Mengenal Piala Dunia Dari Sejarah Hingga Penyelenggaraannya Pada Tahun 2022

Mengenal Piala Dunia Dari Sejarah Hingga Penyelenggaraannya Pada Tahun 2022

Baik perempuan dan pria pasti tidak asing dengan Piala Dunia FIFA walaupun mereka bukan penggemar sepak bola. Piala Dunia FIFA adalah kompetensi sepak bola terbesar yang sangat dinanti-nanti, dimana perlombaan yang dilakukan secara internasional ini diikuti oleh tim yang berada dianggota FIFA yang merupakan organisasi sepak bola dunia.

Perlombaan ini dilaksanakan setiap 4 tahun sekali dimulai dari tahun 19130, kecuali pada tahun 1942 dan 1946 karena terjadi Perang Dunia II. Juara Piala Dunia saat ini adalah negara Jerman yang memenangkan pertandingan di Brasil pada tahun 2014.

Format pertandingan ini adalah dalam 1 bulan terdapat 32 tim yang bersaing memperebutkan juara di gelanggang olahraga yang disediakan oleh tuan rumah. Tahap kualifikasi akan dilaksanakan dalam 3 tahun menjelang Piala Dunia. Acara ini merupakan kompetensi olahraga yang banyak ditonton dan ditunggu lebih dari acara Olimpiade, jadi tidak heran jika setiap penyelenggaraannya Piala Dunia selalu memberikan kejutan yang menarik.



World Cup
World Cup

Sejarah Piala Dunia FIFA

Pada tahun 1904 FIFA didirikan sebagai badan penyelenggara kompetensi sepak bola antarnegara khusus di luar program Olimpiade yang mulai digelar pada tahun 1906 di Swiss.

Menurut FIFA turnamen ini adalah sebuah kegagalan tetapi dimaklumi karena pada saat itu FIFA baru saja terbentuk. Pada tahun 1909 diadakan turnamen Lipton di Torino yang merupakan asal dari Piala Dunia.

Dimana turnamen ini merupakan kompetensi yang timnya mewakili satu negara.  pada saat Presiden Jules Rimet memimpin, FIFA mulai menyusun penyelenggaraan kompetensi sepak bola internasional yang terpisah dari acara Olimpiade.

Karena itu pada tahun 1928 tepatnya 28 Mei, FIFA mulai memutuskan untuk menyelenggarakan turnamen sendiri. Dimana Uruguay ditetapkan sebagai tuan rumah.

Dimana pada saat itu kesulitan yang dihadapi adalah melakukan perjalanan antar benua. Dimana beberapa tim Amerika Selatan tidak bisa berangkat menuju Eropa pada tahun 1934  dan 1938.

Piala Dunia pada tahun 1942 dan 1946 yang akan digelar di Jerman dan Brasil dibatalkan karena pecahnya Perang Dunia Ke II. Pada tahun 1950 Piala Dunia diadakan di Brasil dan mulai diikuti oleh negara Britania yang keluar pada tahun 1920.

Pada tahun 1982 peserta perlombaan menjadi 24 tim dan ditambah pada tahun 1998 menjadi 32 tim.



Proses pemilihan tuan rumah

Piala dunia selalu dipilih melalui kongres FIFA dimana Amerika Selatan dan Eropa merupakan pusat utama. Pada tahun 1958 FIFA mulai menerapkan sistem tuan rumah yang secara bergiliran untuk Eropa dan Amerika.
Untuk Piala Dunia 2002 mulai diselenggarakannya acara ini di Asia yang diselenggarakan oleh
Korea Selatan dan Jepang sehingga menjadikan Piala Dunia pertama yang tuan rumahnya lebih dari satu.
Saat ini proses pemilihan tuan rumah dilakukan dengan cara pemungutan suara oleh Komite Eksekutif FIFA dengan menggunakan surat suara lengkap.

Piala Dunia FIFA

Penyelenggaraan Piala Dunia 2022

Untuk Piala Dunia 2022, Qatar dipilih sebagai tuan rumah penyelenggara. Walaupun terjadi pemutusan hubungan diplomatik beberapa negara akibat tudingan Qatar mendukung teroris. Sehingga hal ini tentu memberikan efek yang sangat luas termasuk dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Tetapi menurut FIFA acara ini akan terus berjalan karena FIFA adalah organisasi yang berhubungan dengan sepak bola dan tidak ikut campur masalah geopolitik asal kawasan tersebut aman walaupun terdapat krisis politik.
Dan itulah pembahasan tentang Piala Dunia FIFA.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: