Hati-Hati Gunakan Earphone, Ini Bahaya Yang Bisa Menimpa Siapa Saja!

Informasi Menarik – Hati-hati gunakan earphone, soalnya saat bersantai, berolahraga bahkan sedang mengemudi tidak sedikit orang yang mendengarkan musik dengan bantuan earphone. Padahal kerusakan permanen pada indera pendengaran ini bisa terjadi sebagai dampak negatif penggunaan perangkat ini. Lalu bagaimana cara aman menggunakan earphone?.

Sering Pakai Earphone Bisa Memicu Tuli, Benarkah?

Gangguan pendengaran bisa terjadi kalau seseorang tidak mengontrol penggunaan alat bantu pendengaran tersebut. Hal ini bisa terjadi karena keseringan memakaianya. Bisa juga karena mendengarkan suara musik yang terlalu keras. Jadi kedua hal ini harus diperhatikan, jika tidak ingin terkena bahaya dari earphone. Meskipun masih terbilang muda, seseorang juga bisa menderita kerusakan fungsi telinga secara permanen. Nah lho, makanya hati-hati gunakan earphone mulai saat ini ya…..

Lihat juga: Mau Solo Traveling Keluar Kota Dekat Jakarta



Desibel adalah satuan dalam pengukuran tingkat kekerasan suara. Risiko tuli jarang terjadi, kalau Anda hanya terpapar suara dengan tingkat 75 desibel. Meskipun paparannya relatif lama, ketulian sangat jarang terjadi. Nah, kalau paparan suaranya melebihi 85 desibel dalam durasi lama, dan sering kali dilakukan maka bisa mengakibatkan terganggunya sistem pendengaran. Ini perlu di ingat nih ya supaya lebih hati-hati gunakan earphone.

Jadi, kerusakan indera pendengaran bisa semakin cepat terjadi kalau mendengarkan suara yang sangat keras. Secara normal frekuensi untuk percakapan manusia hanya sebesar 60 desibel saja. Tahukah Anda berapa nilai desibel untuk suara yang dikeluarkan oleh earphone?. Kalau digunakan secara maksimal, perangkat ini bisa menyalurkan suara hingga 105 desibel. Wow!. Makanya hati-hati gunakan earphone Kamu.

Penting dipahami kalau paparan suara yang melebihi 85 desibel dengan durasi 8 jam bisa mengakibatkan terganggunya indera pendengaran. Bahkan bisa semakin parah dengan menderita ketulian. Kondisi serupa juga bisa diderita siapa pun, saat pemakaian earphone selama 15 menit tapi dengan tingkat kekerasan suara mencapai 100 desibel.

Kondisi buruk itu bisa dialami, sebab frekuensi suara yag berlebihan dan terus berulang dari perangkat musik bisa menyebabkan kerusakan pada koklea. Koklea adalah bagian penting di dalam telinga yang bentuknya seperti rumah atau cangkang siput. Nah, di dalam koklea inilah gelombang suara yang masuk akan berubah menjadi sinyal elektrik.

Sinyal tersebut akan ditransfer menuju otak. Jadi kalau rumah siput tersebut mengalami kerusakan. Maka telinga tidak bisa lagi untuk menanggung beban suaranya. Sehingga kerusakan fungsi indera pendengaran ini akan terjadi. Memang dampak buruk ini akan terjadi secara perlahan. Ini lebih bahaya kan, karena dampaknya tidak langsung cepat terjadi. Membuat kita mungkin tidak menyadarinya, jadi hati-hati gunakan earphone ya sobat.

Hati-Hati Gunakan Earphone, Kesehatan Telinga Itu Juga Penting!

Biasanya saat usia 20 tahunan akan mulai terasa gangguan pada sistem pendengarannya. Kalau tidak segera ditangani, maka risiko ketulian permanen bisa terjadi. Agar risiko buruk itu tidak menimpa Kamu, maka lakukan pencegahan secara tepat. Bagaimana caranya?.

Cara Pencegahan Ketulian Akibat Pemakaian Earphone

Selama ini Anda mungkin sering menggunakan earphone sebagai alat bantu dalam menikmati musik. Tanpa disadari ternyata risikonya sangat besar, kalau tidak cermat dalam memanfaatkannya. Nah, setelah mengetahui bahayanya pasti Anda tidak mau terkena imbasnya juga bukan?. Karena itu, ikuti anjuran beberapa cara pencegahannya berikut ini.

Perhatikan volumenya. Kalau suara earphone sampai didengar orang lain, berarti volumenye sudah melewati ambang batas normal. Jadi kurangi volumenya dan batasi durasi penggunaannya.

Terapkan metode 60-60. Jadi Anda mendengarkan musik dengan waktu maksimal 60 menit saja, dengan tingkat volume paling keras 60 persen.

Gunakan hanya satu jam dalam sehari. Penggunaan earphone secara bijak bisa menyelamatkan fungsi indera pendengaran. Karena itu jangan berlebihan dalam menggunakannya. Sangat disarankan untuk hanya memakainya satu jam saja dalam sehari. Bila lebih maka permasalahan serius yang berujung pada ketulian bisa menimpa Kita. Bagaimana pendapat Kamu?.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: