Cara Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas Yang Ingin Di Beli

Bacaan Asik – Mobil adalah salah satu transportasi yang dibutuhkan oleh setiap orang. Oleh sebab itu, banyak diantara masyarakat yang saat ini sudah memilikinya secara pribadi. Di artikel unik kali ini, Kita akan membahas Cara mengetahui kondisi mesin mobil bekas yang ingin di beli.

Namun karena harga mobil yang relatif tinggi, banyak masyarakat yang terkadang memilih untuk membeli mobil bekas. Banyak aspek yang perlu diteliti dan di cek terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk membeli mobil bekas.

Untuk membeli mobil bekas bisa melalui orang yang memiliki mobil tersebut secara langsung atau bisa juga dengan membelinya di showroom. Saat anda memilih datang ke showroom (gedung penjualan mobilnya), jangan mudah terkecoh dengan penampilan luar mobil saja, namun kondisi mesin juga mesti diperhatikan.

Lihat juga: Teknologi Google dan Microsoft yang dihentikan



Cara Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas Yang Ingin Di Beli

Untuk mengetahui bagaimana mesinnya, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Hal ini jika anda memutuskan untuk membeli mobil bekas.

1. Mengecek ruang mesin

Untuk melihat ruang mesin, buka kap mesin, lalu periksa di sekelilingnya. Jika ruang mesin terlihat pernah di cat, maka hal ini adalah indikasi bahwa mobil tersebut sudah pernah turun mesin. Adapun sebabnya bisa beragam, misalnya karena tabrakan, terkena bajir, dll. Jika hal ini anda temukan pada mobil tersebut, sebaiknya perlu dipertimbangkan.

2. Bagaimana kondisi mesin

Setelah mengecek ruang mesin, selanjutnya yaitu mengetahui kondisinya. Hal ini cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu melihat, apakah ada rembesan cairan seperti oli atau yang lainnya. Selain itu, perhatikan baut dan juga mur yang ada pada sekitar mesin. Jika ada yang cacat sebaiknya segera tanyakan.

Sekalipun mengeceknya mudah, namun bisa saja anda terkecoh jika kurang teliti. Pedagang bisa berupaya untuk menutupi kekurangan tersebut dengan mencuci mesin terlebih dahulu. Agar jika ada rembesan yang terjadi tidak terlihat.

3. Starter mobil

Saat distarter, usahakan mobil tetap bisa konstan saat dihidupkan. Dengarkan juga suara mobil, sebaiknya cari yang masih halus. Mobil yang masih bagus atau sehat akan konstan saat distarter sekalipun dalam keadaan dingin. Selain itu, tidak tersendat-sendat juga. Jika saat dihidupkan tersendat-sendat. Maka kemungkinan ada masalah pada aki mobil atau karena jarang diservis secara berkala, sehingga ada sumbatan kotoran pada mesin.

4. Suara dan getaran mesin

Selain memperhatikan bagaimana saat distarter, anda juga perlu memerhatikan bagaimana suara dan getaran mesin. Dengarkan secara seksama apakah suara yang keluar dari mesin masih tergolong wajar atau tidak. Mesin akan dikategorikan mengeluarkan suara tidak wajar, bila terdengar suara ketukan, suara gesekan, dll. Selain itu, anda juga perlu membuka kap mesin. Perhatikan disana, apakah ada getaran ataukah tidak. Jika terdapat getaran yang tidak wajar, maka kemungkinan ada masalah pada bagian engine mounting.

5. Indikator dan speedometer

Saat anda mencoba menghidupkan mesin, lampu indikator perlu diperhatikan apakah menyala atau tidak. Dalam hal hal ini, pastikan tidak ada satupun yang menyala. Selain itu, jarum RPM jua harus diketahui kestabilannya. Anda bisa mencoba gas secara perlahan, kemudian lepaskan. Jika jarum tidak stabil, maka mesin kemungkinan bermasalah.

6. Kondisi knalpot

Knalpot juga penting diperhatikan untuk mengetahui kondisi mesin secara sempurna. Jika asap knalpot berwarna hitam, maka hal ini mengindikasikan bahwa pembakaran bahan bakar yang terjadi tidak sempurna. Sebaliknya, jika asap knalpot berwarna putih, mengindikasikan adanya campuran oli pada ruang pembakaran. Jika knalpot terdapat tetesan air, maka hal ini menandakan bahwa mesin masih dalam kondisi bagus.

Cara Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas Yang Ingin Di Beli

Itulah beberapa hal terkait bagaimana anda mengecek mesin mobil jika ingin membeli mobil bekas. Tidak sekedar cek saja. Untuk memastikan mesin mobil bagus atau tidak, anda juga perlu melakukan test drive. Saat melakukan test drive ini, perhatikan bagaimana performa mesin, kenyamanannya, perpindahan transmisinya serta performa dari rem.

Terima Kasih,
IDRTimes

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: