Samsung Luncurkan QLED Gaming Monitor dengan Rasio 32:9

IDRTimes – Perusahaan raksasa elektronik ternama, Samsung luncurkan QLED Gaming Monitor dengan rasio 32:9. Model layar monitor terbaru ini dinamakan CHG90, dan menjadi perkembangan terkini. Sebelumnya, kebanyakan monitor biasanya menggunakan rasio 4:3 atau 16:9. Dan sesuai dengan penamaan layar tersebut, Samsung memastikan jika monitor gaming ini ditujukan untuk para PC gamers di Indonesia. Pengalaman bermain yang lebih baik pun dipastikan akan bertambah.

Albert Susilo, Head of Monitor Business PT Samsung Electronics Indonesia, menyatakan apabila monitor ini hadir dengan layar ultra-wide dengan ukuran lebar. Ukurannya mencapai 49 inch dan dengan resolusi 3840 x 1080 pixel, atau Double Full HD.

Saat konferensi pers di Haris Suite, FX Sudirman, Jakarta, pada hari Kamis (1/2), Albert mengatakan, “Ada 43,7 juta orang di Indonesia yang bermain game. Perkembangan gaming di Indonesia sangat pesat. Bisa dilihat dari perkembangan eSport-nya juga, dimana data dari Newzoo memprediksi para antusias eSport di Indonesia bisa mencapai 2,7 juta orang,”

Albert juga memastikan jika monitor QLED Gaming Monitor CHG90 ini mampu menghadirkan kualitas gambar yang sangat indah. Peningkatan fitur High Dynamic Range (HDR) dipasang oleh Samsung untuk pertama kalinya di layar monitor QLED Gaming Monitor CHG90 ini. Dimana hal ini biasanya hanya ditemukan pada televisi premium maupun layar dengan format yang besar. Ia juga mengklaim jika Samsung merupakan perusahaan pertama yang menerapkan rasio 32:9 tersebut.



Teknologi HDR yang diintregasikan dengan quantum dot, memberikan cakupan spektrum warna Red Green Blue (RGB) hingga 125%. Serta sekitar 95% dari Digital Cinema Initiative (DCI-P3) yang diklaim mampu menghasilkan tingkat warna dengan akurasi yang lebih maksimal.

Baca juga: Buku ‘Ubur-ubur Lembur’ Resmi Launching Hari Ini

Teguh Prakoso, seorang Gamer dan Video Creator , yang telah mencoba bermain game dengan monitor QLED Gaming Monitor CHG90 ini, juga mengatakan jika dirinya mendapatkan pengalaman yang lebih baik serta unik dari monitor buatan Samsung ini. “Layar besar bikin permainan semakin seru. Tampilan gambar HDR pun bikin visual tampak lebih jelas,” ungkap Teguh.

Samsung juga memastikan jika daya yang dihaislkan oleh monitor CHG90 ini lebih irit jika dibandingkan dengan monitor konvensional biasa. QLED Gaming Monitor CHG90 diklaim hanya memerlukan daya 113 watt saja. Untuk harga, Samsung berencana melepasnya dengan harga sekitar Rp 20 juta.

QLED Gaming Monitor dengan Rasio 32:9 Akan Jadi Standar Industri Baru

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung memperkenalkan monitor gaming terbarunya dengan rasio 32:9. Monitor yang dinamakan QLED Gaming Monitor CHG90 ini juga diklaimsebagai monitor gaming pertama dengan rasio seperti ini. Monitor ini menawarkan sesuatu yang berbeda dari monitor gaming pada umumnya. Ukurannya pun mencapai 49 inch dan dengan resolusi 3840 x 1080 pixels.

Banyaknya permintaan tentang monitor gaming dengan rasio 32:9 ini membuat Samsung mengklaim akan menjadi standar indutri yang baru. “Jadi kalau rasio 32:9 ini menjadi standar industri yang baru untuk sebuah layar. Dengan ini kita punya akses layar yang lebih luas. Dengan ini gamer bisa memiliki pandangan yang lebih luas,” ujar Albert.

Albert menambahkan jika tren monitor dengan rasio 32:9 ini sudah berkembang sejak akhir tahun lalu. Banyak game juga sudah mendukung rasio 32:9, seperti beberapa game berjenis FPS (First Person Shooter), RPG (Role Player Game), RTS (Real Time Strategy) atau MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Bahkan para gamers juga mampu melihat musuh yang datang lebih awal, daripada menggunakan layar konvensional.

“Selain bisa dipakai bermain game, monitor ini juga bisa dipakai untuk profesional dan pekerjaan multitasking. Di Samsung ada yang disebut easy setting box. Ini bisa membagi layar hingga enam layar,” tambah Albert.

Tertarik?

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: