5 Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Idrtimes.com – Berada tidak begitu jauh dari pulau Dewata Bali, inilah 5 destinasi wisata Lombok yang wajib kamu kunjungi saat pergi liburan. Lombok yang berlokasi di NTB (Nusa Tenggara Barat) merupakan salah satu tujuan wisata populer di Indonesia. Hampir sama dengan Bali, daerah ini juga terkenal dengan pemandangan alamnya yang memukau. Banyak sekali jenis wisata alam seperti pulau, perbukitan, pantai, bahkan gunung api tertinggi nomer 2 di tahan air dapat dinikmati di Lombok.

Selain itu, desa adat yang ada di Lombok juga menyajikan wisata budaya yang tidak kalah menarik dengan tempat-tempat lainnya. Bahkan warga dari desa tersebut masih sering melakukan upacara dan ritual adat hingga saat ini demi melestarikan budayanya. Makanya, jangan lewatkan Lombok saat kamu sedang mencari destinasi traveling saat musim liburan. Kalau masih bingung kemana kamu harus pergi saat sedang di Lombok, berikut ini kami berikan rekomendasi pilihan destinasi wisata pulau Lombok yang harus kamu kunjungi.

Alasan kenapa kamu harus wisata ke Lombok

“Lupakan Bali dan pergilah ke Lombok!”, mungkin kalimat tersebut pernah kamu dengar, namun kamu bingung alasannya kenapa karena Bali sebenarnya juga tak kalah elok sebagai tempat tujuan wisata. Tapi pastiya ada alasan mengapa kamu sesekali harus merasakan keindahan Lombok.

Selain menyediakan keindahan alam yang cantik, rupanya Lombok juga sangatlah terjangkau. Meski pulau Lombok dekat dengan Bali, namun harga-harga di pulau ini masih lebih murah. Coba bandingkan harga-harga jika kamu berwisata ke Papua atau Maluku, pastinya akan sangat mahal.



Lombok berbeda sebab dari pulau Jawa dia juga belum begitu jauh. Apalagi dari Makassar sudah ada penerbangan langsung yang harganya sendiri relatif terjangkau. Itulah sebabnya kamu harus memiliki pengalaman pergi ke destinasi wisata Lombok.

Tidak hanya soal harga, Lombok juga terkenal dengan budaya yang sangat unik, makanannya enak-enak bikin air liur mengalir, hingga produk kain tenunnya yang begitu cantik. Kamu pun bisa beli kain tenun dengan warna-warni cantik ini untuk dijadikan oleh-oleh. Nah, itulah alasan mengapa kamu paling tidak harus pernah merasakan pergi ke Lombok, ya…

Baca juga: Destinasi Terbaru yang Akan Menjadikan ‘Bali Baru’ di 2018

Rekomendasi destinasi wisata Lombok yang wajib dikunjungi

  1. Bukit Merese

Meski namanya adalah suatu bukit, namun kamu tidak perlu bersusah payah untuk pergi ke tempat ini. Kamu tidak perlu melewati track atau jalanan menanjak untuk bisa sampai ke Bukit Merese. Setelah kamu sampai di puncak bukit ini, maka akan terlihat pemandangan pantai yang luar biasa cantik.

Bukit Merese sendiri merupakan salah satu spot terbaik yang bisa dikunjungi wisatawan di Lombok. Buat kamu yang ingin menikmati matahari terbenam alias sunset sambil bersantai, pastikan kamu datang ke bukit ini.

Kamu hanya perlu berjalan mendaki sebentar dan nantinya kamu sudah akan bisa menikmati pemandangan yang disajikan oleh Pantai Tanjung Aan hingga Batu Payung. Di sini kamu bisa menikmati wisata alam sambil duduk-duduk santai di rerumputan.

  1. Pantai Tanjung Aan

Tadi sudah disebut sedikit tentang pantai Tanjung Aan yang menghadirkan pesona alam memukau sebagai salah satu destinasi wisata Lombok, NTB. Pantai ini letaknya di sebelah selatan pulau Lombok. Keunikan pantai ini adalah adanya tekstur dari pantai pasir yang mirip seperti biji merica. Di pantai ini terdapat perbukitan seperti Bukit Merese tadi yang bisa didaki untuk melihat pantai dari ketinggian. Lalu area sekitarnya juga ditumbuhi dengan banyak pepohonan rindang yang bikin ‘adem’.

Tidak hanya bersantai dan melihat pemandangan pantai, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas di sini. Misalnya saja berselancar, snorkeling, dan sebagainya. Pastikan datang ke Lombok di bulan Februari nanti sebab kamu bisa ikut menyaksikan ritual adat Bau Nyale. Ritual Bau Nyale adalah ritual mencari cacing laut yang dipercayai warga lokal sebagai reinkarnasi dari Puteri Mandalika.

  1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan salah satu ikon destinasi wisata Lombok yang wajib kamu kunjungi. Gunung ini merupakan gunung api paling tinggi nomer dua yang ada di Indonesia yang mencapai ketinggian 3.726 m mdpl/ di atas permukaan laut. Di sini disediakan tur operator yang akan menjadi guide selama mendaki trek Gunung Rinjani, jadi para wisatawan tak perlu khawatir.

Selama perjalanan mendaki gunung api ini, matamu akan dimanjakan oleh keindahan pemandangan alam yang ada. Begitu banyak hamparan pepohonan di tempat ini serta savanna luas dengan bunga-bunga indah Edelweis. Lalu di tengah perjalanan menuju puncak gunungnya, jika kamu kelelahan maka kamu bisa beristirahat sebentar di danau Segara Anak. Danau ini mempunyai warna air biru yang jernih serta akan berkilau kalau terkena sinar matahari.

  1. Desa Sade

Kalau kamu sudah merasa puas dengan menikmati kekayaan alam yang ada di destinasi wisata alam Lombok, maka giliran kamu pergi ke Desa Sade. Desa Sade dan Sasak menyajikan wisata budaya unik dan menarik wajib kamu alami sendiri. Kamu bisa menikmati berbagai perumahan tradisional terbuat dari tiang kayu, atap dari alang-alang kering, serta dinding yang terbuat dari bambu.

Rumah-rumah semacam ini dihuni oleh warga lokal asli Desa Sade yang masih dalam satu garis keturunan sebab mereka melakukan perkawinan antar saudara. Salah satu mata pencaharian dari warga desa ini ialah menjual berbagai kain tenun cantik. Kain tersebut dibuat secara tradisional dengan memintal kapas kering untuk dijadikan benang, kemudian diwarnai dengan berbagai warna menarik dari bahan alami sehingga menjadi kain tenun unik.

Di sini para wisatawan tidak hanya bisa membeli produk kain tenun, namun juga belajar bagaimana cara memintal kain tersebut. Menarik sekali, ya?

  1. Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan tempat wisata paling cocok untuk menjadi destinasi terakhir kamu di Lombok. Di tempat ini kamu bisa bersantai ataupun berpesta ria. Pulau Gili adalah pulau berpasir putih tanpa kendaraan bermotor yang menjadi salah satu daya tarik wisata terkenal di pulau ini.

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, misalnya mencicipi berbagai macam makanan seafood lezat, berenang, berjemur di pantai, snorkeling, kayaking, melihat penyu, canoeing, sampai resto hopping. Yang menarik adalah di Gili Trawangan, kamu bisa ikut kursus menyelam seru dengan pemandu operator diving langsung. Mereka juga menyediakan fasilitas menyelam dan tempat latihan seperti kolam renang bahkan kapal untuk menyelam.

Setelah itu kamu juga bisa bermalam di berbagai tempat penginapan yang tersedia banyak di pulau ini. Apalagi pilihan menginapnya bisa bermacam-macam mulai dari tempat glamping, hostel, resort, hingga cottage dengan pantai pribadi yang menawan.

Itulah tadi berbagai macam destinasi wisata Lombok seru abis yang sangat sayang jika kamu lewatkan! Kalau kamu sudah sering menjelajah di Bali, maka jangan lupa untuk sesekali mampir liburan di pulau penuh pesona ini. Pastinya para wisatawan yang datang berkunjung tidak akan pernah merasa bosan atau kecewa!

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: