Bingung Dengan Fitur Cruise Control? Berikut Penjelasannya

Artikel Unik – Mungkin sudah banyak yang mengenal fitur cruise control. Namun kenyataannya masih banyak yang bingung dengan cruise control. Pasalnya, beberapa mobil baru saat ini sudah menggunakan fitur yang satu ini. Di mana katanya fitur ini akan memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Bagi yang belum tahu, coba kenalan dulu.

Bingung Dengan Fitur Cruise Control? Berikut Penjelasannya:

Fitur yang satu ini merupakan salah satu fitur yang disematkan pada mobil sehingga mobil secara otomatis akan mengatur kecepatan. Apabila fitur yang satu ini diaktifkan, maka mobil akan berjalan dengan konstan sesuai kecepatan yang telah diatur. Selain itu, mengaktifkan sistem yang satu ini akan membuat fitur ini memiliki hak sepenuhnya untuk menguasai throttle guna mengendalikan laju kendaraan Anda.

Dengan adanya fitur yang satu ini tentu membawa keuntungan sendiri bagi pengendara, terlebih lagi dalam trek yang panjang dan menurun. Pengemudi tidak perlu capek lagi dan sedikit merilekskan kaki mereka.



Lihat juga: 7 Teknologi Yang Dapat Membantu Dan Mengubah Dunia

Saat ideal menggunakan fitur ini

Mobil yang pertama kali menggunakan fitur cruise control adalah Chrysler Imperial. Hal tersebut dikarenakan negara pembuatnya memiliki trek yang panjang dan lebar. Tentunya menjadi tempat yang tepat untuk menggunakan fitur yang satu ini. Sedangkan di Indonesia sendiri mungkin akan sulit untuk menemukan jalanan seperti itu. Namun bukan berarti fitur ini tidak bisa digunakan di Indonesia.

Untuk mengaktifkan fitur cruise control pastikan memilih jalan dengan kecepatan minimal atau maksimal. Dengan begitu, kamu akan memiliki kecepatan yang sama dengan pengendara lainnya. Selain itu, gunakan fitur ini untuk melaju pada jalan dengan jarak yang aman. Di mana jarak aman yang ideal adalah 150 meter.

Potensi lain untuk kaki pengemudi

Prinsip utama dari fitur yang satu ini adalah membuat kecepatan mobil tetap stabil. Untuk bisa melakukan hal tersebut maka fitur cruise control akan melakukannya dengan sigap, baik saat akselerasi atau melepaskan sesuai dengan kondisi jalanan. Pada saat jalanan menanjak maka throttle terus membuka guna menambahkan gas. Dengan begitu, bahan bakar akan cepat habis karena terus mengalir dengan deras.

Bagi pengemudi sendiri, fitur ini mampu membuat laju kendaraan menjadi lebih efisien. Hal tersebut dikarenakan pengemudi tidak hanya bergantung pada sensor kecepatan saja, melainkan juga penambah wawasan tentang kondisi jalanan. Dengan begitu, mereka akan lebih fokus pada jalanan yang dilaluinya.

Salah satu contohnya saat ada tanjakan yang tidak terlalu curam, maka pengemudi tidak harus menginjak pedal gas. Hanya dengan memanfaatkan gaya dorong saja hingga mobil mencapai puncak. Namun saat turunan pengemudi bisa menginjak gas hingga mencapai kecepatan yang diinginkan. Dengan begitu, akan lebih irit bahan bakar.

Tetap waspada

Walaupun fitur ini bisa membuat kaki kanan kamu lebih santai, namun jangan pernah tidak fokus saat berkendara. Terlebih lagi saat cruise control diaktifkan. Kamu bisa meletakkan kaki kananmu dekat dengan pedal rem. Rileks saja asalkan bisa bergerak dengan cepat dan sigap. Hindari bersandar pada pedal karena bisa mematikan fitur cruise control tersebut.

Penjelasan Tentang Fitur Cruise Control

Itulah penjelasan singkat tentang fitur cruise control yang sudah banyak disematkan pada mobil keluaran terbaru. Untuk bisa mengaktifkannya bisa dengan menekan tuas atau tombol khusus. Walaupun menggunakan fitur cruise control yang bisa membuat berkendara lebih nyaman, namun pengemudi juga harus tetap fokus saat berkendara. Selain itu, juga dibutuhkan konsentrasi yang penuh juga ketika melaju.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: