32 Ide Bisnis Online Terbaik 2019 yang Menguntungkan

Artikel Unik – Saat ini bisnis online terbaik 2019 memang sedang banyak dicari, apalagi perkembangan jenis usaha ini makin meningkat seiring berjalannya waktu. Bahkan pada tahun 2018 lalu, menurut data yang didapat dari Kemenkominfo, nilai bisnis online di Indonesia sudah mencapai 12 miliar dolar AS berkat tingginya para pengguna internet tanah air yang mencapai lebih dari 90 juta orang. Tingginya pengguna internet ini tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi dan mencari informasi, namun juga untuk berbisnis online.

Beberapa contoh bisnis online yang populer di Indonesia seperti membuka online shop, berjualan di marketplace hingga bisnis e-commerce. Tidak bisa dipungkiri kalau potensi bisnis online di Indonesia sangatlah besar sebab mulai banyak masyarakat yang punya akses mudah ke internet dan bebas berbelanja atau berbisnis. Dan kalau Anda salah satunya yang tertarik menjalankan bisnis ini, maka berikut beberapa ide atau daftar bisnis online apa yang menguntungkan.

Ide bisnis online terbaik 2019 dengan berjualan produk barang

Sama seperti jika Anda berjualan secara offline, ada 2 jenis usaha yang bisa dijalankan yaitu berjualan produk barang dan jasa. Dalam bisnis online pun, Anda juga bisa menawarkan produk berupa barang maupun jasa. Untuk produk jualan online paling laris saat ini, yaitu:

  1. Produk fashion

Berjualan barang-barang fashion saat ini menjadi salah satu bisnis online terbaik 2019 karena target pasarnya besar baik pria maupun wanita pada usia berapa pun, bahkan anak-anak. Banyak orang saat ini sering melihat-lihat produk fashion secara online, ketimbang beli langsung di toko offline. Beberapa contoh produk fashion laris manis saat ini seperti fashion busana muslim, aksesoris, pakaian anak, tas, dompet, dan sebagainya.



  1. Produk kecantikan

Terutama wanita sangat memperhatikan soal penampilan wajah dan tubuh. Produk wanita memang barang paling laku dijual di internet seperti produk kecantikan ini. Item kecantikan yang dapat diperjual belikan secara online tidak hanya sebatas make up saja, namun juga jenis produk kecantikan lainnya seperti: pemutih kulit, obat jerawat, masker wajah, pelangsing tubuh, perawatan rambut, body lotion, dan masih banyak lagi.

  1. Produk gadget

Berkat kemajuan dunia digital, maka semua orang akan terhubung dengan gadget. Tidak hanya produk barang berupa smartphone sangat laris di pasaran saat ini, namun juga produk-produk gadget lainnya untuk hobi dan bersenang-senang. Contohnya seperti PC komputer, laptop, tablet, kamera digital sampai produk gadget seperti drone dan fidget spinner. Produk aksesoris gadget pun juga jadi ikut-ikutan laku dan bisa Anda perjual belikan di dunia online.

  1. Produk kesehatan dan vitalitas

Produk-produk kesehatan dan vitalitas saat ini juga makin merajalela karena memang menghasilkan keuntungan besar. Tidak heran produk ini jadi salah satu bisnis online terbaik 2019 yang lagi digandrungi. Produk-produk tersebut bisa berupa produk herbal untuk kesehatan ataupun obat vitalitas bagi pria dewasa. Beberapa jenis produk yang banyak dijual saat ini seperti obat pelangsing tubuh, penambah berat badan, produk herbal kecantikan wanita dan produk herbal khusus pria dewasa.

  1. Produk rumah tangga

Rupanya produk rumah tangga juga banyak yang mengincar, apalagi kalau sedang promo murah. Produk ini begitu laku di toko online atau marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan sejenisnya. Beberapa produk bisnis online alat rumah tangga yang sangat laku di internet antara lain seperti: sprei, kompor gas, blender, pemanggang roti, mesin jahit mini, dan sebagainya.

  1. Produk makanan

Produk-produk makanan yang paling laris manis dijual secara online biasanya jenis makanan kekinian. Memang tidak semua jenis makanan dapat dijual lewat online karena kadaluwarsanya yang cepat. Tapi masih ada beberapa jenis makanan lainnya yang dapat dijual dan dengan masa kadaluwarsa yang lama, contohnya seperti: frozen food, snack atau makanan ringan, produk bahan minuman dan aneka macam cookies.

  1. Produk lucu dan unik

Produk-produk yang unik, lucu sekaligus aneh ternyata juga banyak yang mencari di internet. Memang rata-rata produk-produk semacam ini sering diimport dari luar negeri, tapi banyak sekali distributor Indonesia yang menjualnya kembali di pasaran tanah air. Beberapa produk yang paling sering diperjual belikan antara lain: mug unik, dompet lucu, lampu tidur unik, jepit rambut unik, aksesoris perhiasan lucu, dan masih banyak lagi.

  1. Produk mainan anak-anak

Produk mainan anak saat ini mendapat perhatian lumayan besar dalam karena ada banyak ragam jenis mainan yang disukai anak. Apalagi mainan dalam bentuk edukasi yang paling sering dibelikan orang tua untuk anak mereka. Selain itu, rata-rata harganya bervariasi dan kebanyakan memang terjangkau. Beberapa produk yang bisa dijual antara lain seperti mainan action figure, keterampilan, alat musik, dll.

  1. Produk musiman

Produk ini merupakan salah satu produk yang laku, namun hanya di musimnya saja. Jika musimnya sudah berakhir, maka peminat produk ini biasanya langsung menurun drastis. Namun tidak ada salahnya melihat peluang dan mejualnya di pasaran online. Contoh produk musiman antara lain aksesoris hari raya seperti pernak-pernik Natal, pernak-pernik berbau Kpop, dll.

  1. Produk olahraga

Produk olahraga mungkin memang tidak memiliki target pasar yang cukup besar, hanya beberapa kalangan saja. Namun, produk olahraga seperti aksesoris sepak bola nyatanya sangat laris di pasaran, seperti kaos seragam, alat olahraga dan sejenisnya. Apalagi saat ini olahraga tidak hanya dilakukan untuk kesehatan, namun juga hobi dan gaya hidup seperti yoga dan Muay Thai sehingga alat-alat olahraga yang berhubungan juga laris.

Itulah beberapa produk bisnis online terbaik 2019 jika Anda tertarik berjualan barang. Selain barang, tentunya ada jenis bisnis jasa yang dapat dijalankan dan sama-sama memberikan keuntungan tak kalah besar dari produk barang.

Ide bisnis online terbaik 2019 dengan berjualan produk informasi, teknologi dan aplikasi

Tidak hanya produk berupa barang saja yang dapat Anda perjual belikan. Selain produk berwujud fisik seperti di atas, ada juga produk dalam bentuk non-fisik, contohnya seperti informasi dan aplikasi. Memang tidak dibutuhkan barang dalam bentuk fisik, namun produk semacam ini ternyata juga tak kalah laku di pasar online. Beberapa contoh produknya, antara lain seperti:

  1. Produk domain website

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengindetinfikasi IP address atau alamat server komputer di internet. Dengan nama domain unik maka akan memudahkan pencarian pada mesin pencari. Memilih nama domain sendiri juga penting sehingga mesin pencari dapat menampilkan nama website yang dibuat dengan mudah. Saat ini sudah ada banyak pelaku bisnis baik dalam dan luar negeri menawarkan domain unik.

Jika Anda tertarik maka Anda juga bisa memulai bisnis online terbaik 2019 ini dengan cara membuat daftar nama-nama domain yang prospektif dan unik sebanyak mungkin. Setelah itu Anda bisa memasarkan di beberapa forum digital jual beli seperti pasardomain.com, flippa.com, webdiskus.com dan Ads.id.

  1. Produk e-book, video dan audio

Ini adalah salah satu contoh produk berupa informasi yang dikemas dalam bentuk buku digital seperti e-book (electronic book) yang bisa didownload. Selain e-book, ada juga yang sering memperjual belikan produk informasi dalam bentuk audio dan video. Contohnya informasi tutorial cara melakukan teknik SEO, membangun website, video menjadi vlogger yang terkenal, info teknik digital marketing, video atau audio teknik olahraga, cara menurunkan badan, dan masih banyak lagi.

Produk semacam ini sekarang dirasa jauh lebih praktis daripada membeli buku yang berwujud fisik. Dan memang saat ini ada banyak orang yang niat beli buku informasi bentuk digital karena isinya lebih mendalam daripada artikel di website/ blog dan panduannya juga lebih terstruktur. Lagipula tidak semua orang punya waktu untuk menggali semua informasi di internet sehingga mereka lebih suka yang dikemas semua dalam bentuk buku digital, audio dan video. Bisnis online terbaik 2019 ini cukup prospektif dan menguntungkan.

Jika Anda niat dan tertarik jual produk ini, maka bisa mengikuti tips berikut untuk memulainya:

  • Pertama-tama Anda harus punya suatu bidang/ keahlian terlebih dahulu sehingga dapat menawarkan informasi berupa ilmu pengetahuan yang memadai.
  • Coba cari hal apa yang paling banyak ingin orang ketahui atau cari tentang bidang tersebut.
  • Setelah itu, tinggal buat produk e-book, video atau audio mengenai solusi, tips, dan sebagainya tentang topik yang paling banyak dicari dari bidang itu.

Ada 2 cara untuk memasarkan produk ini, pertama Anda bisa membuat website tutorial sendiri seperti online shop dimana orang yang sudah bayar bisa mengunduh langsung di website Anda. Kedua, Anda dapat memasarkannya lewat marketplace seperti situs:

  • Ratakan dan Jualio yang merupakan marketplace untuk situs Indonesia
  • Gumroad, Guides.co, Clickbank untuk situs asing serta ada situs publish e-book sendiri dari Amazon yaitu KDP (Kindle Direct Publishing).

Disarankan jika ingin jual dengan website sendiri kalau sudah memiliki reputasi dan produk yang berkualitas.

  1. Produk affiliate

Anda tidak perlu susah payah untuk mencari barang kemudian dijual lagi atau menyetok barang karena berjualan produk affiliate berarti kita hanya mempromosikan barang orang lain. Model bisnis online terbaik 2019 ini dikenal juga sebagai affiliate marketing. Intinya kita membuat suatu rekomendasi atau promo produk punya orang lain dan saat ada orang yang beli produk tersebut karena rekomendasi dari Anda, maka Anda akan memperoleh komisi.

Cara memulainya seperti berikut:

  • Pertama-tama silahkan mendaftarkan diri ke beberapa atau salah satu dari affiliate network seperti: Amazon, Clickbank, Warriorplus, Envato dan JVZoo.
  • Kemudian pilihlah produk affiliate yang ingin dipromosikan. Jika Anda sudah punya blog/ website, maka pilihkah produk yang sesuai dengan tema website Anda.
  • Silahkan buat konten promosi atau rekomendasi dari produk tersebut baik dalam bentuk teks, gambar, hingga video. Konten bisa berupa review produk secara jujur, konten perbandingan produk, dll.
  • Di dalam konten Anda tersebut, biasanya nanti akan diberi link yang menuju langsung ke iklan produk yang dimaksud. Dan jika pengunjung tertarik beli produk tersebut atas rekomendasi dari Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Cara ini dirasa lebih menguntungkan daripada bisnis online pay per click (PPC) yaitu komisi per klik iklan karena rata-rata komisi bisnis affiliate jauh lebih besar. Dengan jumlah pengunjung yang sama, Anda bisa mendapatkan lebih banyak komisi. Sayangnya mendorong orang untuk membeli suatu produk tertentu memang jauh lebih susah daripada mendorong orang untuk mengklik iklan yang ditayangkan di website Anda. Selain itu, penyedia jaringan affiliate domestik di Indonesia juga tidak banyak, sehingga mau tidak mau Anda harus menawarkan dalam bahasa Inggris.

  1. Produk informasi video Youtube (Youtuber)

Youtuber yang berdiri sejak tahun 2009 dan kini makin meledak telah menjadi salah satu sumber penghasilan utama bagi beberapa orang terlebih mereka yang disebut Youtubers. Penghasilan yang diperoleh dengan mengunggah konten video berupa informasi apa saja di Youtube tidak main-main. Bahkan beberapa selebriti youtuber yang sudah terkenal dan memiliki banyak subscribers bisa menghasilkan ratusan juta dalam sebulan. Contohnya seperti Ria Ricis atau Atta Halilintar sebagai youtuber lokal, maupun PewDiePie sebagai youtuber dari luar negeri. Tidak mengherankan jika youtuber jadi salah satu bisnis online terbaik 2019 yang menjanjikan.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis ini? Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Pertama-tama jelas Anda harus memiliki sebuah akun Youtuber, silahkan mendaftar dan melakukan registrasi.
  • Saat membuat akun channel Youtuber, silahkan isi deskripsi channel dan lakukan monetasi pada channel Anda.
  • Selanjutnya silahkan buat dan upload video yang tidak melanggar hak cipta. Menjadi youtuber harus konsisten dan memang butuh proses untuk mendapatkan banyak subscriber.
  • Jika video Anda banyak ditonton dan mulai banyak orang yang mensubscriber akun Anda, maka nanti Anda bisa mendapatkan penghasilan melalui iklan atau Adsense yang ditayangkan. Tiap iklan yang diklik maupun iklan yang ditayangkan akan menambah komisi Anda, sementara pihak Youtube akan memotong 45% dari total yang dihasilkan.

Anda bisa membuat berbagai macam video di Youtube, carilah niche/ topik yang memang Anda kuasai. Topik tersebut bisa berupa video tutorial seperti cara make up, video travelling atau jalan-jalan, video kuliner seperti Mukbang, video berita, video komedi, dan sebagainya. Bagi youtuber pemula, sebaiknya jangan focus dulu pada banyaknya subscriber, bangun dulu kualitas video Anda dan dari sana secara otomatis akan mulai banyak orang mau menonton dan mensubscribe channel youtube Anda.

  1. Produk software

Jika memiliki keahlian di bidang IT seperti pemrograman, maka Anda bisa coba menjual dan mengembangkan sebuah software. Anda bisa membuat sebuah software yang dikenal dengan SaaS (Software as a Service). Ini bisa jadi alternatif yang bagus jika Anda malas menawarkan jasa.

Menjadi software developer dengan membuat SaaS dimana Anda bisa membangun sebuah website terlebih dahulu kemudian penggunanya akan membayar dengan model subscription atau langganan. Dan pengguna dapat mengaksesnya dimana pun asal ada koneksi internet. Beberapa contoh dari SaaS antara lain Salesforce, Google Apps, Dropbox, Cisco WebEx, MTARGET, dan masih banyak lagi.

Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online terbaik 2019 dalam bentuk SaaS ini?

  • Memastikan bahwa software yang mau dibuat bermanfaat bagi orang lain. Misalnya bangunlah software yang bisa menyelesaikan permasalahan atau untuk suatu solusi.
  • Setelah itu mulai buatlah sebuah software, Anda dapat membuat suatu software yang sederhana terlebih dahulu.
  • Bangun website dan perkenalkan software yang Anda buat pada website tersebut.

Tentunya dibutuhkan digital marketing untuk memasarkan produk software Anda agar semua orang tahu. Anda juga bisa membuat software game untuk dimainkan di smartphone. Anda bisa menjual software buatan sendiri di Playstore.

  1. Produk foto bebas royalty

Saat seseorang memposting konten tertentu di blog atau website mereka, maka kadang mereka membutuhkan sebuah foto atau gambar cantik untuk menemaninya. Sayangnya kebanyakan gambar yang ada di internet seperti yang Anda cari melalui Google Image mengandung royalty dari sumber aslinya sehingga tak bisa dipakai sembarangan tanpa ijin pihak pemilik asli.

Salah satu cara untuk mendapatkan foto yang bebas royalty mungkin dengan memotret sendiri. Namun tidak semua orang memiliki kamera bagus atau tahu cara menghasilkan jepretan yang baik. Di lain sisi, sewa fotografer juga mahal. Sebagai solusinya, maka lebih baik ‘membeli’ foto yang bebas royalty atau royalty free.

Contohnya seperti stock desain grafis namun ini dalam bentuk foto yang diunggah oleh fotografer profesional dan diupload untuk diperjual belikan di internet. Ini merupakan bisnis online terbaik 2019 yang cocok bagi seorang fotografer profesional atau mereka yang memiliki hobi fotografi. Anda bisa mengupload hasil karya foto Anda di beberapa situs marketplace yang menjual berbagai macam gambar royalty free, seperti: Fotolia, FreeDigitalPhotos, ShutterStock, Etsy dan IStockPhoto. Mereka yang akan membeli hasil karya Anda diharuskan membayar dan setelah itu baru bisa mengunduh foto tersebut dengan kualitas high resolution.

  1. Produk desain kaos

Anda tidak menjual kaos, namun hanya desain kaosnya saja yang Anda jual. Ini adalah bisnis online tanpa modal atau modal kecil yang cocok bagi Anda yang punya kemampuan menggambar atau mendesain kaos. Anda dapat membuat suatu desain unik yang berbeda dari gambar desain kaos kebanyakan di pasaran, lalu menjualnya. Jika laku, Anda dapat menjual lebih dari 150 buah dalam sehari. Intinya Anda tidak perlu repot-repot mencetak dan menyablon kaos baru kemudian dijual. Anda hanya perlu memasarkan desain Anda secara online sehingga lebih praktis daripada cara jual kaos biasa.

Anda bisa menjual desain-desain kaos Anda misalnya di Teespring. Ini sebuah situs crowfunding dimana Anda bisa membuat dan mengupload desain kaos orisinil. Nanti jika desain kaos yang Anda upload laku, maka Teespring-lah yang akan mencetak kaos tersebut dan mengirimkannya kepada si pembeli. Lebih simpel, kan? Sebetulnya tidak hanya kaos saja yang dijual di sana, namun Anda juga bisa menghasilkan desain untuk case ponsel, sarung bantal atau desain fashion lainnya seperti legging.

Sayangnya website tersebut hanya menjual produk-produk mereka di luar negeri yaitu Amerika dan Anda akan mendapatkan komisi dalam bentuk dollar. Teespring memang dapat mengirim kaos ke semua Negara, namun biaya pengirimannya lebih mahal. Solusi agar bisa menjual ke orang Indonesia adalah website Tees.co.id dengan harga per kaos bervariasi.

Agar bisa berjualan di Tees.co.id maka Anda harus membayar biaya produksi dan administrasi sebesar Rp 100 ribu per kaos. Jadi Anda perlu menarget harga jual di atas harga tersebut untuk mendapatkan selisih atau margin keuntungan, misalnya Rp 129 ribu seperti yang direkomendasikan oleh situs tersebut. Selain kaos, website ini juga menawarkan desain untuk jaket, tas kanvas, totebag, varsity, hoodie, tas serut, mug, bottle, poster, jam tangan, topi, notebook, poster, postcard, dan sebagainya. Lumayan untuk bisnis online terbaik 2019 bagi Anda yang punya kemampuan mendesain.

  1. Produk website dengan keanggotaan premium

Bisnis ini juga berhubungan dengan membangun sebuah website, namun dengan keanggotaan yang sifatnya berbayar. Website tersebut haruslah memiliki konten-konten unik dan premium yang bermanfaat bagi orang sehingga ada orang yang mau mendaftar di website Anda. Dan website ini hanya dapat diakses oleh mereka yang sudah membayar biaya keanggotaan baik per bulan ataupun per tahun.

Bagi yang tidak terlalu mempunyai keahlian IT, bisa membuat sebuah website sederhana, yang penting isi kontennya bagus. Anda tinggal membuat website/ situs dari WordPress kemudian menambahkan plugin baik yang berbayar atau yang gratis. Contoh plugin yang berbayar atau premium Simple Membership dan WishList Member sedangkan yang gratis seperti  s2Member atau Ulimate Member yaitu plugin gratis namun dengan Addon berbayar.

Cara membuat website membership bisa dilakukan seperti:

  • Mengaktifkan layanan registrasi user di wordpress terlebih dahulu.
  • Setelah itu buatlah paket atau layanan berlangganan
  • Pilihlah konten yang aksesnya dibatasi dan hanya anggota yang sudah mendaftar serta membayar saja yang bisa mengaksesnya.

Untuk model keanggotaannya, Anda bisa mencontoh beberapa situs membership terkenal seperti:

  • SmartInsights, dimana ada konten yang hanya dapat diakses oleh anggota yang sudah membayar membership per bulan.
  • StackThatMoney, merupakan situs berbasis komunitas dimana hanya anggota yang sudah membayar biaya membership per bulan boleh mengakses komunitas tersebut dan berbagi informasi serta pengetahuan hingga diskusi langsung.
  • WPSites, dimana anggota yang sudah membayarlah yang hanya dapat melakukan tanya jawab dengan mastah-mastah.

Itulah beberapa contoh website keanggotaan yang cukup populer. Anda pun bisa memulai Ini bentuk bisnis online terbaik 2019 ini.

  1. Produk audio online

Bagaimana sebuah audio dijual? Ternyata tidak hanya aplikasi atau software saja yang bisa dijual, bagi Anda yang punya kemampuan dalam bidang sound engineering juga bisa menjual produk audio lewat pasar online. Apakah laku?

Tentu saja! Apalagi untuk mereka yang butuh produk musik digital. Audio ini juga bisa digunakan untuk banyak hal, contoh sederhananya seperti musik di website. Ada beberapa situs yang menyematkan musik dan akan langsung main ketika ada seseorang yang mengakses situs tersebut. Ada pula yang membutuhkan audio unik untuk mendampingi presentasi mereka hingga hanya sekedar untuk ringtone smartphone.

Salah satu tempat yang cukup populer untuk jualan produk audio contohnya seperti Audiojungle. Di sana Anda bisa berjualan berbagai macam jenis audio seperti orang tertawa, suara bayi, efek suara binatang dan lain sebagainya. Selain berjualan audio berupa efek saudara, Anda dapat berjualan musik seperti musik disko, rock, dll. Cukup gunakan software pembuat audio untuk membuatnya.

Dan perlu Anda tahu bahwa harga jual di pasaran untuk audio ini bisa lebih mahal daripada foto. Harganya berkisar antara $1 – $73 hanya untuk 1 buah audio berlisensi saja. Memang agak mahal, tapi harganya bisa bersaing dengan harga template website.

  1. Produk tools/ aplikasi desktop

Selain berjualan website atau template, Anda yang memang jago pemrograman atau coding dapat membuat sebauh tools atau aplikasi untuk dipasang di website desktop. Tools ini nanti dapat didownload untuk digunakan orang lain di website/ blog mereka. Anda yang tidak punya kemampuan coding pun, cobalah cari partner yang memiliki keahlian tersebut.

Contoh salah satu tools yang sangat populer dan paling sering digunakan yaitu tools untuk optimasi media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Misalnya, tools untuk auto delete message, auto like, auto post, auto add friend, dll. Buatlah fitur-fitur tools yang menarik dan kembangkan ide sendiri. Kalau bisa yang unik untuk mengoptimasi website desktop dan memang diperlukan riset pasar untuk memulainya.

Ide bisnis online terbaik 2019 dengan berjualan jasa servis/layanan

Selain berjualan barang, di dunia online Anda juga dapat berjualan jasa atau layanan. Beberapa contoh jasa yang sangat laku antara lain:

  1. Jasa membuat artikel konten website/ blog

Konten untuk website/ blog amat penting jika Anda ingin menaikkan peringkat situs di mesin pencarian Google sehingga trafik pengunjung pun juga diharapkan akan ikut naik karena banyak yang meng-klik. Konten ini digunakan untuk marketing bagi para pelaku bisnis yang berjualan di website/ blog/ toko online mereka. Sayangnya tidak semua orang punya waktu untuk membuat konten website tersebut. Itulah sebabnya Anda bisa mengambil peluang jualan jasa ini.

Content marketing telah diakui sebagai metode pemasaran online terbaik. Namun banyak orang yang tidak sempat atau tidak tahu cara melakukannya. Anda dapat menawarkan jasa pembuatan artikel konten bagi website atau blog. Persiapan terpenting yaitu Anda harus tahu cara membuat artikel yang menarik hingga membuat konten dengan format SEO yang benar.

  1. Jasa digital marketing

Secara singkat, digital marketing adalah usaha memasarkan atau mengiklankan produk lewat internet. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa produk yang dijual online saat ini sangat banyak dan sekarang malah lebih cepat laku daripada jualan offline dengan pemasaran konvensional. Contohnya seperti marketing melalui televisi, radio, brosur, spanduk, baliho, dsb.

Kini, iklan digital lebih populer dan banyak digunakan sebab dirasa lebih hemat biaya dan mudah menjangkau target pasaran. Ditambah lagi iklan digital rata-rata bisa dilakukan secara gratis hingga dengan biaya super minim. Itulah sebabnya jasa agen digital marketing dapat jadi peluang bisnis online terbaik 2019 bagi Anda yang bisa dikerjakan bahkan tanpa modal. Tentunya Anda butuh keterampilan dan mempelajari Teknik-teknik digital marketing terlebih dahulu. Beberapa jasa digital marketing antara lain: jasa marketing di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter, jasa marketing dengan membuat video di Youtube, jasa menaikkan trafik website/ blog jualan, dsb.

  1. Jasa pembuatan dan pengembangan website

Kalau Anda memang memiliki keahlian di bidang pembuatan dan pengembangan website, maka tidak ada salahnya memulai usaha ini. Anda bisa memasarkan jasa Anda tersebut secara online lewat media sosial atau membangun website pribadi hingga menggunakan marketplace seperti situs untuk freelancer (projects.co.od atau upwork.com). Di beberapa situs tersebut ada banyak para freelancer menawarkan jasa membuat dan mengembangkan website sesuai dengan harga bervariasi bagi kebutuhan toko online, web resmi perusahaan, dsb. Keuntungan menawarkan bisnis online terpercaya ini yaitu Anda bisa menjangkau baik pasaran domestik maupun internasional dengan mudah.

  1. Jasa konsultan online

Jaman dahulu kebanyakan konsultasi memang dilakukan dengan bertemu muka langsung. Namun sekarang konsultasi bisa dilakukan tanpa batasan waktu dan tempat karena memanfaatkan teknologi digital. Anda bisa memanfaatkan video call dan aplikasi chatting atau messenger untuk menjalankan usaha ini.

Beberapa contoh jasa konsultan online yang saat ini sangat laku berkaitan dengan konsultasi bisnis dan investasi. Misalnya investasi dalam bidang emas, properti dan saham. Ada pula jenis-jenis konsultasi di bidang digital advertising, konsultasi kesehatan, konsultasi hubungan rumah tangga dan percintaan, dsb. Intinya topik konsultasi yang ingin Anda tawarkan tergantung keahlian Anda. Selain dilakukan secara online dalam bentuk video call dan chatting, Anda juga bisa sekalian menerbitkan e-book dan video berupa tutorial dan tips.

  1. Jasa kursus online

Kini kursus tak hanya dapat dilakukan secara tatap muka secara offline, namun juga online sehingga dapat menjangkau mereka yang ada di luar negeri. Model kursus seperti ini sedang banyak dipasarkan karena praktis dan tidak merepotkan harus pergi ke luar dan mendatangi kelas.

Suasana kelas online bisa dilakukan dengan membuka kelas online secara live, menonton video tutorial yang dibagikan, hingga menjalankan sesi tanya jawab dengan peserta kursus. Keuntungan dalam menjalankan bisnis ini yaitu Anda bisa mendapatkan jumlah peserta/ murid lebih banyak karena tidak dibatasi tempat dan waktu sehingga jenis jasa ini merupakan bisnis online terbaik 2019 yang begitu menguntungkan. Ada beberapa platform di internet yang dapat Anda coba untuk memasarkan kursus online seperti teachable.com, udemy.com dan skillshare.com. Dan beberapa contoh kursus online yang paling banyak dicari saat ini yaitu kelas kursus digital marketing dan SEO.

  1. Jasa SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan teknik untuk membuat website Anda berada di halaman pertama dan peringkat atas mesin pencari seperti Google. Kini bisnis jasa SEO makin banyak dibutuhkan oleh para pelaku usaha mulai dari kalangan perusahaan hingga UKM. Jasa ini sangat membantu agar website mereka mendapatkan trafik tinggi dengan berada di halaman pertama mesin pencarian.

Jika ingin membuka bisnis ini maka Anda harus tahu teknik-teknik SEO untuk mengoptimasi website supaya lebih mudah ditemukan mesin pencari. Misalnya teknik riset kata kunci/ keyword yang harus dibidik, optimasi struktur website, content marketing, backlink, Google analytics, dan masih banyak lagi.

  1. Jasa copywriter

Peluang bisnis online terbaik 2019 di bidang penulisan seperti copywriter ini terbuka sangat lebar. Apalagi saat ini banyak pelaku usaha melakukan digital marketing melalui media online seperti medsos. Copywriter merupakan penulis teks yang bertujuan untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk. Tidak semua pelaku usaha mampu membuat teks atau kalimat-kalimat menarik agar orang tertarik membeli dan di sinilah peran seorang copywriter.

Intinya copywriter adalah salesman dalam huruf. Dengan kata-kata yang tepat, maka 2 produk yang sama bisa mendapatkan respon yang berbeda. Jasa copywriter online biasanya dibutuhkan pada landing page/ halaman penjualan website, AdWords, YouTube Ads, Facebook Ads, konten media sosial, konten e-mail marketing dan konten website. Pendapatan seorang copywriter bahkan lebih besar daripada penulis konten biasa sebab tidak semua orang punya skill khusus copywriting.

  1. Jasa translator

Masih di dalam bidang penulisan, menjadi translator juga merupakan salah satu jasa layanan yang dapat diperjual belikan. Misalnya saja Anda menjadi seorang penerjemah bahasa Indonesia ke Inggris dan sebaliknya atau bahasa-bahasa lain seperti bahasa Jepang dan bahasa Mandarin. Memang ketiga translator bahasa tersebut yang paling banyak dicari.

Memang menjadi translator non-profesional akan mendapatkan penghasilan tidak setinggi translator yang bekerja di perusahaan, namun masih bisa dijadikan ide bisnis online terbaik 2019 dengan pendapatan sampingan lumayan. Anda bisa menjual keahlian berbahasa asing Anda di beberapa situs terpercaya seperti sribulancer.com dan freelancer.com.

  1. Jasa membuat aplikasi mobile

Aplikasi desktop mungkin sudah biasa, namun sekarang orang lebih suka menggunakan berbagai aplikasi di smartphone mereka karena terkesan lebih praktis. Ada banyak sekarang aplikasi mobile yang bisa didownload baik secara gratis maupun berbayar seperti di Playstore. Tidak ketinggalan para pelaku usaha khususnya perusahaan membuat aplikasi mobile demi memajukan efisiensi dan efektivitas kegiatan transaksi jual beli produk mereka sekaligus usaha marketing dan sharing informasi.

Anda yang punya keahlian dalam membuat aplikasi bisa mencoba melakukan bisnis ini. Anda bisa membuat aplikasi SaaS/ layanan mobile atau membuat aplikasi game mobile yang banyak digrandrungi anak muda. Bagi yang tidak punya keahlian programming yang begitu dalam, tetap bisa mengusahakannya dengan membuat aplikasi game kecil-kecilan. Anda tinggal beli source code/ template dari sebuah aplikasi dan ganti saja desain dan teksnya. Gampang, kan?

  1. Jasa virtual assistant/ asisten virtual

Pekerjaan seorang asisten virtual sangatlah banyak dan dapat mencakup berbagai macam hal, contohnya seperti: desain grafis, penulis, editing, riset, copywriting, input data, programming, dll. Bisnis ini menawarkan jasa asisten yang biasanya bekerja dengan 1 orang untuk pekerjaan yang berulang-ulang. Contohnya jika Anda jadi asisten virtual dalam bidang desain grafis, maka Anda bisa dibayar per jam kerja. Besarnya tergantung dari kerumitan pekerjaan dan spesialisasi. Anda bisa mulai mencoba menjadi freelance asisten virtual dengan menawarkan jasa tersebut di marketplace seperti project.co.id dan sribulancer.com untuk marketplace domestik dan upwork.com untuk marketplace asing dengan pembayaran dollar.

  1. Jasa desain grafis/ graphic design

Penghasilan seorang jasa desain grafis bisa lumayan banyak tergantung dari pengalaman, portofolio dan proyek yang dikerjakan. Desainer profesional dapat digaji per jam kerja ataupun per proyek. Anda bisa menjalankan jasa pembuatan logo perusahaan atau desain iklan berupa gambar. Beberapa marketplace yang membuka peluang freelance seorang desainer grafis antara lain seperti: Envato Marketplace. Ini adalah pasar digital online yang menawarkan wadah untuk jual beli karya-karya para desainer grafis. Selain itu juga ada marketplace seperti sribu.com, fiverr.com dan 99designs.com untuk menawarkan kemampuan mendesain Anda. Bisnis online terbaik 2019 dengan modal kecil ini bisa mencakup baik klien dalam negeri maupun luar negeri.

  1. Jasa online writer/ penulis online

Penulis online atau online writer bisa dikerjakan secara freelance. Ini merupakan bidang bisnis online tanpa modal yang bisa dijalankan karena Anda hanya butuh kemampuan untuk menulis serta meluangkan waktu. Jasa ini menawarkan tulisan yang sudah jadi untuk langsung dijual atau membuat artikel sesuai pesanan klien.

Ada banyak orang yang butuh artikel untuk mengisi website mereka supaya lebih mudah berada di posisi atas mesin pencarian. Artikel bisa mencakup banyak hal dari artikel konten biasa, artikel marketing hingga artikel affiliate. Sebagai pemula, Anda bisa mulai dengan membuka jasa penulisan artikel bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan tarif per kata. Misalnya Rp 15 ribu untuk 500 kata atau $5 untuk 1.000 kata. Jika sudah banyak pengalaman dan lama berjalan, maka Anda dapat menaikkan tarif tersebut.

Beberapa website yang menawarkan wadah bagi para penulis online atau freelance writer antara lain yaitu Freelancer Indonesia dan Sribulancer. Ada pula beberapa website tempat Anda bisa memosting artikel orisinil kemudian dibayar seperti di Babe, Vebma dan JalanTikus.

Itulah berbagai macam contoh bisnis online terbaik 2019 di bidang layanan atau jasa yang bisa Anda tawarkan kepada individu maupun perusahaan dan pelaku bisnis. Selain daftar bisnis online di atas, sebenarnya masih banyak sekali jenis usaha online yang dapat dijalankan, misalnya berbisnis uang digital seperti Bitcoin atau trading online yang dikenal dengan forex.

Beberapa sistem atau cara berbisnis online yang sering digunakan

Setelah Anda menentukan bisnis online terbaik 2019 seperti apa yang ingin Anda buat, maka Anda juga perlu tahu sistem berbisnis online yang paling banyak digunakan saat ini. Sistem tersebut antara lain seperti:

  1. Berjualan di marketplace

Sistem pertama yang paling mudah dan praktis adalah jelas berjualan melalui marketplace yang sudah tersedia di internet. Beberapa marketplace yang paling banyak digunakan yaitu Lazada, OLX, Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan sebagainya. Jika ingin berjualan produk di luar negeri, Anda bisa memanfaatkan eBay. Setiap marketplace memiliki karakternya masing-masing, misalnya seperti Shopee yang lebih banyak pembeli wanita dibandingkan pria. Kemudian ada pula OLX yang lebih laku untuk menjual berbagai macam barang bekas alias second.

Keuntungan dalam berjualan di marketplace tersebut adalah 100% gratis, selain itu Anda hanya perlu menyediakan produk apa yang mau dijual tanpa perlu repot membangun toko online atau website jualan sendiri dari awal. Kelemahannya, Anda perlu waktu agar lapak akun marketplace Anda dikenal banyak orang sebagai penjual terpercaya.

Selain itu, ada beberapa marketplace yang menerapkan sistem rekening bersama (rekber), dengan sistem ini maka penjual baru bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan produknya setelah mendapatkan konfirmasi barang sampai dari pembeli. Jika belum maka penjual butuh waktu lama untuk menerima uang tersebut hampir sebulan lamanya.

Tips supaya jualan Anda laku di marketplace, yaitu:

  • Buatlah nama akun toko yang mudah diingat sekaligus unik.
  • Sebaiknya menggunakan logo untuk foto profil akun toko Anda agar lebih kelihatan profesional.
  • Enable semua jasa ekspedisi yang tersedia di kota Anda karena variasi jasa ekspedisi juga bisa mempengaruhi keputusan untuk beli produk Anda atau tidak.
  • Buatlah deskripsi produk yang jelas serta pakai foto asli agar lebih dipercaya pembeli.
  • Tawarkan harga yang bersaing dari pembeli lainnya, apalagi jika Anda menjual produk yang sama.

Paling penting adalah Anda harus fast respons, jika tidak bisa menjawab chat pembeli maka berikan jam buka toko di marketplace Anda. Contohnya dari jam 8 pagi hingga 4/ 5 sore. Banyak calon pembeli yang lebih memilih toko Anda meski harga produk mahal, sebab mereka memilih layanan yang baik dibandingkan membayar murah tapi layanannya buruk.

  1. Berjualan lewat media sosial

Selain berjualan di marketplace, menggunakan sistem jual beli di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dsb) juga menjadi trend bisnis online terbaik 2019 paling populer. Justru cara ini tidak seribet berdagang di marketplace dan Anda juga tinggal membuat akun secara gratis.

Anda bisa berjualan banyak hal di media sosial, tidak sebatas produk-produk barang atau fisik seperti contoh produk di atas, namun juga produk non-fisik lainnya. Anda bisa menjual produk Anda sendiri atau bisa juga produk orang lain. Caranya dengan memakai sistem stok barang atau dropship. Penjelasannya sebagai berikut:

  • Sistem stok barang:

Memang banyak kelemahan dalam berjualan online dengan sistem stok barang. Salah satunya jika barang tidak laku dan Anda tidak bisa mengembalikan barang yang sudah distok ke produsen pertama. Anda terpaksa merugi karena sudah mengeluarkan uang untuk membeli stok barang tersebut. Lain halnya jika barang tersebut hanya titipan atau Anda bisa mengembalikan barang yang tidak laku ke penjual/ produsen pertama. Dari awal harus ada perjanjian atau deal yang jelas mengenai hal ini.

  • Sistem dropship

Sistem ini dirasa lebih menguntungkan dan lebih kecil resikonya apalagi bagi pebisnis online pemula. Hal ini karena Anda tidak perlu repot menyetok barang. Ini juga bisa menjadi bisnis online terbaik 2019 tanpa risiko dan tanpa modal. Anda hanya perlu memasarkan produk jualan tersebut.

Cara kerjanya sederhana, Anda hanya perlu mencari supplier terpercaya yang menawarkan sistem dropship. Nanti jika ada pembeli yang mau membeli produk supplier tersebut melalui Anda, maka supplier asli akan langsung mengirimkan barang tersebut atas nama Anda kepada si pembeli dan Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual di pasar dikurangi harga untuk dropshipper. Ada pula sistem dimana supplier akan menentukan harga, kemudian Anda tinggal melakukan markup alias menaikkan harga produk tersebut saat akan dijual ke pembeli lain. Dari sana didapatlah keuntungan.

Kelemahan dari sistem ini yaitu margin keuntungan yang didapat lebih kecil daripada Selain itu, karena Anda tidak bisa melihat kualitas barangnya langsung maka ada risiko barang yang diterima pembeli tidak sesuai harapan dan ujung-ujungnya mereka jadi kecewa dengan toko online Anda.

Sistem bisnis online terbaik 2019 mana yang sebaiknya dipilih? Mengenai hal tersebut Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. Tentukan berdasarkan besar keuntungan yagn diperoleh serta kemudahan dalam menjual produknya.

  1. Berjualan di website toko online sendiri

Sebaiknya sistem ini dilakukan jika bisnis Anda sudah memiliki nama dan reputasi yang cukup besar. Karena berjualan dengan membangun toko online sendiri tidaklah mudah, apalagi melakukan pemasarannya. Anda dapat berjualan produk di toko online sendiri, sambil terus menerus berjualan juga baik di media sosial maupun market place.

Kenapa seseorang sebaiknya harus tetap punya toko online atau website sendiri meski sudah berjualan di media sosial/ marketplace? Hal ini demi terciptanya branding produk Anda. Biasanya produk yang diperjual belikan pada website resmi sendiri akan naik pamornya di mata pelanggan.

Untuk membangun sebuah website toko online sendiri, maka Anda harus berusaha agar website berada di peringkat atas mesin pencarian seperti Google. Dari sana orang akan lebih banyak dan mudah mengklik website toko online Anda. Dibutuhkan kesabaran dan banyak teknik yang harus dilakukan seperti teknik SEO. Jika Anda tak punya keahlian tersebut, maka bisa meminta bantuan dari ahlinya saja, meski harus mengeluarkan sedikit biaya.

Berikut gambaran singkat jika ingin membuat website toko online sendiri:

  • Buatlah nama domain toko online Anda yang singkat, mudah diingat dan berhubungan dengan produk yang Anda jual. Misalnya jika Anda jualan produk fashion busana muslim, bisa membuat nama domain seperti: fashionhijab.com atau bajumuslimah.com dan sebagainya.
  • Cari dan beli web hosting yang terpercaya agar bisa online situs Anda.
  • Pakai platform untuk buat toko online seperti WordPress. Dan pilih template yang sederhana serta user-friendly.
  • Tambahkan berbagai plugin yang dibutuhkan. Anda juga bisa menyelipkan iklan berbayar untuk diposting di website toko online Anda atau tanpa iklan agar website tetap terlihat rapi dan profesional.

Kalau Anda tidak punya keahlian membangun dari awal, coba pakai beberapa platform seperti Shopify, Jarvis Store, WebPraktis dan WooCommerce.

  1. Berjualan dengan sistem langganan

Sistem ini sebenarnya masih belum banyak dilakukan oleh orang Indonesia, tapi di luar negeri sudah banyak orang yang berjualan online memakai sistem seperti ini, yaitu dengan sistem berlangganan. Caranya sederhana, pembeli berlangganan produk Anda dengan membayar paket berlangganan dan nanti produk akan dikirimkan langsung ke alamat pembeli per bulan atau per minggu. Sistem ini banyak digunakan oleh beberapa website seperti: Glassful (wine), LootCrate (produk unik untuk gamer), SnackCrate (snack dari berbagai Negara), dan sebagainya.

Contoh model jualannya seperti yang dilakukan oleh website SnackCrate dimana pembeli membayar paket snack yang dikemas di dalam box dan akan dikirimkan tiap bulan. Tiap bulan, produk snack dari Negara tertentu yang dikirimkan akan berbeda-beda sehingga pembeli dapat menikmati snack dari masing-masing negara per bulannya.

Kelemahan dari berjualan dengan sistem ini yaitu Anda harus mencari produk-produk yang sekiranya unik dan susah didapatkan dari tempat lain. Maka produk tersebut jelas akan lebih laku. Jika sudah menemukan produk tersebut sesuai kategorinya maka bisa dijual sekaligus dalam 1 kotak. Catatan tambahannya, akan lebih baik berjualan produk yang bisa langsung habis dalam waktu beberapa hari/ minggu sehingga pembeli mau terus menerus berlangganan tiap bulannya. Ini adalah bisnis online terbaik 2019 yang unik.

Contoh usaha online lainnya untuk dapat keuntungan

Masih bingung berbisnis online? Selain berjualan,sebetulnya masih ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online. Contohnya, dengan mengikuti kontes online. Ada banyak website yang suka mengadakan kontes online baik kontes fotografi, kontes desain, kontes SEO, kontes artikel konten, dan masih banyak lagi. Beberapa website yang sering mengadakan kontes berhadiah uang, antara lain seperti:

  • Topcoder
  • 99designs
  • Designcrowds

Anda yang jago desain bisa coba mengikuti kontes mendesain tersebut. Selain mengikuti kontes, ada juga berinvestasi online untuk mendapatkan keuntungan. Ini bisa jadi salah satu bisnis online terbaik 2019 tanpa perlu jualan apapun karena Anda cukup menginvestasikan sejumlah uang ke Lembaga-lembaga investasi yang pastinya sudah terpercaya. Salah satunya seperti iGrow.

iGrow merupakan startup lokal yang menghubungkan antara investor dengan pemilih lahan yang kosong dan butuh dana. Hanya saja iGrow ini lebih fokus ke investasi dalam bidang pertanian. Namun, Anda bisa menemukan banyak website investasi online sejenisnya di bidang lain yang sesuai minat Anda.

Bisnis online mana yang sebaiknya dijalankan?

Sebaiknya bisnis online mana yang sebaiknya dijalankan tergantung dari minat dan kemampuan Anda. Jika Anda tidak mau repot mengerjakan jasa, maka silahkan berjualan produk barang saja. Namun, jika Anda ingin berjualan sesuai kemampuan Anda, bahkan yang tanpa modal, maka silahkan berjualan produk jasa. Beberapa bisnis di atas juga cocok dijadikan usaha sampingan di samping kerja kantoran atau usaha utama offline Anda.

Itulah beberapa informasi mengenai bisnis online terbaik 2019 yang semoga bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk memulai sebuah usaha online agar mendapatkan penghasilan/ keuntungan.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: