Ini Dia 8 Fakta Unik Italia Yang Perlu Kamu Tahu

Fakta unik italia
Fakta unik italia

Ini Dia 8 Fakta Unik Italia Yang Perlu Kamu Tahu

Fakta unik Italia berikut ini patut Kamu simak, jika tidak ingin ketinggalan semua sejarah maupun gaya hidup yang ada disana.

Sejarah warna bendera yang dipilih dari kombinasi warna pizza

Tahukah Kamu, warna dasar pizza yang banyak disajikan di Italia? Warna pizza margherita yang banyak disajikan di Italia merupakan kombinasi dari daun basil (hijau), keju mozarella (putih), dan tomat (merah). Ketiga warna ini konon menjadi warna bendera Italia yang masih digunakan sampai saat ini.



Mafia Italia penyumbang GDP

Saat Kamu mendengar kata mafia, Kamu pasti teringat tentang Yakuza yang ada di Jepang. Tetapi ternyata, tidak hanya Jepang yang memiliki mafia, Italia juga memiliki banyak organisasi mafia yang menjalankan operasi berhubungan dengan tindakan kriminal. Meski begitu, ada satu fakta mencengangkan tentang mafia Italia ini, dari operasi yang mereka jalankan, mafia Italia menyumbang sekitar 7% GDP (gross domestic product) untuk pemerintah dan 80% usaha yang dijalankan, kabarnya berlangsung di pulau Sisilia.

Hukum yang unik

Jika Kamu berbicara tentang hukum yang ada di Italia, bisa dikatakan hukum yang berlaku di Italia ini banyak yang tidak biasa. Beberapa diantaranya adalah hukum untuk tidak mengenakan rok didepan umum, hukum untuk selalu tersenyum di kota Milan kecuali di area pemakaman dan rumah sakit, atau hukum untuk meninggal di Falciano del Massico.

Baca juga : 7 Olah Raga Terunik dan Teraneh





Negara dengan ratusan gerai kopi tanpa punya perkebunan kopi

Kalau Kamu mendengar nama expresso, machiato, frappe, dan istilah olahan kopi lainnya, Kamu akan menyadari bahwa istilah-istilah itu awalnya bermula di Italia. Negara ini memang terkenal dengan banyaknya pakar kopi yang mendirikan gerai kopi dan anehnya, di Italia tidak ada satupun wilayah perkebunan yang menghasilkan kopi khas Italia. Semua kopi yang diolah di Italia didatangkan dari Mesir maupun negara lain yang kemudian dikreasikan untuk memenuhi hasrat pecinta kopi di Italia.

Negara dengan situs sejarah terbanyak

Italia adalah negara yang banyak memiliki situs sejarah terbanyak, sebut saja Colloseum Roma, Museum Vatikan, Basailica Santo Petrus, dan bangunan bersejarah lain yang terdaftar di Badan UNESCO. Hal ini karena hampir semua kota yang ada di Italia memiliki bangunan yang menjadi saksi sejarah perkembangan benua Eropa

Fanatisme yang sangat tinggi untuk dunia sepakbola

Jika Kamu berbicara tentang sepakbola, jangan lupa bahwa Italia pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia sebanyak 4 kali dan disini, semua penggemar sepakbola disebut dengan istilah tifosi yang artinya pembawa penyakit tifus. Hal ini tentu tidak perlu diperdebatkan lagi karena Italia memiliki penduduk yang tingkat kegemarannya terhadap sepakbola sangat tinggi.

Universitas tertua di dunia ada di Italia

Jika Kamu bertanya dimana lokasi universitas yang tertua di dunia, jawabannya ada di Italia. Universitas Roma yang didirikan oleh Gereja Katholik di tahun 1303 sampai saat ini masih berdiri kokoh dan mampu menampung lebih dari 150.000 mahasiswa untuk belajar didalamnya.

Negara dengan gunung berapi terbanyak di Eropa

Ketika Kamu mendengar tentang peradaban kota Pompeii yang musnah karena ledakan vulkanik Gunung Vesuvius, Kamu akan langsung tahu bahwa Italia memiliki banyak gunung berapi. Sampai saat ini, ada beberapa gunung di Italia yang statusnya masih aktif dan tidak bisa diprediksi kapan akan meletus kembali. Gunung-gunung itu antara lain Etna, Stromboli, dan Vesuvius. Sebagian ahli di bidang vulkanologi berpendapat bahwa banyaknya gunung berapi di Italia ini terjadi karena semenanjung Italia berada di posisi garis yang salah, sehingga banyak pembagian gunung berapi yang akhirnya masuk ke kawasan Italia.

FAKTA UNIK ITALIA

Semoga beragam fakta unik Italia diatas membuat Kamu bisa lebih mengenal negara Italia.

 

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: