Harga Motor & Perbedaan Jenis Motor Yang Patut Kamu Ketahui

Jaman sekarang ini ada banyak sekali pilihan sepeda motor yang beredar dipasaran. Karena terlalu banyaknya, sampai-sampai membuat masyarakat menjadi bingung ingin membeli motor yang mana dan berapa harga motor tersebut. Pada artikel unik kali ini kami akan membantu Anda untuk mengetahui beberapa perbedaan mendasar dari motor bebek, motor matic, maupun motor sport. Umumnya tipe motor dibagi menjadi 3 macam, yaitu motor bebek, motor matic dan motor sport. Walaupun begitu, masih ada sebagian dari masyarakat yang tidak mengetahui apa saja yang membedakan antara ketiganya. Mari kita bahas satu per satu:

1. Model Motor

Kondisi yang paling mencolok dari ketiga jenis motor tersebut adalah dari segi modelnya. Untuk motor matic, mempunyai struktur model yang lebih rendah serta ringan. Kalau motor bebek tak jauh berbeda dengan motor matic, mirip. Lain halnya untuk motor sport, bentuknya lebih besar, tinggi dan berat.

Maka dari itu, motor matic ataupun motor bebek biasanya paling diminati oleh wanita karena ringan serta bodinya yang ramping. Berbanding terbalik untuk motor sport yang memiliki model kekar dan macho. Motor sport lebih disukai oleh laki-laki. Dan harga motor sport sudah tentu yang paling mahal diantara yang lainnya.



Baca juga: Handphone OPPO A83 Ludes

2. Tangki Bensin

Dari sisi tangki bensin, motor sport atau motor balap, memiliki perbedaan dan posisi yang amat mencolok dibandingkan motor matic maupun motor bebek. Jika pada motor matic atau motor bebek, posisi tangki bensin berada di bawah jok pengendara, sedangkan bagi motor sport pasti ada di bagian depan jok dan ukurannya lebih besar. Kapasitas tangki motor balap juga tentu lebih banyak yaitu lebih dari 10 liter, matic atau bebek tidak sampai lebih dari 10 liter biasanya.

3. Metode Transmisi atau perpindahan gigi.

Dari sudut pandang transmisinya, motor bebek ataupun motor sport hampir semuanya menggunakan transmisi manual yang proses oper giginya harus dilakukan oleh si pengendara. Jika pada motor matic transmisinya berjalan sendiri. Pada motor matic seperti honda beat atau yamaha mio kira-kira, kamu cukup menarik gas motor, maka itu motor akan langsung jalan, lebih mudah karena pengendara tak perlu mengatur perpindahan gearnya. Motor matic telah dilengkapi sistem perputaan roda otomatis yang biasa dikenal juga dengan sebutan Continuously Variable Transmission (CVT), sehingga pengoperan gigi tidak perlu dilakukan dengan cara manual.

Jenis motor bebek menggunakan sistem transmisi manual, sehingga dirimu perlu secara berkala mengatur perpindahan persenelingnya untuk ditambah atau dikurangi sesuai dengan kondisi jalan dan kecepatan. Walaupun begitu, dirimu tak payah mengeluarkan banyak tenaga, karena hal tersebut mampu dilakukan tanpa melakukan pengaturan rem kopling. Nah kalau jenis motor sport, biasanya pasti dilengkapi dengan tuas kopling yang berposisi pada handle tangan kiri. Kopling ini difungsikan agar mengatur perpindahan gear supaya lebih alus. Dengan fitur untuk meraih kecepatan maksimal, harga motor balap menjadi semakin tinggi.

4. Sistem Rem Motor

Perbedaan lainnya adalah dari sisi pengereman. Dimana pada motor matic tuas rem terletak di stang motor bagian kiri dan kanan. Kalau di model bebek atau sport, tuas rem terletak di setang bagian kanan juga kaki bagian kanan. Sebetulnya kedua hal ini tak terlalu berpengaruh banyak, hanya masalah kenyamanan bagi beda orang.

5. Biaya Service Motor

Motor sport berada diperingkat pertama bila berbicara perawatan spare part-nya. Posisi kedua ditempati oleh motor matic, soalnya mempunyai komposisi mesin lebih tertutup kalau dibandingkan dengan motor bebek.

Akibatnya, motor matic akan lebih sulit untuk terdeteksi kerusakannya. Hal tersebut berpengaruh pada biaya perawatan dan perbaikannya yang lebih mahal bila berbanding dengan motor bebek. Dan belum lagi soal ketahanan setelah perbaikan pada motor matic biasanya lebih pendek kalau dibandingkan dengan motor bebek. Ini bikin orang merasa motor matic mesti diservice lebih sering ketimbang motor bebek.

Sementara untuk motor balap, bisa dikatakan spare part-nya lumayann awet untuk digunakan. Hanya saja, ketika sudah masuk waktunya perawatan dan pengecekan, bersiaplah mengeluarkan uang lebih untuk melakukannya. Misal perumpamaannya seperti ini, gear motor bebek paling hanya Rp 450.000 misalnya, tapi kalau gear motor balap bisa-bisa lebih dari Rp 1.000.000.

6. Konsumsi Bahan Bakarnya

Kalau ngomoing hemat-hematan konsumsi BBM, bolehlan bilang motor bebek adalah rajanya. Sementara motor matic pasti akan lebih boros, apalagi kalau saat jalanan menanjak, itu dikarenakan pengoperan gigi yang dilakukan secara otomatis, sehingga mengakibatkan mesin dipaksa untuk berhenti.

Bila untuk motor bebek jika tarikannya sudah mulai terasa “ngeden” maka kamu hanya perlu memposisikan gear motor ke posisi yang lebih rendah. Sehingga perputaran gear kembali lancar tanpa perlu bikin tarikan mesin harus berhenti. Jika motor sport, walaupun telah dibantu dengan sistem transmisi dan kopling manual, namun ukuran badan dari motor sport lebih gede dan berat, membuat tenaga yang harus dikeluarkan juga dua kali lipat, sehingga pastinya konsumsi dari bahan bakar menjadi lebih boros.

7. Harga Motor

Bilamana melihat dari sisi harga motor. Motor bebek masih menjadi favorit karena harganya yang tergolong lebih murah bilamana dibandingkan dengan kedua jenis motor lainnya. Harga motor matic lebih mahal dari bebek, dan harga motor sport lebih mahal dari motor matic. Akan tetapi, motor bebek ini ternyata dibagi menjadi dua jenis kembali, yaitu:

  1. Motor Bebek Konvensional atau dikenal juga Lower Underbone. Motor bebek kategori ini maksudnya yang cuma memang diperuntukkan untuk keperluan transportasi sehari-hari.
  2. Motor Bebek Super atau familiar dengan sapaan Hyper Underbone. Jenis bebek Hyper Underbone ini biasaya ada fitur lebih dari yang tipe lower underbone. Fitur-fitur tersebut berfungsi untuk mendongkrak kecepatan motor agar semakin naik lagi, lebih kencang.

Harga motor Hyper Underbone biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga motor motor bebek konvensional. Sehingga logis bila pemasaran untuk jenis motor tipe Lower Underbone di Indonesia masih menjadi prioritas utama para pengguna sepeda motor. Tetapi, ada juga pengguna yang mementingkan bentuk model serta performa dari motor bebek yang berjenis Hyper Underbone. Model moto hyper underbone ini seperti Suzuki Satria F150.

Pilih harga motor yang cocok, dan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kesimpulannya motor matic lebih cocok buat kamu yang lebih mengutamakan sisi kenyamanan maupun fleksibilitas ketika berkendara. Sedangkan motor bebek boleh dipilih kalau fokus utama mu adalah yang paling irit bensin.

Sementara untuk motor balap, bisa menjadi pilihan kamu jika tujuan kamu adalah keseimbangan dalam kecepatan tinggi dan mungkin jika tujuannya untuk terlihat lebih gagah. Harga motor sport seperti Kawasaki Ninja, Honda CBR, Yamaha R25, Suzuki GSX atau Hayabusa. Harga motor sport seperti ini berkisar dari 33 jutaan hingga ada yang sampai ratusan juta rupiah. Motor sport dengan cc besar seperti 1000cc harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah, misalnya saja seperti merk Ducati, Benelli, dan sebagainya.

Jadi model motor dan harga motor manakah yang menjadi incaran kamu ?.

Komentar Anda
error:
%d blogger menyukai ini: