Organ Tubuh Tumbuh Di Area Tubuh Lain, Ngeri!

Percaya tidak percaya, tapi ada berita unik dan menarik yang terjadi pada beberapa orang dimana mereka memiliki organ tubuh tumbuh di area tubuh lain dan yang muncul pada tempat tidak biasa.

Padahal bagian tubuh atau organ memiliki tempat masing-masing yang sudah merupakan kodrat dari Tuhan.

Namun, beberapa orang memiliki organ dengan tempat ataupun tidak sebagaimana mestinya.

Aneh tapi nyata, ada organ tubuh tumbuh di area tubuh lain

Organ tubuh memiliki fungsi dan tempatnya masing-masing. Namun, dalam beberapa keadaan membuat seseorang memiliki organ tubuh yang tumbuh di tempat yang tidak wajar.



Berita aneh tapi nyata terbaru kali ini, bukanlah organ yang tumbuh sejak lahir, melainkan terjadi karena beberapa hal.

Kecelakaan dan penyakit menjadi faktor yang menyebabkan seseorang kehilangan organ ataupun fungsinya.

Bagian tubuh tertentu dengan sengaja ditumbuhkan di bagian tubuh lain sebagai proses pengobatan. Apabila organ tersebut sudah tumbuh sebagaimana mestinya, maka organ itu bisa diambil dan ditransplantasikan.

Berikut ini adalah cerita orang unik yang mengalami memiliki organ tubuh tumbuh di area tubuh lain dan di tempat yang tidak lazim:

Daun telinga di tangan

Telinga seharusnya merupakan bagian dari kepala, lantas bagaimana bisa daun telinga ini justru tumbuh di tangan?

Dokter yang berada di Johns Hopkins sukses membuat organ telinga tumbuh di tangan seorang wanita berusia 42 tahun, Sherrie Walters.

Wanita ini kehilangan daun telinganya disebabkan sakit kanker dari tahun 2008 yang disebut basal cell carcinoma.

Sakit inilah yang membuat daun telinga kirinya harus terpaksa diamputasi begitu pula dengan sebagian area tengkorak kepalanya, termasuk telinga.

Keberhasilan dokter ini menjadikan Sherrie sebagai orang pertama yang berhasil menumbuhkan telinga dari tulang rawannya sendiri. Tulang rawan ini didapatkan dari tulang rusuk Sherrie.

Sesuai prosedur eksperimental, daun telinga buatan itu harus dibiarkan berada di bawah kulit sampai akhirnya tumbuh selama kurang lebih empat bulan, baru setelah itu telinga dapat ditransplantasikan.

Baca juga: Wanita Meninggal Dengan Tersenyum Padahal Kisah Hidupnya

Tangan di kaki

Tangan dan kaki merupakan anggota gerak pada tubuh. Tempatnya sangatlah terpisah di mana kaki terletak di bagian bawah, sedangkan tangan di bagian tubuh atas.

Namun, hal unik terjadi pada Ming Li berusia 9 tahun di mana lengannya berada di kaki. Dulunya, dia pernah mengalami kecelakaan parah dengan traktor pada tahun 2010 hingga membuat tangannya terputus.

Kerusakan tangan yang begitu parah membuat dokter harus menempatkan tangan di kaki kanannya selama 3 bulan. Setelah itu, tangan tersebut akan disambungkan kembali ke bagian yang wajar.

Dr. Hou Jianxi dari rumah sakit di Zhengzhou mengatakan jika perkembangan tangannya ini cukup baik dan darahnya bisa mengalir dengan normal melalui tangan.

Tengkorak kepala di dalam perut

Seorang wanita bernama Jamie Hilton mengalami kecelakaan begitu parah yang membuatnya mengalami pendarahan dan pembengkakan di bagian otaknya.

Para dokter menyelamatkan nyawanya dengan melakukan hal yang begitu ekstrim. Para dokter mengamputasi setengah tengkorak sekaligus otaknya untuk nanti ditanam di bagian perut.

Bagian tengkorak dan otaknya ini harus ditanam selama 42 hari terlebih dahulu di dalam perut hingga nanti dapat dipasang kembali di kepala.

Cara ini memungkinkan tulang tersebut tetap steril sekaligus juga agar dapat menghentikan pembengkakan yang terjadi pada otak.

Setelah 42 hari, dokter memasang kembali tengkorak mantan ratu kecantikan ‘Miss Idaho’ tahun 2009 ini dengan sekrup titanium.

Beruntungnya, proses kesembuhan berjalan dengan baik. Jamie merasa bahwa dirinya mendapatkan kesempatan kedua untuk hidup.

Hidung di dahi

Seorang pria China yang bernama Xialon harus berlapang dada dalam menerima kenyataan bahwa dirinya memiliki hidung tambahan di dahi.

Xialon pernah mengalami kecelakaan hingga mengganggu, bahkan merusak fungsi hidung aslinya. Paparan infeksi yang terjadi pada hidungnya membuat hidung tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Para dokter bedah di Rumah Sakit Fuzhou memutuskan untuk menanam hidung kedua untuk menggantikan fungsi hidung aslinya. Hidung barunya ini akan ditransplantasikan ke tempat yang seharusnya jika waktunya sudah tepat nanti.

Para dokter mengambil sebagian tulang iga dari Xialon untuk hidung barunya itu kemudian menanamnya di jaringan kulit bagian dahi.

Jika hidung sudah tumbuh sempurna maka akan dipindah ke tempat yang wajar. Inilah cerita unik tapi fakta mengenai organ tubuh tumbuh di area tubuh lain.

Tanduk iblis

Orangtua dari George Ashman harus menerima jika anaknya memiliki tanda kelahiran yang unik.

Kini Ashman sudah berusia 6 tahun dengan tanda lahir bernama hemangioma, tanda lahir tersebut mempunyai ciri khas berwarna merah terang yang nampak seperti sebuah benjolan.

Benjolan tersebut ialah pembuluh darah lembut aneh yang tidak normal.

Para dokter berusaha untuk menghilangkan tanda tersebut melalui penanaman dua ‘tanduk’ didahinya. Tanduk yang ditanamkan ini terlihat seperti tanduk iblis.

Dokter berusaha menanamkan 2 jaringan ekspander ke bagian bawah kulit agar kulit di bagian dahi melebar secara perlahan.

Apabila kulit dahinya sudah melebar maka dokter dapat mengambil bagian kulit yang kelebihan di bagian atas tanda berwarna merah di kepala tersebut.

Tanda lahir yang unik tersebut dapat ditutup dengan kelebihan kulit sehingga George Ashamn dapat tumbuh menjadi anak yang normal.

Menumbuhkan 180 derajat kaki

Kanker tulang osteosarkoma yang dialami Dugan Smith menyebabkan kakinya terbalik. Kanker ini menyerang bagian paha sehingga para dokter harus menyelamatkan Dugan dari keganasan kanker ini.

Bagian paha hingga lutut Dugan harus dipotong. Betis kakinya harus naik menjadi paha dan pergelangan kaki sebagai lutut dengan telapak kaki menghadap ke belakang, bukan depan.

Kini, Dugan memiliki kaki kanan dengan tinggi yang sebatas lutut dan menghadap belakang. Hal ini memudahkan Dugan dalam menggunakan kaki palsu berupa prosthetic.

Jadi, meskipun Dugan memiliki keterbatasan dalam bergerak, namun ia berhasil menaklukkan penyakit kanker yang diidapnya.

Jari di perut

Jari seharusnya berada di tangan dan berjumlah 5 untuk satu tangan. Hal tidak wajar dialami oleh Wang Yongjun yang memiliki jari di perut.

Pria berusia 20 tahun itu pernah tanpa sengaja mengalami kecelakaan kerja sehingga membuat tangan kiri dan jari tengahnya terputus karena terpotong gergaji listrik.

Bagian jari ini terpotong begitu panjang, namun dokter tidak memotong sisa jari yang masih ada.

Malahan sisa jari yang tanpa sengaja terpotong itu ditempelkan di bagian perut supaya nantinya dapat tumbuh lagi.

Teknik ini bertujuan untuk menormalkan sirkulasi darah ke jari yang sudah terluka sekaligus memperbaiki bagian terluka itu.

Dokter melakukan operasi dengan melekatkan jarinya yang terputus ke perut Wang dengan harapan otot dan kulit baru dapat terbentuk disekitarnya.

Kecelakaan menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang kehilangan fungsi atau bagian dari tubuhnya, begitu juga dengan penyakit seperti kanker.

Namun, dengan kemajuan teknologi medis yang begitu pesat dan kompetensi dokter yang terus berkembang membuat hal tersebut dapat diatasi.

Para dokter dapat menyatukan kembali bagian tubuh yang terputus, tidak berfungsi atau keadaan lainnya. Meski terpaksa harus membuat organ tubuh tumbuh di area tubuh lain.

Para dokter itu akan berusaha untuk membuat pasien dapat hidup dengan organ yang masih bisa berfungsi dengan normal.

Berbagai cara atau metode dapat dilakukan oleh dokter sesuai dengan keadaan masing-masing pasien. Jadi, sudah sepantasnya jika kita bangga terhadap perkembangan di dunia medis ini.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: