Penurunan Tahunan Terbesar dalam Sejarah Smartphone

IDRTimes.com – Para pabrikan smartphone seperti semakin gencar mempromosikan jagoan terbaru mereka untuk jajaran ponsel flagship. Namun, di tengah gencarnya para produsen tersebut terhadap jagoan andalannya masing-masing, justru permintaan pasar semakin memudar. Dalam setahun belakangan hingga kuartal pertama 2018, terjadi penurunan tahunan terbesar dalam sejarah smartphone.

Pasar global untuk kalangan smartphone pun anjlok hingga angka 9% untuk kuarter pertama tahun 2018. Tingginya harga yang dipasang menjadi hal utama pencapaian negatif tersebut. Salah satu yang menjadi sorotan adalah jagoan terbaru keluaran Apple, iPhone X yang dibanderol dengan harga mencapai USD 1.000.

Angka yang sangat tinggi tersebut pun membuat konsumen untuk berpikir dua kali jika ingin memilikinya. Sehingga, para pengguna lebih memilih untuk tetap menggunakan gawai lamanya, yang berimbas pada turunnya penjualan global Apple sekitar 1%. Apple pun mengalami penurunan sekitar lima juta unit jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Baca juga: Samsung Luncurkan QLED Gaming Monitor dengan Rasio 32:9



Terjadi Juga Penurunan Pengiriman Smartphone

Menurut data dari Strategy Analytics, secara keseluruhan pengiriman smartphone pada kuartal terakhir 2017 berada pada 400,2 juta unit. Lebih sedikit dibandingkan data pada periode yang sama di tahun 2016 yang berada di angka 438,7 juta unit terkirim.

Direktur Strategy Analytics, Linda Sui, mengatakan kepada The Guardian. “Ini merupakan penurunan tahunan terbesar dalam sejarah smartphone.” Ia pun menambahkan. “Penyusutan angka pengiriman smartphone secara global disebabkan oleh menurunnya permintaan konsumen di Cina, yang merupakan salah satu pasar terbesar di dunia, hingga 16% dalam setahun terakhir.”

Hal lain yang menyebabkan hal tersebut ialah subsidi dari operator yang secara perlahan berkurang.

Fokus para pengguna pun telah berpindah ke arah Artificial Intelligence (AI). AI atau Kecerdasan buatan ini mampu menilai seberapa pintar gawaitersebut. Apalagi, kini sudah banyak menjamur smartphone dengan kualitas kamera yang baik, yang membawa gawai tersebut bergerak ke arah layar penuh (bezel-less).

“Kita telah sampai pada suatu masa yang menunjukkan di mana kualitas pengambilan gambar sudah sangat bagus. Oleh karenanya, fokus pun berpindah mengenai kecerdasan yang dibenamkan pada gawai.” sebut Vice President Product Manager Google, Mario Queiroz, pada tahun lalu.

Executive Director Strategy Analytics, Neil Mawston, mengatakan, “Jumlah iPhone yang dikirim secara keseluruhan telah mengalami penurunan secara tahunan dalam lima dari delapan kuartal terakhir.” Ia pun berpikir jika para produsen, terutama Apple, perlu membuat produk baru dengan harga bersahabat untuk lebih mengangkat jumlah pengiriman ponsel.

Namun, penurunan angka yang ada di kuartal terakhir 2017 tidak menutup realita jika pengiriman smartphone sepanjang tahun lalu mampu mencapai hingga 1,5 miliar unit dalam satu hitungan kalender untuk pertama kalinya. Pertumbuhannya pun meningkat sebesar 1,3% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: