SyS NS Meninggal Dunia, Keluarga: “Kita Semua Ikhlas”

Idrtimes.com, Jakarta – SyS NS meninggal dunia pada hari Selasa (23/1/2018) kemarin pada usia 61 tahun. Kabar duka ini sontak membuat para pihak merasa kaget sekaligus sedih karena Sys meninggal secara tiba-tiba.

Hajji Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns. Soerio Soebagio atau yang lebih akrab disapa dengan sebutan SyS NS ditemukan oleh anak keduanya pingsan di ruang tamu. Tak berapa lama, Sys dilarikan ke rumah sakit, namun sayang kondisinya sudah tidak tertolong lagi. Dokter mengatakan bahwa Sys terkena serangan jantung.

Sys NS sendiri dikenal sebagai artis yang serba bisa, bahkan selain aktif dalam dunia hiburan, dia juga aktif di dunia politik.

Begini kronologi Sys NS meninggal dunia

Istri Sys NS, Shanty Widhiyanti Hamid, kelihatan berusaha tetap tegar saat menceritakan kronologi bagaimana suaminya meninggal dunia. Sebetulnya SyS pada hari Selasa kemarin sedang berencana untuk menyelesaikan proyek musiknya.



SyS meminta anaknya untuk memesankan taksi online sebelum bertemu dengan Ian Antono. Hal itu diceritakan oleh Shanty sambil menggendong cucu keduanya ketika ditemui di TPU Jeruk Purut yang berlokasi di area Jakarta Selatan.

“Sarapan terus bilang ke anaknya (sambil menunjuk anak pertama) tolong pesenin ayah Uber, mau ke Cibubur. Terus udah, saya nggak tahu. Terus anak saya yang satu lagi pulang, ‘Bunda-bunda, ayah kok tidur di bawah?’. Biasanya sih emang suka tiduran di bawah, katanya adem,” ungkap Shanty.

Saat sang istri dan anaknya melihat keadaan SyS, kondisinya sudah pucat sekaligus dingin. Shanty pun langsung gemetar ketika melihat bahwa tubuh suaminya sudah tidak bergerak lagi. Shanty pun bingung dan sangat panik, dia beserta anaknya meminta bantuan kepada petugas polisi di pos kepolisian yang terletak di depan komplek perumahannya. Lalu atas arahan dari polisi maka Sys NS segera dilarikan ke rumah sakit untuk ditangani lebih lanjut di UGD RSPI.

Shanty merasa sudah feeling melihat kondisi sang suami kala mereka tiba di rumah sakit, “Saya udah feeling, sampai sana di UGD, dadanya udah di pacu (alat pompa jantung), selama 40 menit, terus dicek sana sini, tapi kok nggak sadar-sadar ya.”

Dengan berat hati akhirnya dokter pun mengabarkan kepada Shanty bahwa timnya sudah berusaha menolong sang suami selama 40 menit. Sayang tetap tidak ada detak jantung sama sekali. Mendegar hal tersebut, Shanty pun berusaha ikhlas.

“Saya bilang nggak apa-apa, insyaAllah saya ikhlas,” kata Shanty menahan tangis.

SyS NS meninggal dunia dalam usia 61 tahun dengan meninggalkan 3 orang anak yaitu Syanindita Trasysty, Sabdayagra Ahessa, dan Sadhenna Sayanda. SyS NS juga dikaruniai oleh 2 orang cucunya yaitu Srestha Fasyadhira dan Schalea Fasyannira.

Ini kata anak SyS NS mengenai serangan jantung yang menimpa ayahnya

Sabdayagra Ahessa, anak kedua dari SyS NS, menemukan ayahnya pingsan di ruang tamu. Saat itu, Ahessa baru pulang dari fitness jam 11. Padahal Sabda berkata bahwa selama ini dia mengenal ayahnya begitu menjaga kesehatan dan tak pernah mengeluh sakit.

“Dia nggak penyakitan, dia selalu sehat. Tiba-tiba saya pulang menemukan saja dia tergeletak di ruang tamu,” ucap Ahessa.

Setelah itu Ahessa dan ibunya melarikan SyS ke UGD rumah sakit RSPI pada jam 11 itu. Tapi sayangnya nyawa SyS tak terselamatkan, dokter pun sudah berusaha memacu jantungnya selama 40 menit. Kata rumah sakit memang SyS mengalami serangan jantung.

Melihat kondisi sang suami, keluarga SyS berserta istri dan anak-anaknya berusaha untuk tetap ikhlas.

Baca juga: Fifty Shades Freed, Trilogi Terakhir Seri Fifty Shades

Duka mendalam dirasakan oleh keluarga, sahabat, dan rekan-rekan dari SyS NS

Jenazah SyS NS tiba di rumah kediaman Kemang
Jenazah SyS NS tiba di rumah kediaman Kemang

Jenazah SyS NS tiba di rumah duka kediaman Kemang Timur, Jakarta Selatan. Suasana kediaman SyS terlihat diliputi oleh duka mendalam setelah kepergian almarhum. Mobil ambulans tiba pada pukul 15.08 WIB. Para pelayat juga terlihat langsung bersiap untuk menyolatkan almarhum.

Banyak rekan dan sahabat yang datang mengunjungi kediaman SyS NS. Kabar SyS NS meninggal dunia meninggalkan tangisan dan duka yang mendalam bagi mereka. SyS di mata sahabat dan rekan-rekannya dikenal sebagai sosok yang ceria.

Sejumlah rekan politikus pun turut hadir melayat dan diantaranya ada politikus PAN Eko Patrio, politikus Golkar Nurul Arifin, serta politikus Hanura Anwar Fuady.

“Orangnya optimis, teman yang baik, orang yang hangat, happy, nggak jaim. Banyak banget 30 tahun ini membentuk tabungan artis nusantara,” kenang Anwar.

Jenazah pria kelahiran Juli 1956 tersebut tiba di kediamannya Selasa sore dan langsung disholatkan. Setelah itu jenazah langsung dimakamkan di TPU Jeruk Purut pada hari yang sama.

Istri dan keluarga besar SyS NS berusaha tetap ikhlas

Ungkapan ikhlas mengalir keluar dari mulut Shanty, istri dari almarhum SyS NS. Meski begitu, raut wajah dari sang istri tetap terlihat sedih tatkala menceritakan tentang SyS NS meninggal dunia karena serangan jantung.

Ia juga mengakui sangat kehilangan sosok sang suami. Apalagi kepergian SyS memang sangatlah tiba-tiba. Tidak ada yang menyangka bahwa mantan penyiar Prambos itu meninggal dunia pada hari itu.

“InsyaAllah kita semua ikhlas. Tapi namanya ditinggal tiba-tiba saya selalu berdua, baru pulang berdua, kemana mana berdua, kehilangan banget. Apalagi nanti malem nih, saya pasti berasa banget nih kehilangannya. Dia sudah enggak ada lagi,” kata Shanty sedih.

Proses pemakaman almarhum SyS pun berjalan dengan lancar. Lokasi pemakanan yang berada di TPU Jeruk Purut juga tidak jauh dari kediamannya.

SyS sendiri dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung mendadak pada hari Selasa kemarin. Pihak dari Rumah Sakit mencatat bahwa SyS NS meninggal dunia pada pukul 12.30 WIB.

Ada lagu Nasionalis yang seharusnya akan dirilis oleh SyS NS

Dunia musik pastinya sangat kehilangan sosok SyS NS setelah kepergian almarhum. Apalagi rupanya SyS memiliki sebuah lagu Nasionalis yang sebetulnya akan segera dirilis. Hal itu diungkapkan langsung oleh salah satu rekan SyS musisi yang sama-sama menggarap proyek lagu tersebut, yaitu Ian Antono. Rencananya, sebelum SyS ditemukan pingsan di ruang tamu pada hari Selasa kemarin. Ian berencana bertemu dengan SyS untuk membahas tentang lagu yang mau dirilis itu.

“Tadi pagi kita janjian jam 12 siang untuk menyelesaikan proyek lagu tentang NKRI. Karena hari ini terakhir dan akan disebarluaskan,” jelas Ian Antono pada hari Selasa (23/1/2018).

Sayangnya rencana tersebut berubah ketika Ian mendengar kabar SyS NS meninggal dunia akibat serangan jantung. Ian Antono juga membicarakan tentang proyek musik yang tengah mereka garap. Ian dan SyS sedang ingin merampungkan sebuah single lagu bertema Nasionalis.

“NKRI gitu single-nya,tentang Garuda Pancasila. Judulnya nggak tahu saya. Belum jadi, rekaman sudah. Istrinya juga sudah tahu,” ungkapnya.

SyS NS meninggal dunia para hari Selasa kemarin. Jenazahnya juga sudah dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan. SyS merupakan sosok musisi yang sekaligus aktif di kancah perpolitikan. Kepergiannya meninggalkan duka mendalam baik bagi keluarga dan sahabat serta dunia musik maupun politik tanah air.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: