Ada Fakta Tragis di Balik 6 Film Kartun Populer Ini

IDRTimes.com, Jakarta – Buat Anda para pecinta film kartun populer mungkin kenal dengan judul-judul seperti Tom and Jerry, Winnie the Pooh, dan sebagainya. Biasanya kartun-kartun seperti itu seakan menjadi tontotan wajib dalam menemani masa kecil kita. Tapi, tak tahukah kamu kalau ternyata di balik ceritanya yang lucu dan menarik, ada fakta tragis yang mungkin belum pernah kamu tahu. Penasaran? Simak infonya di bawah ini.

6 Film kartun populer ini ternyata menyembunyikan fakta tragis

Berikut ini ada beberapa judul film kartun populer yang mungkin pernah atau sering kamu lihat. Siapa sangka di balik ceritanya yang menggemaskan serta lucu, film-film kartun tersebut menyimpan cerita tragis yang mungkin kamu belum tahu.

  1. Masha and The Bear

Siapa yang tidak kenal dengan judul kartun yang juga tayang di salah satu stasiun tanah air ini? Masha and The Bear juga menjadi film kartun populer yang digemari anak-anak. Bahkan pernak pernik dan barang-barang bertemakan Masha and The Bear juga laris manis dan banyak dibeli.

Karakter Masha yang ceria dan tingkahnya yang kadang menjengkelkan sang beruang memang selalu dapat membuat anak-anak terhibur. Tapi apakah kamu tahu ada cerita yang cukup menyedihkan di balik film kartun tersebut?



Masha, sebetulnya adalah nama seorang anak perempuan yang pernah menjadi korban tragis keganasan beruang sirkus yang lapar. Kala itu, Masha bersama dengan keluarganya sedang menyaksikan atraksi beruang di suatu pertunjukan sirkus. Namun setelah acara sirkus itu selesai berlangsung, Masha tiba-tiba menghilang dan kabur dari pengawasan orang tuanya. Rupanya gadis cilik itu pergi sendirian ke kandang beruang sirkus.

Nahasnya, ternyata beruang sirkus yang Masha temui amat jauh berbeda dari beruang sirkus yang ia tonton di acara sirkus tadi. Saat itu Masha menjadi santapan beruang sirkus yang sedang kelaparan. Gara-gara kejadian mengenaskan itu, orang tua Masha pun sampai bunuh diri karena tidak tahan kehilangan anak mereka.

Dan kali ini cerita tersebut kembali dihidupkan dalam seria kartun Masha and The Bear. Demi menghargai kedua orang tua Masha, maka sosok karakter mereka juga tidak pernah dimunculkan di dalam kartun. Selain itu, beruang yang sering diganggu oleh Masha memang sengaja dibuat merasa takut dan jengkel untuk mengenang gadis cilik itu.

  1. Tom and Jerry

Bisa dibilang Tom and Jerry merupakan serial film kartun populer di seluruh dunia sebab banyak sekali orang yang mengenal cerita ini. Tom sang kucing dan Jerry sang tikus memang tidak pernah berhenti bertengkar dan kejar-kejaran. Aksi mereka sungguh menggemaskan dan lucu, apalagi dengan kejahilan karakter-karakter tokoh kartun ini.

Sebenarnya nama asli mereka adalah Jasper dan Jinx pada mulanya. Karakter ini sengaja dibuat untuk meningkatkan motiviasi dan semangat warga sipil Amerika sebelum mereka terlibat dalam Perang Dunia II.

Tapi, setelah itu nama mereka diganti menjadi Tom atau “Tommies” yang merujuk pada tentara Inggris. Dan karakter sang tikus menjadi Jerry atau “Jerries” yang mengacu pada tentara Jerman.

Karena nama Jerry mendapat begitu banyak simpati dari mereka yang menontonnya, maka nama tersebut tidak diganti lagi.

Baca juga: 5 Tradisi Unik Merayakan Valentine di Berbagai Negara Asia

  1. Winnie The Pooh

Kartun klasik yang menceritakan kisah seekor beruang madu lucu dan teman-temannya ini memang sangat manis dan menarik. Sebetulnya kartun ini terinspirasi dari seekor beruang betulan bernama Winnipeg. Beruang tersebut diberi oleh seorang tentara asal Kanada yang bernama Harry Colbourn. Pria tersebut dulunya membeli Winni saat dia masih kecil dengan membayar 20 dollar.

Tentara tersebut kemudian menyumbangkan beruang itu ke kebun binatang yang ada di Inggris dimana namanya kemudian menjadi sangat terkenal. Di dalam ceritanya sendiri, ada tokoh seorang bocah laki-laki bernama Christoper Robin. Bocah ini sangat akrab dan menyukai Winnie The Pooh. Robin sendiri adalah nama putra dari penulis terkenal bernama A.A Milne. Dia membuat inspirasi cerita Winnie The Pooh dari pengalaman putranya tersebut.

Yang menyedihkan Winnie sang beruang kecil ini biasanya ditangkap untuk dijual setelah induk mereka dibunuh oleh para pemburu. Namun, nama Winnie sendiri tidak akan muncul menjadi begitu terkenal jika Harry Colbourn tidak membeli dan menitipkan beruang malang itu di kebun binatang Inggris.

  1. Sherk

Pastinya kamu pernah menonton film kartun populer Sherk yang menceritakan seorang ogre yang jatuh cinta kepada seorang putri cantik. Ogre sendiri sering dianggap sebagai makhluk yang buruk rupa dengan warna hijau dan perawakan yang jelek. Tetap saja banyak orang, tidak hanya anak-anak yang sangat menyukai cerita satu ini.

Namun, apakah kamu tahu kalau ternyata wajah karakter kartun Sherk ini sebenarnya terinspirasi dari seorang pegulat asal Prancis yang bernama Maurice Tillet. Pegulat tersebut dikenal sebagai sosok raksasa yang sangat aneh.

Karena fisik Maurice Tillet itulah, banyak orang yang meyakini tokoh kartun Sherk terinspirasi dari penampilannya. Maurice sendiri disebut raksaka karena tubuhnya mengalami pembengkakan di bagian tangan serta kaki karena sakit akromegali.

  1. Pocahontas

Karya kartun klasik dari Disney ini mungkin mengingatkan kamu akan kisah cinta dan keberanian seorang wanita. Pocahontas sendiri merupakan gambaran seorang wanita yang berasal dari suku Powhetan. Dalam cerita tersebut, Pocahontas bertemu dengan sesosok pemuda tampan bernama Smith.

Dalam cerita aslinya, Pocahontas memang bertemu dengan Smith yang ditangkap oleh suku Indian Powhetan saat dia masih berumur 11 tahun. Namun Smith diperlakukan secara baik oleh suku tersebut. Tapi di cerita asli ini tidak ada perasaan cinta yang romantis antara kedua orang tersebut seperti yang diceritakan dalam filmnya.

Malahan setelah kejadian tersebut, Pocahontas mengalami penculikan oleh bangsa Eropa. Ada seorang kapten bernama Argal yang menculiknya yang memiliki niat untuk menjual Pocahontas dan menukarkannya dengan persenjataan. Gara-gara itu, Pocahontas sampai kehilangan suaminya dan diperkosa secara brutal kemudian dipaksa pergi ke Negara Eropa.

Di Eropa, Pocahontas masih dipaksa untuk mengikuti segala macam adat istiadat serta agama di sana. Setelah Pocahontas bisa terbebas dari Eropa, ia berniat pulang ke suku asalnya. Namun naas, ketika dalam perjalanan di kapal, Pocahontas terkena penyakit serius dan akhirnya meninggal dunia.

  1. Up

Apakah kamu pernah menonton film kartu populer ‘Up’ yang menceritakan kisah cinta sejati Carl dan istrinya sampai tua dan ajal menjemput? Carl sebagai seorang tokoh lansia yang menyediri di rumahnya ternyata terinspirasi dari kehidupan nyata seorang bernama Edit Macefield. Ia adalah pensiunan tentara yang dulu bekerja sebagai mata-mata pasukan sekutu ketika Perang Dunia II.

Edit bekerja dengan banyak anak-anak yatim piatu. Setelah itu, ia pergi dan menetap di sebuah rumah pertanian yang ada di Seattle. Dan di sana Edit merawat ibunya yang sedang sakit. Sama seperti nasib Carl yang rumahnya sempat ingin digusur, Edit juga mengalami hal serupa. Tapi ia bersikeras untuk tetap tinggal menetap di sana.

Rumah Edit Macefield pun akhirnya dikelilingi oleh gedung-gedung megah bertingkat. Sampa pada akhirnya Edit meninggal di usianya yang ke-86 tahun pada tahun 2008 silam. Wah siapa sangka ternyata film kartun populer ini terinspirasi dari kisah-kisah yang nyata.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: