Kelebihan Tablet Dibanding Laptop atau Ponsel Pintar

Sejumlah Kelebihan Tablet Dibanding Laptop atau Ponsel Pintar. Sebenarnya, ada banyak kelebihan tablet selain dari segi ukuran. Sebagian besar orang menganggap kalau tablet diciptakan untuk menggantikan laptop, padahal gawai ini dibuat untuk memenuhi berbagai fungsi yang berbeda dari laptop. Dalam kata lain, tablet menawarkan pengalaman yang tidak akan kita rasakan saat sedang memakai laptop maupun ponsel pintar.

Mengusung sistem portabilitas, tablet memudahkan para pengguna untuk membawanya ke mana pun tanpa harus keberatan beban. Ada pun keunggulan tablet dibandingkan gawai lain, di antaranya:

  • Baterai yang dapat bertahan lebih lama

Untuk mendukung kinerja aplikasi atau program, baterai berkapasitas besar disematkan dalam sebagian besar tablet. Sehingga kita bisa melakukan kegiatan seperti berkomunikasi dengan klien, mengerjakan tugas, mendengarkan musik, hingga menyaksikan film tanpa harus mencemaskan pasokan daya. Akan tetapi, karena beberapa tablet dibekali dengan non-removable battery (baterai tidak bisa dilepas), kita tak tetap harus hati-hati saat mengisi baterai supaya tidak cepat rusak. Di sisi lain, baterai dengan kapasitas besar tidak akan menambah beban. Jadi tablet tetap terasa ringan.

  • Memudahkan tugas maupun pekerjaan

Ponsel pintar mungkin sudah dilengkapi fitur untuk membantu tugas atau pekerjaan, tapi ukuran layar yang terbatas kadang menyulitkan kita membaca teks atau menyimak presentasi. Namun, hambatan ini tidak akan kita rasakan kalau kita mempunyai tablet. Ukuran layar yang lebih besar dan resolusi tajam bakal memudahkan kita saat mengerjakan tugas maupun pekerjaan lainnya. Sejumlah perusahaan pun memanfaatkan tablet sebagai perangkat pendamping mereka. Komputasi dasar tablet pun lebih mudah dan cepat, sehingga membuatnya lebih efisien dibandingkan laptop.







  • Mengambil foto dengan kualitas terbaik

Kelebihan tablet pun terletak di sektor fotografi. Walau beberapa ponsel pintar sudah dibekali kamera canggih, tetapi kadang saat memotret, kita tidak bisa mengamati detail foto karena layarnya kecil. Hal ini tentunya tidak akan kita peroleh saat mengambil foto melalui kamera tablet. Layar yang lebih lebar akan mengoptimalkan kita saat hendak memotret. Kemudian bila ingin menyunting hasil pemotretan, kita tidak perlu memindahkan foto-foto tadi ke laptop, sebab kita bisa langsung mengeditnya di tablet dengan menggunakan aplikasi atau program editing photo.

  • Dijadikan sebagai perpustakaan e-book

Seperti halnya menyimak film, membaca buku elektronik atau e-book di ponsel kurang maksimal karena layarnya yang tidak sebesar ukuran buku fisik. Sementara itu, tablet mempunyai bodi yang hampir sama dengan buku cetak. Hal tersebut bakal membuat pengalaman membaca e-book terasa sebaik membaca buku yang sesungguhnya. Untuk para kutu buku, tablet dapat dijadikan perpustakaan ebook yang sangat menyenangkan. Tinggal siapkan ruang penyimpanan besar sebagai ‘rak’ penyimpanan buku elektronik tersebut supaya kita bisa menambah koleksi secara maksimal.

  • Teman mengasuh dan hiburan anak-anak

Banyak yang menganggap mengenalkan gawai seperti tablet kepada anak-anak sebagai tindakan gegabah. Nyatanya, tablet bisa memberikan faedah kepada anak selama kita tahu cara mengarahkan mereka untuk menggunakannya. Tablet ini bisa kita gunakan untuk teman dalam mengasuh sekaligus hiburan buat anak-anak saat di rumah. Isilah tablet dengan aplikasi khusus anak-anak dan buang aplikasi yang setidaknya kurang bermanfaat buat mereka. Selain itu, meski kita sudah mengisi tablet dengan program yang aman untuk anak, tetap awasi mereka saat sedang memakai tablet. Terutama kalau perangkat itu terhubung dengan internet.

Kelebihan Tablet Dibanding Laptop atau Ponsel Pintar

Ternyata tablet punya banyak keunggulan yang tidak disadari orang-orang, bukan?.
Semoga informasi tentang
 kelebihan tablet di atas membantu kita untuk menggunakan gadget dengan lebih baik dan bijak, ya!

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: