selalul cek kondisi volume oli rem, jika kondisinya kurang sedikit hal tersebut tidak masalah asal mencukupi dalam penerusan tenaga hingga ke piston agar dapat menekan kampas. Apabila minyak rem berkurang drastis dalam waktu yang cepat, maka bisa jadi terjadi kebocoran pada sistem pengereman. Karena itu lakukan pengecekan rutin satu bulan sekali atau 2 minggu sekali. Dan jangan lupa gunakan oli rem yang berkualitas agar rem selalu terawat.

  1. Aus kanvas rem

Kanvas rem yang aus tentu saja membentuk rem blong. Kamu dapat menandai apakah kanvas rem mobil sudah aus atau tidak dari bunyi, apabila kamu sedang mengerem dan menimbulkan bunyi maka kanvas rem mobil telah aus. Namun kondisi seperti itu dapat terjadi apa mobil yang dilengkapi dengan plat indikator. Maka jalan satu-satunya adalah mengganti kanvas rem karena tidak dapat dibiarkan begitu saja.





  1. Rusaknya seal piston master silinder

Terjadinya kerusakan atau sobek pada sela piston master silinder disebabkan faktor pemakaian dalam waktu lama serta tergantung pada kualitas oli rem yang digunakan. Tidak bermutunya oli rem mempercepat kerusakan pada seal. Karena itu dalam menggunakan oli rem sebaiknya menggunakan yang bagus dan berkualitas sehingga umur mobil juga akan panjang. Memang oli rem yang kualitas buruk murah, tetapi efek yang diberikan banyak yang merugikan dari pada yang menguntungkan.

  1. Vapour lock

Menguapnya minyak rem akibat kondisi mobil yang terlalu panas disebut vapour lock. Suhu yang terlalu panas dapat membuat oli rem mendidih dan menimbulkan gelembung udara pada sistem pengereman yang menyebabkan kinerja rem tidak maksimal dan membuat blong. Kualitas oli rem yang buruk biasa jadi merupakan penyebab munculnya vapour lock. Karena itu menggunakan rem yang berkualitas serta melakukan pengecekan secara rutin.

  1. Rusaknya piston rem

Piston yang rusak atau terjadi aus dapat membuat kinerjanya tidak maksimal. Dimana saat meneruskan tekanan hidraulis yang berasal dari pedal tidak terjadi secara efektif sehingga terjadilah rem blong. Karena itu selidikilah terlebih dahulu apakah yang menyebabkan piston rem mobil kamu rusak, lalu barulah perbaiki piston yang rusak tersebut. Sehingga kamu tidak melakukan kesalahan lagi apabila telah memperbaiki piston rusak tersebut. Dan inilah informasi mengenai ciri-ciri rem mobil blong serta cara mengatasinya agar dapat waspada.

Itulah Beberapa Penyebab Rem Blong

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: