Mickey Mouse Mencapai Usia yang Ke-90

Tahun ini, Mickey Mouse mencapai usia yang ke-90 dan tentu saja, ia masih merupakan karakter paling populer di dunia. Sebuah jajak pendapat juga menemukan jika Mickey Mouse lebih dikenal daripada Sinterklas. Sebagai perusahaan hiburan nomor satu di dunia, Disney berhak bangga untuk memiliki Mickey Mouse. Semua generasi pasti menyukai film, taman bermain, resor, dan barang dagangan mereka. Pada 2017, perusahaan, yang juga memiliki lima studio film, kapal pesiar dan waralaba di bidang media ini, memiliki pendapatan global sebesar 41 miliar poundsterling. Tetapi si pencipta, Walt Disney sendiri tidak meragukan hutang yang dimiliki oleh Mickey Mouse.

“Saya hanya berharap bahwa kita tidak pernah melupakan satu hal, bahwa semuanya dimulai dari seekor tikus.” Sebut Walt Disney suatu waktu.

Ikon kartun yang amat dicintai semua orang tersebut telah melakukan perjalanan yang cukup panjang. Awalnya dia memulai hidup sebagai kelinci yang disebut Oswald, tetapi Walt Disney, yang saat itu masih bekerja di Universal Pictures, menemukan bahwa dia telah kehilangan hak atas karakter tersebut. Walt Disney mengungkapkan, pada tahun 1948 Mickey Mouse muncul dalam imajinasinya ketika bencana terlihat tepat di depannya, dan dia takut kehilangan segalanya.

Walt Disney pernah mengatakan: “Dia muncul dari pikiran saya, kemudian berpindah ke sebuah buku gambar 20 tahun yang lalu, di sebuah perjalanan kereta api dari Manhattan ke Hollywood, ketika kekayaan bisnis saudara saya, Roy dan saya berada di titik terendah.”



Transformasi Oswald dari kelinci ke tikus, dibantu oleh teman lama Walt Disney – animator Ub Iwerks – yang membuat telinganya menjadi diperkecil dan dan dibuat bulat, sehingga memudahkan animator untuk menggambar. Walt Disney awalnya menamai karakter tersebut sebagai Mortimer Mouse. Namun istrinya, Lillian, tidak pernah menyukai itu dan memohon padanya untuk mengubahnya menjadi Mickey Mouse.

Mickey Mouse menjadi sensasi instan setelah muncul pada bulan November 1928 dalam kartun pendek Steamboat Willie. Acara tersebut ditampilkan di Teater Colony New York, sebelum film utama dan menyebabkan sensasi nyata, terutama karena ini juga merupakan salah satu kartun pertama yang berhasil menyinkronkan animasi dengan suara. Dan ketika popularitas Mickey Mouse melonjak, penampilan melalui layar juga ikut melonjak. Dalam beberapa bulan, serangkaian celana pendek Mickey Mouse pun dirilis – semua berasal dari ide Walt Disney sendiri.

Baca juga: Sejarah Unik Tokoh Kartun

Mickey Mouse menjadi karakter kartun pertama yang berbicara “Hot dogs” di The Karnival Kid tahun 1929. Tiga tahun kemudian, Disney memenangkan Oscar karena menciptakan Mickey Mouse. Rekannya, Minnie Mouse, yang juga memulai debutnya di Steamboat Willie, juga kemudian berada di sisinya. Selama bertahun-tahun, sekelompok teman-teman Mickey pun berkembang, hingga mencakup Donald Duck, Goofy, serta Pluto.

Pada tahun 1935, animator Fred Moore memperpendek hidung Mickey untuk membuatnya lebih imut serta memberinya sarung tangan putih untuk membedakan tangannya dari tubuh hitamnya. Dan ini menjadi karakter Mickey Mouse yang kita kenal hari ini.

Disney kemudian memenangkan 22 Oscar. Dan marketing yang luar biasa telah membuatnya lebih terkenal. Ada barang dagangan Mickey dan klub penggemar untuk anak-anak yang menarik lonjakan di Amerika. Taman hiburan Disneyland pun kemudian dibuka di California pada tahun 1955. Kemudian acara TV Mickey Mouse Club memiliki bintang-bintang anak yang dikenal sebagai Mouseketeers dan meluncurkan karier untuk bintang muda saat itu: Justin Timberlake, Britney Spears dan Ryan Gosling. Topi hitam dengan telinga tikus yang dikenakan oleh Mickey  pun menjadi barang yang sangat populer.

Pada tahun 1978, Mickey menjadi karakter fiksi pertama yang mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame. Dan pada tahun 1988, ia kembali lagi dalam film komedi hit Who Framed Roger Rabbit.

Selama bertahun-tahun, merek dagang Disney pindah dari animasi dongeng, seperti Bambi dan Lion King, untuk mendominasi lanskap budaya populer dengan rilis baru film Star Wars dan film superhero, Marvel. Namun Mickey tetap menjadi duta Disney, hingga di usianya yang mencapai 90 tahun saat ini.

Jejak sejarah Mickey Mouse

1928 – Artis Ub Iwerks memodifikasi karakter kelinci Oswald, mengubahnya menjadi Mickey Mouse dan mulai bekerja pada kartun Mickey pertama yang diproduksi oleh Walt Disney.

1928 – The Colony Theatre di New York memulai debut film Mickey Mouse Steamboat Willie sebelum fitur utama Gang War. Ini juga menjadi debut suara Mickey dengan Minnie Mouse, yang tidak disebutkan namanya, sebagai lawan mainnya.

1930 – Teater Mickey Mouse Club pertama resmi dimulai di Fox Dome Theatre di Ocean Park, California. Mickey muncul di strip komik, buku-buku dan mainan tentang dirinya dibuat.

1931 – Lebih banyak film Mickey Mouse yang dirilis. Pluto untuk pertama kalinya diperkenalkan dalam film The Moose Hunt, dan Donald Duck dalam buku The Adventures of Mickey Mouse.

1934 – General Foods membayar $ 1,5 juta untuk menempatkan Mickey Mouse di bagian depan paket sereal Post Toasties, membuatnya menjadi karakter berlisensi pertama yang muncul di kotak sereal.

1935 – Film Technicolor Mickey Mouse pertama dirilis Band Concert. Dia bermain sebagai seorang konduktor yang berjuang untuk mengendalikan para musisi.

1940 – Mickey membuat debut film pertamanya di Fantasia, yang memperkenalkan suara stereo dengan biaya $ 2,28 juta.

1946 – Seorang pengisi suara, Jimmy McDonald mengambil alih peran Walt Disney sebagai pengisi suara Mickey Mouse.

1955 – Disneyland dibuka di atas lahan seluas 160 are bekas kebun jeruk di Anaheim, California.

1966 – Walt Disney meninggal pada 15 Desember akibat radang paru-paru, sepuluh hari setelah ulang tahunnya yang ke-65. Abunya dikebumikan di Forest Lawn Memorial Park di Glendale, California.

1971 – Disney World dibuka di Florida. Salah satu atraksi pertama adalah atraksi musik animatronics Mickey Mouse Revue.

1978 – Mickey mendapatkan bintang emasnya sendiri di Walk of Fame Hollywood Boulevard. Dia adalah karakter fiksi pertama yang diberikan kehormatan utuk bintag emas tersebut.

1983 hingga 2018

1983 – Setelah tiga dekade, Mickey kembali ke bioskop di film pendek Mickey’s Christmas Carol. Disney Cable Channel juga diluncurkan.

1988 – Mickey kembali di layar lebar untuk cameo di Who Framed Roger Rabbit. Karakter Bugs Bunny dari Warner Brothers juga ada dalam film ini. Kedua perusahaan menuntut setiap karakter menerima jumlah waktu layar yang sama, hingga detik terakhir.

1989 – Mickey mendapatkan uangnya sendiri di taman hiburan Disney bernama Disney Dollars.

2006 – Mickey melangkah ke abad 21 dengan efek CGI melalui Mickey 3D, dan muncul di acara TV barunya Mickey House Club.

2017 – Tikus favorit kita muncul di Mickey and the Roadster Racers, serial TV anak-anak animasi komputer yang diproduksi oleh Disney Television Animation.

2018 – Disney mendedikasikan tahun ini untuk merayakan ulang tahun ke-90 Mickey Mouse. Tema yang diusung adalah “Many Happy Return”.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: