Masoem University, Universitas Swasta Baru di Bandung

Artikel Unik – Bagi warga Bandung, kini hadir lagi sebuah universitas baru bernama Masoem University. Meski baru diresmikan pada 9 April 2019 lalu oleh Kemenristekdikti, namun manajemen universitas ini telah lama berkecimpung di dunia pendidikan.

Pendiri sekaligus rektor dari Masoem University adalah Ir. H. Dadang Muhammad Ma’soem telah mendirikan Yayasan Al-Ma’soem yang berkecimpung di dunia pendidikan sejak tahun 1986. Awalnya hanya ada TK, SD, SMP, SMA, dan sekolah tinggi. Baru saat 2019 yayasan ini mengembangkan pendidikan tinggi berupa universitas.

Selain lembaga pendidikan formal Yayasan Al-Ma’soem juga memiliki lembaga pendidikan non-formal berupa Pesantren Siswa Al-Ma’soem (PSAM), kursus komputer & bahasa (LPK & LPB), bimbingan belajar, dan kursus animasi. Jadi, dapat dikatakan yayasan ini sudah sangat berpengalaman dalam dunia pendidikan dan mumpuni untuk berperan sebagai penyelenggara universitas.

Saat ini, Masoem University yang terletak di Jalan Raya Cipacing Nomor 22, Jatinangor. Universitas ini memiliki 4 fakultas yaitu, Fakultas Bisnis Islam, Fakultas Komputer, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Untuk jurusannya, universitas ini merupakan salah satu kampus dengan jurusan agribisnis di Bandung, ada juga jurusan S1 perbankan syariah, S1 sistem informasi, D3 manajemen informatika, D3 komputerisasi akuntansi, S1 pendidikan bahasa Inggris, S1 bimbingan konseling, hingga S1 jurusan teknologi pangan di Bandung.



Untuk biaya kuliahnya, meskipun tergolong universitas swasta, yayasan Al-Ma’soem tidak terlalu tinggi membebani biaya kuliah. Persemesternya, peserta kuliah hanya perlu membayar uang semesteran sebesar 4 jutaan saja. Tentunya sangat murah dan terjangkau untuk ukuran universitas swasta masa kini.

Baca juga: Bisnis Online

Selain itu, biaya masih dapat dikurangi lagi sebanyak 10 persen apabila mahasiswa mendaftar sebelum 4 Agustes 2019. Ada juga tambahan potongan biaya 10 persen yang berlaku bagi mahasiswa yang merupakan anak dari guru, memiliki sertifikat kursus di Al-Ma’soem, penduduk asli Cipacing atau Bojongloa, putera ulama atau pengurus DKM, membawa undangan beasiswa pendidikan Al-Ma’soem, pernah meraih ranking 1 selama SMA, memiliki nilai UN tertinggi di sekolah asal, pernah menjadi pengurus OSIS/MPK, memiliki prestasi di bidang seni, olahraga, IMTAQ, dan IPTEK.

Masoem University, Universitas Swasta Baru di Bandung

Dengan demikian, hampir dapat dikatakan bahwa bonus potongan ini dapat diterima beragam anak dari berbagai macam kalangan. Dengan biaya kuliah yang sudah murah dan potongan-potongan harga menggiurkan, yakin tidak mau mencoba kuliah di Masoem University?

 

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: