Cara Melakukan Selfie yang Baik untuk Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Bacaan Asik – Siapa sih yang gak pernah melakukan selfie? Selfie atau swafoto atau disebut juga foto narsisis merupakan jenis foto yang diarahkan ke diri sendiri atau juga melalui cermin dengan menggunakan kamera telepon atau kamera digital. Untuk objek foto lebih dari satu, biasa disebut dengan wefie atau foto narsisis berkelompok. Namun tahukah kamu, jika ada beberapa cara melakukan selfie yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan nantinya bisa kamu bagikan di media sosial?

Oh iya, kata selfie juga sudah masuk secara resmi lho ke dalam Oxford English Dictionary versi daring di tahun 2013 lalu. Dan pada bulan November 2013, Oxford Dictionary menjadikan kata ini sebagai Word of the Year di tahun yang sama, yang mana kata tersebut berasal dari Australia.

Kalau kamu mau mencoba mendapatkan hasil selfie yang bagus, berikut sedikit panduannya. Dan jangan lupa, artikel ini mengandung ke-narsis-an yang besar ya.. :p

  1. Coba untuk mencari sudut yang pas

Eits, jangan coba-coba untuk langsung asal cekrek ya. Pertama-tama coba untuk mencari beberapa sudut yang memperlihatkan wajah kamu. Cari sudut terbaik. Bahkan perlu mencoba untuk memutarkan kepala beberapa derajat ke kanan atau ke kiri, agar wajah kamu bisa kelihatan sedikit lebih tirus. Cari dan ketahui sisi terbaik dari diri kamu. Coba ambil dari sudut tersebut, sudut dimana kamu bisa menampilkan sisi wajah paling seimbang.



Kemudian, coba pasang kamera dengan agak tinggi dari kepala kamu, sehingga pandangan kamera mengarah ke bawah wajah kamu. Ini bisa membuat mata kamu lebih terlihat besar, dan juga bisa menghindari tampilan hidung besar. Fokus, kemudian bisa kamu coba untuk lakukan cekrek-an pertama.

  1. Cari hal yang ingin kamu tampilkan

Kebanyakan orang melakukan selfie untuk menunjukkan hal baru dari dirinya atau yang digunakannya. Contohnya, ingin menunjukkan model rambut baru. Atau mungkin mau pamer anting-anting baru? Topi baru? Atau yang lainnya. Tapi, pastikan untuk menampilkan hal tersebut agar terlihat lebih menyenangkan.

  1. Jangan lupa senyum agar kelihatan ceria

Ini termasuk penting. Kamu pasti gak mau kalau wajahmu terlihat cemberut atau yang lainnya. Pastikan tersenyum, untuk bisa mendapatkan hasil maksimal. Wajah sedih atau cemberut gak bisa membantu mendapatkan pose yang bagus. Percaya deh.

Baca juga: Kamera Termahal di Dunia

  1. Fokus pada satu titik yang ingin ditonjolkan

Ini cara yang efektif untuk bisa lebih menunjukkan hal yang mau kamu tampilkan. Kalau sudutnya pas dan fokus pada satu titik, akan membantu untuk mengaburkan bagian-bagian lainnya. Contohnya, jika kamu suka dengan bagian mata, fokuskan di mata kamu. Pandang kamera untuk lebih jelas. Atau buat para cewek, kamu bisa coba pakai maskara dan pemulas mata, namun tetap memperlihatkan kealamian warna kulit dan bibir.

Atau jika memiliki senyuman mematikan, bisa coba pertahankan kealamian bagian pipi dan mata. Untuk cewek, bisa coba juga menggunakan warna lipstik yang menarik. Ingat, menarik tapi tidak norak.

  1. Berekspresi semenarik mungkin dan alami

Mungkin senyum-senyum sendiri di depan layar ponsel ataupun lensa kamera akan terlihat sedikit bodoh dan konyol. Tapi jangan salah, senyum merupakan ekpresi terbaik dan tidak akan pernah salah. Tapi kalau kamu punya kepribadian yang lebih kalem atau cool, kamu juga bisa mencoba eskpresi yang tenang untuk menghasilkan foto terbaik.

Bisa dimulai dengan mencari senyum pas. Coba berkali-kali untuk mencari senyum yang paling bagus. Entah dengan mulut tertutup, atau menggunakan senyum selebar mungkin. Bahkan bisa dicoba dengna pose tertawa. Serta yang paling penting, harus terllihat alami. Jangan menggunakan ekspresi yang terlihat seperti dibuat-buat.

  1. Selfie seluruh tubuh juga tidak ada salahnya

Kamu bisa coba untuk melakukan foto seluruh tubuh di tempat terbuka, seperti taman, pantai, serta tempat lainnya. Fokuskan sepenuhnya pada tubuh kamu. Hindari untuk mengambil gambar dari bawah, karena kamu nanti akan terlihat lebih pendek.

  1. Hindari penggunaan filter berlebihan

Mengambil foto diri dengan apa adanya agar terlihat hatural, bisa memberi kesan alami bahkan menarik dan juga seksi. Atau, saat dirimu baru bangun tidur dan terlihat tampak jelek, kamu bisa sedikit saja merapikan diri, tak perlu terlalu banyak riasan. Dandanan yang simpel juga bisa memberi kesan jika kamu menunjukkan wajah alami, apalagi jika kamu merupakan individu yang terlalu sering menampilkan foto dengan banyak riasan.

  1. Tak ada salahnya mencoba pose cara lama

Masih ingat pose muka bebek atau duck face? Atau mungkin berpura-pura tertidur atau candid? Tak ada salahnya untuk sesekali mencoba kembali pose yang sudah mulai ditinggalkan ini. Walaupun memang sudah ketinggalan zaman, cara selfie yang pernah begitu populer itu masih bisa kamu gunakan. Tapi bisa kamu selingi dengan jelas-jelas menunjukkan jika kamu memang bergurau, bukannya tidak tahu jika pose tersebut sudah ketinggalan zaman.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: