Sudut Pengambilan Gambar (Angle) Untuk Fotografi

Fotografi – Sudut pengambilan gambar dalam fotografi. Fotografi merupakan metode atau proses untuk menghasilkan foto dari sebuah objek dengan cara merekam proses pemantulan cahaya yang telah mengenai objek tadi dalam media yang peka terhadap cahaya. Teknik fotografi sendiri tidak hanya mengenai teknik menekan shutter saja. Fotografi bisa dikatakan sebagai seni yang cukup rumit. Teknik ini sebenarnya bukan sekedar hobi semata tetapi tentang inovasi karya dan rasa yang selalu tumbuh berkembang.

Tips Fotografi Untuk Pemula

Jika kita membeli kamera DSLR dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan kamera saku, dimana hanya sekedar untuk aktivitas jepret-jepretan semata tapi tidak ingin mengembangkan keahlian, hal ini tentu hanya pemborosan semata. Jika hanya sekedar untuk berfoto ria, tentu kita lebih baik memanfaatkan kamera saku atau kamera ponsel. Untuk itu, kita perlu mempelajari teknik fotografi secara bertahap. Untuk mempelajarinya, sebaiknya jangan langsung melangkah pada tahapan yang sulit dilakukan. Terlebih lagi bila Anda tidak mengetahui dasarnya dari mana.

Tips Fotografi Untuk Pemula



Sebelum berbicara tentang teknik pengambilan gambar dalam fotografi, para pemula tentu harus mempelajari beberapa hal berikut ini :

· Mengenal bagian-bagian kamera

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu mengenal semua bagian penting dalam kamera beserta fitur dan kemampuan kamera. Sebagai seorang fotografer, tentu sudah seharusnya kita menyatu bersama kamera. Anda harus mengenali dan mempelajari fungsi-fungsi setiap tombol di kamera.

· Menekan tombol shutter

Tombol shutter merupakan tombol yang ditekan saat pengambilan gambar. Cara menekan shutter dalam kamera DSLR tentu berbeda dibandingkan menekan tombol shutter tersebut dalam kamera saku, kamera ponsel maupun sekelasnya.

· Memahami exposure

Exposure bisa dikatakan sebagai nyawa fotografi. Dengan begitu sangat direkomendasikan untuk memahami dan menguasai segala hal yang berkaitan dengan teknik eksposur ini.

· Mengenal exposure triangle

Eksposure dibentuk berdasarkan 3 pengaturan atau tiga elemen yang dinamakan sebagai exposure triangle atau segitiga eksposur. Adapun 3 elemen tersebut diantaranya aperture, shutter speed, dan ISO.

· Mengenal lensa

Kamera terdiri atas bagian bodi dan juga lensa yang telah dihubungkan pada bodi kamera. Dalam hal ini, Anda harus mengenal berbagai jenis lensa, mengenal penjelasan kode-kode yang terdapat dalam kamera serta bagaimana cara memakai fokus yang terdapat dalam lensa.

· Teknik pengambilan gambar

Untuk pengambilan gambar yang tepat, tentu ada teknik-teknik tertentu yang harus dipahami oleh seorang fotografer. Aturan tersebut dinamakan sebagai type of shot atau teknik untuk pengambilan gambar.

· Mengenal Angle atau Sudut Pengambilan Gambar

Di samping teknik pengambilan gambar, fotografer pemula juga harus mengetahui berbagai macam angle.

· Mengenal fokus

Terbentuknya fokus tersebut didukung berbagai hal. Dimana Anda harus mengetahui berbagai faktor yang berkaitan dengan fokus. Seperti cara memakai fokus pada lensa, dan pengaturan titik area fokus atau AF point.

· Teknik motret dan settingan kamera

Terdapat beberapa settingan pada kamera yang wajib dikuasai. Hal tersebut berkaitan erat dengan pemotretan yang dihasilkan. Di samping itu, Anda juga harus mengetahui berbagai teknik dasar yang diperlukan dalam fotografi atau pemotretan, seperti mengenal berbagai macam jenis shooting dalam drive mode, mengenal light meter beserta fungsinya, mengenal picture style, white balance, mengenal simetri dan keseimbangan serta mengenal tentang aturan pertiga atau rule of thirds.

· Genre fotografi

Seperti halnya seni musik terdiri dari berbagai aliran atau genre, dunia fotografi pun mempunyai banyak genre fotografi.

Macam-Macam Teknik Pengambilan Gambar Fotografi

Angel atau sudut pengambilan gambar, memang sangat penting di bidang fotografi. Pengambilan gambar atau camera angle in adalah sudut pandang gambar yang mengabadikan objek tertentu pada sebuah teknik fotografi. Demi pengambilan camera angle ini, sebelumnya Kamu harus mengetahui dulu macam-macam teknik yang dapat digunakan dengan sebuah kamera. Jika kita mengambil objek yang tepat, maka sebuah shoot bisa menghasilkan gambar yang sempurna. Di bawah ini ada beberapa macam teknik pengambilan objek dalam fotografi, seperti berikut :

· Bird Eye View

Merupakan sudut pengambilan gambar yang dilakukan dari atas ketinggian mencakup bagian permukaan bawah yang luas hingga sedemikian rupa. Artinya yaitu pemotretan yang dilakukan di tempat yang letaknya sangat tinggi, seperti gambar yang menampilkan keseluruhan isi kota, seperti ramainya kendaraan, property perumahan, gedung tinggi, dan berbagai aktivitas lainnya di jalanan.

· Eye Level

Merupakan teknik pengambilan foto atau angle netral sehingga dinamakan juga dengan sebutan Normal angle. Dalam angle ini biasanya tingginya kamera ketika membidik mesti sejajar dengan objek atau subjek yang dibidik. Jika memotret seseorang biasanya bagian tubuh orang tersebut yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam mensejajarkan sorotan pada kamera yang subjeknya seperti di posisi kepala, tepatnya berada di area mata.

· Low Angle

Angle ini bisa dikatakan sebagai kebalikan High angle, yakni sudut pengambilan foto yang rendah, serta bila dipakai untuk memotret objek orang tertentu, dengan begitu tingginya sorotan pada kamera sendiri harus lebih rendah dibandingkan kepala objek orang tersebut. Hasil gambar memakai angle tersebut juga termasuk kebalikan high angle, yakni membesar di bagian kaki serta mengecil pada bagian badan hingga kepala.





· High Angle

Angle yang satu ini mempunyai karakter angle serupa dengan The Bird eye View, yakni memotret sebuah objek di atas ketinggian. Namun angle tersebut tidak seekstrim layaknya The Birds eye view. Jika digunakan dalam memotret orang, tingginya sorotan pada kamera mesti lebih tinggi dibandingkan posisi kepalanya. Dengan begitu, posisi kepala terlihat lebih besar dan membulat, selain itu ukuran badan terlihat mengecil hingga ke bagian kaki yang tampak meruncing.

· Canted Angle

Biasanya disebut juga sebagai Oblique Angle, yakni pemilihan sudut pengambilan gambar atau foto yang dimiringkan dengan sengaja. Umumnya angle ini dipakai agar bisa menghasilkan gambar yang unik.

· Frog Eye Angle

Angle ini mempunyai karakter angle serupa dengan karakter low angle, yakni sudut pengambilan foto yang rendah, namun tingkat kerendahannya bisa dikatakan lebih ekstrim. Dimana kamera yang digunakan untuk membidik objek hampir menyentuh tanah. Dengan begitu ketika memakai angle ini tak jarang fotografer pun harus melakukan tiarap ketika sedang memotret.

Itulah Beberapa Angle Fotografi

Sebagai pemula, selain harus memahami sudut pengambilan gambar Anda juga perlu mengetahui berbagai macam  teknik lainnya yang penting dipahami dalam dunia fotografi. Sebagai pemula, Anda mungkin termasuk fotografer yang menginginkan hasil karya fotografi yang handal yang dapat terpampang dalam majalah fotografi atau pameran online. Sebelum menuju tahapan tersebut, Anda tentu memerlukan pengetahuan lebih banyak mengenai fotografi.

Sangat disarankan bagi para fotografer pemula, untuk tidak langsung membeli perlengkapan fotografi yang mahal. Belajarlah dengan bertahap menggunakan kamera sederhana. Membeli peralatan fotografi yang canggih dan mahal tentu bisa Anda lakukan sesudah menguasai berbagai macam pengetahuan dasar mengenai fotografi. Selain mengenal berbagai macam sudut pengambilan gambar, tak ada salahnya selalu mencari referensi dan ide-ide dalam teknik fotografi.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: