Posisi Duduk saat Meeting Juga Menentukan Prestasimu Loh

Saat Anda sedang menghadiri meeting, mungkin tidak bergitu memperhatikan posisi di mana Anda  duduk. Namun ternyata posisi duduk saat meeting juga memberikan pengaruh yang sangat besar bahkan bisa jadi menentukan prestasi ke depannya. Karena itulah jangan sampai Anda salah memilih tempat duduk saat sedang menghadiri meeting agar bisa memberikan prestasi yang terbaik. Yuk mari kita lihat posisi apa yang paling baik untuk beberapa situasi berikut.

Posisi Duduk saat Meeting dengan Meja yang Menempel ke Dinding

Jika Anda akan menghadiri meeting hanya dengan satu orang lainnya dan mengambil tempat di meja yang menempel ke dinding, maka lebih baik jika Anda mengambil posisi duduk ditengah. Yaitu pada kursi yang persis berhadapan dengan dinding tersebut. Sebab jika Anda mengambil posisi duduk di arah yang bersebelahan dengan lawan bicara, maka Anda bisa terlihat sebagai orang yang agresif. Namun jika Anda memilih tempat duduk yang berhadapan dengan dinding berarti Anda akan duduk di posisi yang bersebelahan dengan lawan bicara. Ini akan memberikan kesan yang lebih hangat dan akan memudahkan Anda dalam berdiskusi terlebih jika perlu untuk memeriksa beberapa dokumen secara bersamaan.

Meeting Hanya Berdua di Meja dengan Empat Sisi

Jika Anda hanya meeting berdua saja sedangkan kursi yang disediakan sangat banyak. Maka lebih baik jika Anda memilih posisi duduk saat meeting posisi yang persis berada di kanan lawan bicara. Posisi duduk saat meeting ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang dapat dipercaya. Terlebih karena ada kebiasaan dimana jika seseorang ingin membangun kepercayaan orang lain maka Ia akan memilih untuk berada di sebelah kanannya. Selain itu lawan bicara juga akan merasa lebih nyaman dan tidak merasa terancam dengan keberadaan Anda di sisi kanannya.

Baca juga: Anies Sandi Mengangkat Pejabat yang Disingkirkan Ahok



Jangan Memilih Posisi yang Terlalu Dekat dengan Pintu

Seperti diketahui pintu akan digunakan oleh orang untuk keluar masuk ruangan. Karena itulah jika Anda memilih posisi yang terlalu dekat dengan pintu bisa jadi hal ini akan mengganggu. Dari posisi duduk saat meeting ini Anda jadi sulit untuk berkonsentrasi. Lawan bicara yang memandang Anda pun akan lebih mudah teralihkan oleh orang yang keluar masuk melalui pintu tersebut. Dengan demikian baik Anda maupun lawan bicara bisa sama-sama kurang konsentrasi sehingga informasi penting yang diberikan tidak dapat tersampaikan dengan baik.

Cobalah untuk Duduk di Posisi Kepala dari Meja

Jika Anda akan melakukan suatu meeting tanpa disertai oleh seorang pemimpin, maka cobalah untuk duduk di posisi kepala dari meja. Memang beberapa dari Anda akan merasa tidak pantas karena kurangnya pengalaman atau karena umur yang terlalu muda. Namun bukan berarti Anda tidak dapat memimpin rapat tersebut. Dari posisi ini Anda juga jadi lebih mudah untuk melakukan presentasi. Semua orang juga akan lebih mudah melihat ke arah Anda. Jadi memang posisi kepala dari meja memiliki kekuatan untuk mengendalikan situasi meeting.

Duduklah di Posisi Tengah dari Meja

Jika Anda datang ke meeting hanya sebagai anggota dan sudah ada pemimpin yang pasti, maka duduklah di posisi tengah dari meja. Posisi ini adalah posisi yang paling strategis karena saat Anda sedang mengemukakan pendapat maka semua orang dapat melihat dengan jelas. Dari posisi duduk saat meeting ini Anda juga jadi lebih mudah memperhatikan orang lain yang sedang berbicara dari segala posisi.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: