Laki-Laki Memakai Lip Balm Apakah Kelihatan Tidak Macho?

Beberapa waktu lalu sempat viral berita mengenai wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno yang kedapatan mengoleskan lip balm di bibirnya ketika di sela wawancara. Kala itu Sandiaga sedang mendampingi Anies Baswedan. Sontak topik perbincangan tentang laki-laki memakai lip balm wajar atau tidak jadi trending warganet.

Sandiaga Uno sendiri ketika ditanya kenapa dirinya mengenakai lip balm, rupanya sang wakil gubernur punya alasan sendiri. Ia mengungkapkan bahwa kantornya menggunakan AC yang menyala terus sehingga bibirnya mudah kering. Bahkan Sandiaga tak malu mengatakan bahwa ia selalu menyediakan lip balm di pouch nya.

Memang lip balm sendiri biasanya selalu identik sebagai komestik perempuan. Makanya hal ini jadi buah bibir ketika Sandiaga Uno yang seorang pria memakai lip balm. Banyak tanggapan yang dilontarkan oleh warganet. Namun tidak sedikit juga yang justru merasa kagum kepada Sandiaga Uno. Banyak perempuan yang memberikan decak kagum kepada Sandi. Mereka berpendapat Sandiaga Uno merupakan contoh laki-laki baru yang mempromosikan kesetaraan gender. Tidak ragu pula pria kelahiran 1969 itu mengakui sering mengenakan masker bahkan meni pedi.

Apakah laki-laki memakai lip balm kelihatan tidak macho?

Perbincangan ramai mengenai wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno yang memakai lip balm di sela-sela wawancara, membuahkan berbagai pertanyaan. Salah satunya mengenai apakah laki-laki kelihatan tidak macho lagi kalau memakai lip balm. Pada umumnya, lip balm memang identik sebagai komestik kaum perempuan. Itulah sebabnya banyak warga yang merasa penasaran apakah laki-laki juga perlu memakai lip balm karena pada umumnya pria sangat jarang mengetahui manfaat dari penggunaan lip balm.



Stereotipe yang ada di masyarakat mengenai hanya perempuan yang mengoleskan lip balm, membuat banyak orang merasa pria kurang macho kalau ikut memakainya. Hal ini pun membuat para laki-laki jadi enggan menggunakan lip balm. Meski nyatanya, pria sama seperti wanita, juga memerlukan lip balm.

Manfaat lip balm sangatlah luar biasa bagi bibir kita. Itulah yang harus diperhatikan dan bukan mengenai apakah pria kelihatan macho atau tidak jika memakainya. Perlu diketahui bahwa lip balm mampu memberikan perlindungan terhadap sinar UV dari matahari. Produk ini juga mampu memberikan perlindungan terhadap bibir secara menyeluruh.

Penting untuk Anda ketahui bahwa menurut suatu penelitian, pria memiliki resiko tinggi terkena kanker kulit di bibir mereka. Kondisi yang kurang bersahabat seperti udara yang sangat dingin dapat mengeringkan bibir lebih mudah ketika tidak dilindungi.

Bahkan menurut seorang make up enthusiast bernama Alex Miller asal Amerika Serikat, dia mengatakan bahwa pria itu juga manusia biasa yang bisa mengalami bibir pecah-pecah dan kering ketika cuaca dingin. Miller juga menambahkan kalau di jaman modern ini, sudah banyak pria yang memakai make up dan jarang orang yang mempedulikan hal tersebut sekarang.

Pendapat lainnya mengenai laki-laki memakai lip balm

Pendapat lain juga diungkapkan oleh Priyanka Bedi dari brand Oriflame. Priyanka mengatakan bahwa tiap orang harus merawat kulit serta dirinya sendiri. Itulah sebabnya dibuat lip balm tanpa warna agar semua orang dapat memakainya. Tidak hanya perempuan namun juga laki-laki.

Itu berarti, tidak peduli Anda pria atau wanita. Yang harus menjadi fokus adalah mengenai manfaat dari pemakaian lip balm dan bukannya masalah macho atau tidak. Di jaman sekarang pun sudah banyak produk lip balm yang dapat dipilih sesuai keinginan dan dipakai oleh para pria.

Laki-laki memakai lip balm tidak akan membuat mereka jadi kurang maskulin. Hal ini juga diperkuat oleh pendapat dari seorang analitik bisnis dari Universitas Golden Gate, Chi Le, M.S.

“Menggunakan lip balm bagi lelaki sama saja seperti saat mereka mandi, menata rambut, atau merawat jenggot mereka. Ahi dalam merawat diri mereka sendiri tidak membuat mereka menjadi tidak maskulin,” kata Chi.

Baca juga: 10 Kebiasaan yang Merusak Kesehatan Ini Mungkin Sering Anda Lakukan Tanpa Sadar

Alasan mengapa pria juga butuh lip balm

Tidak hanya perawatan wajah, bibir pun juga perlu dirawat. Sayangnya, kebanyakan pria cenderung malu untuk melakukan perawatan bibir contohnya dengan memakai lip balm. Padahal merawat bibir sangatlah penting karena bisa melindungi dari sinar UV. Apalagi bagi pria yang bekerja di luar ruangan. Cuaca buruk dan efek sinar UV bisa membuat bibir kering serta pecah-pecah. Selain itu, dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit di bibir.

Laki-laki memakai lip balm sangatlah perlu sebab ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari itu. Apa saja manfaat pemakaian lip balm? Yang pertama, pemakaian lip balm dapat mencegah bibir pecah-pecah. Dan sebaiknya pilihlah lip balm yang bebas alkohol, pewarna, dan perasa karena kandungan ini bisa menyebabkan alergi.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, lip balm memberikan proteksi terhadap sinar UV. Lapisan luar bibir yang sangat tipis akan membuat bibir mudah terbakar. Selain itu, menggunakan lip balm juga dapat menyembuhkan bibir dengan cepat dari iritasi, pecah-pecah, dan retak-retak. Lip balm juga dapat membantu mencegah infeksi.

Rupanya, lip balm juga dapat mencegah kanker pada bibir. Gunakanlah lip balm yang terdapat sunscreen untuk mencegah kanker kulit akibat sinar UV. Dan apakah Anda tahu, menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, penderita kanker bibir lebih didominasi oleh pria dibandingkan wanita, 3:1.

Itulah sebabnya penting bagi pria juga memakai lip balm sebagai perlindungan dan pencegahan resiko terkena kanker kulit di bibir. Tidak perlu lagi merasa malu untuk menggunakan lip balm.

3 merek lip balm khusus pria

Mungkin pria biasanya akan merasa malu memakai lip balm. Padahal laki-laki memakai lip balm sangat dianjurkan karena punya banyak manfaat seperti yang telah dijelaskan barusan. Banyak orang yang menganggap lip balm hanya untuk wanita, padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sekarang banyak sekali merek lip balm yang juga bisa dipakai oleh para pria seperti berikut ini.

Ada lip balm dari produk The Body Shop, yaitu Vitamin E and The Hemp Lip Conditioner. Produk ini tidak berbau dan memiliki kandungan vitamin E yang menyehatkan. Selain itu juga ada merek lain seperti Vaseline. Kandungan lip balm buatan Vaseline dipercaya dapat membuat bibir tetap sehat. Yang terakhir adalah pabrikan Kiehls yaitu Moisturizing Lip Balm No Shine dimana bisa membantu bibir tetap lembab dan sehat. Produk ini juga hadir dalam lip gloss matte untuk pria.

Itulah berbagai contoh merek lip balm yang dapat dipakai bagi para pria. Sekarang, laki-laki memakai lip balm harus sudah dibiasakan untuk mendapatkan banyak manfaat. Bagi Anda laki-laki bisa memakai lip balm tanpa warna atau merek-merek rekomendasi di atas.

Mengenakan lip balm tidak seharusnya menjadi momok seperti merasa malu dan sebagainya. Dokter kulit pun juga setuju bahwa lip balm menjadi salah satu cara mengatasi bibir kering daripada menjilat bibir. Bahkan menjilat bibir justru menambah keparahan sehingga bibir makin kering.

Itulah berbagai informasi tentang pemakaian lip balm dan mengapa laki-laki memakai lip balm tidak masalah, justru direkomendasikan.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: