Cek Mobil Anda Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Informasi Menarik – Melakukan perjalanan seperti liburan, berkunjung ke rumah saudara, ataupun perjalanan lainnya adalah hal yang sangat menyenangkan. Untuk menempuh perjalanan tersebut, anda biasanya menggunakan mobil sebagai transportasinya. Nah, makanya kegiatan cek mobil anda sebelum melakukan perjalanan jauh yang akan kita bahas kali ini merupakan sesuatu yang penting.

Anda tentunya harus mempersiapkan segalanya, utamanya kondisi fisik. Hal yang tak kalah penting adalah mengecek kondisi mobil untuk tetap prima demi keselamatan anda selama perjalanan.

lihat juga: Teknologi Google dan Microsoft yang dihentikan

Cek mobil Anda sebelum melakukan perjalanan jauh merupakan sebuah tindakan awal yang amat tepat. Demi meminimalisir semua kemungkinan buruk yang dapat terjadi, hal ini sangat perlu dilakukan. Mari kita coba bahas lebih lanjut.



Berikut adalah beberapa poin yang perlu anda cek pada bagian mobil, sebelum anda melakukan perjalanan jauh. Pengecekan ini adalah untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan selama diperjalanan.

1. Cek air radiator

Sebelum lakukan perjalanan jauh, anda perlu mengecek air radiator terlebih dahulu, pastikan kondisinya penuh. Sementara itu, air reservoirnya tidak terlalu penuh, hanya cukup sampai batas levelnya saja. Jika anda menjumpai selang retak atau menggelembung, maka segera ganti. Hal ini adalah untuk menghindari adanya selang bocor saat dalam perjalanan. Lebih dari itu, anda juga perlu cek sambungan selang ke radiator ataupun mesin, harus dalam keadaan kencang.

2. Filter dan selang bensin

Filter bensin juga harus dipastikan tidak mengalami sumbatan. Jika anda sering melakukan servis berkala, maka filter bensin ini biasanya dalam keadaan bersih. Namun, untuk tetap berhati-hati, sebaiknya tetap dicek.

3. Cek oli mesin

Selain dua poin di atas, anda juga perlu melakukan cek oli mesin. Pastikan volumenya cukup. Untuk memeriksa volume oli ini, anda periksa levelnya yang terdapat pada stik oli. Level oli harus ada diantara tanda L juga F, dengan kadar sedikit dibawah garis pada level F. Pastikan pemakaian oli tersebut cukup dengan jarak perjalanan yang anda tempuh.

4. Periksa rem

Level minyak rem juga harus diperiksa. Anda perlu mencurigai jika levelnya kurang dari batas minimal karena kemungkinan terdapat kebocoran. Tidak hanya itu, anda juga perlu memeriksa bagian velg, apakah ada basah atau tidak sebagai tanda kebocoran pada silinder roda. Dengan begitu, anda harus pastikan bahwa rem mobil bekerja dengan baik dan optimal.

5. Periksa baterai

Selain beberapa hal di atas, anda juga perlu memeriksa baut katub aki. Sebelumnya, pastikan anda sudah membersihkannya dari kotoran maupun kerak yang ada disana. Level air aki juga perlu diperiksa. Untuk menjaga kualitas aki mobil anda tetap bagus dan terjaga, hindari isi aki dengan air zuur (H2S04).

6. Memeriksa timing belt

Apabila timing belt sudah digunakan kurang lebih sejauh 50.000 km, maka sebaiknya ganti dengan yang baru. Sekalipun belum ada kerusakan. Jadi, penggantian timing belt ini menggunakan indikator jarak tempuh pada spedometer.

7. Mengecek lampu mobil

Cek lampu mobil juga merupakan hal yang sangat penting dalam pengecekan mobil sebelum perjalanan jauh. Anda harus dapat memastikan bahwa semua lampu mobil baik pada bagian luar maupun dalam, berfungsi dengan baik dan normal. Jika ada lampu yang mati, segera ganti karena hal ini juga berkaitan dengan keamanan perjalanan anda. Jika ada lampu mobil yang mati, maka perjalanan anda pun juga akan terganggu.

8. Cek wipper mobil

Wipper mobil berguna saat anda berkendara pada saat musim hujan. Untuk itu, jika sudah jelas perjalanan anda saat musim hujan, maka pastikan ini bekerja dengan baik. Jika anda tidak dapat melakukannya sendiri, maka bisa anda cek di bengkel resmi mobil.

Cek Mobil Anda Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan pada mobil anda sebelum menempuh perjalanan jauh. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, maka perjalanan anda akan menyenangkan dan terasa nyaman, tujuan anda pun tercapai sesuai harapan. Selain itu, kondisi fisik juga harus dijaga sebelum, saat, dan setelah dalam perjalanan.

Terima Kasih,
IDRTimes

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: