5 Cara Mengatasi Masalah Susah Sinyal di Rumah Biar Kenceng Lagi

Bagi para pengguna smartphone merek apapun pastinya pernah mengalami masalah susah sinyal di mana saja. Jaringan ponsel yang tiba-tiba putus sehingga menyebabkan kamu tak dapat main internet atau menerima panggilan tentunya sangat menyebalkan. Apalagi meski sudah di rumah, masalah tersebut masih saja ada. Makanya cara mengatasi masalah susah sinyal di rumah ini cocok untuk dicoba!

Faktor penyebab masalah susah sinyal di areamu

  1. Sinyal tidak tersedia di area kamu berada

Salah satu faktor paling umum adalah karena memang wilayah tempat kamu berada sekarang tidak ada sinyal operator tersebut. Coba cek apakah di area tempat tinggalmu ada menara atau tower untuk sinyal operator yang dipakai. Kalau tidak ada berarti memang wilayah tersebut minim sinyal.

  1. Faktor cuaca

Cuaca juga bisa menjadi faktor penyebab sinyal susah ditangkap oleh perangkat yang dipakai. Jika cuaca sedang hujan lebat maka hal tersebut sangat berpengaruh terhadap penangkapan sinyal di ponselmu. Jadi, lebih baik tunggu sampai cuaca reda dan hindari pemakaian ponsel atau mematikan ponsel untuk keamananmu sendiri.

  1. Perbaikan sinyal oleh operator yang dipakai

Operator mungkin sedang memperbaiki sistem atau menara sinyal mereka. Bisa jadi karena ingin menambah fitur baru atau ada masalah yang lainnya. Jadi yang bisa kamu lakukan memang bersabar sampai mereka selesai memperbaiki sistem dan menara yang ada. Kamu juga bisa ganti ke operator lain untuk sementara yang tidak sedang melakukan perbaikan.



  1. Kerusakan pada hardware maupun software

Hardware ponsel yang rusak bisa menjadi penyebab susah sinyal untuk ditangkap oleh perangkat. Misalnya ponselmu jatuh atau masuk ke dalam air sehingga menyebabkan penangkap sinyal di ponsel rusak atau komponennya berkarat.

Ada juga penyebab lain misal software perangkat yang mengalami kerusakan. Contohnya ketika kamu sedang mengupdate atau memperbaharui software rupanya software yang sedang diupdate tersebut mengalami bugs. Kamu bisa memastikannya dengan cara memperhatikan sinyal perangkat tersebut. Kalau sebelum software diupdate, sinyal baik-baik saja namun setelah diupdate malah sinyal begitu lemah, berarti ada masalah pada bagian softwarenya.

  1. Perubahan pengaturan pada jaringan

Jika kamu mengatur jaringan ponsel ke mode 3G only, maka perangkatmy yang sedang dipakai hanya akan menangkap jaringan sinyal 3G. Hal ini akan membuat perangkat jadi susah mendeteksi jaringan biasa. Makanya kamu cukup mengubah mode jaringan tersebut agar bisa menangkap sinyal jaringan yang biasa, misalnya ke GSM.

Cara mengatasi masalah susah sinyal di rumah maupun di tempat lainnya

Sebetulnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab susah sinyal. Entah itu karena jaringan atau memang layanan operator yang sedang terganggu dan ada masalah. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga karena perangkat yang kamu pakai sendiri. Kalau alasan ini yang terjadi, maka kamu bisa cari solusinya dengan 5 cara mengatasi susah sinyak di rumah berikut ini:

  1. Isi ulang baterai smartphone

Kadang smartphone tidak bisa menerima sinyal dengan baik jika baterai ponselmu tinggal sedikit. Mengapa? Karena ada beberapa ponsel yang sengaja menurunkan kinerjanya demi menghemat daya baterai yang tinggal sedikit itu. Termasuk dalam mengakses sinyal. Makanya kalau kamu lihat baterai di smarphonemu tinggal sedikit, segeralah di-charge atau diisi ulang agar bisa penuh kembali. Dengan begitu kinerja ponsel dapat bekerja secara maksimal lagi.

  1. Coba bukalah jendela

Ini merupakan salah satu cara mengatasi masalah susah sinyal di rumah, kantor, atau di tempat-tempat ruangan lainnya yang paling gampang. Kamu tinggal membuka jendela untuk mendapatkan sinyal kuat karena kadang jaringan sinyal terhalang oleh benda-benda, misalnya logam atau kaca. Oleh karena itu, membuka jendela merupakan solusi paling simpel yang bisa dilakukan. Kalau tidak merepotkan, kamu bisa mengarahkan smartphone ke jendela dengan bergeser sedikit ke sana.

Baca juga: Inilah Prediksi Trend Teknologi di Tahun 2018 yang Akan Terjadi

  1. On dan off-kan mode airplane/ pesawat terbang

Cara lainnya untuk mengatasi masalah susah sinyal ialah dengan menghidupkan lalu mematikan mode pesawat terbang alias airplane. Solusi ini sebenarnya hampir mirip dengan merestart perangkat, namun dengan cara yang jauh lebih gampang dilakukan. Dengan menghidupkan dan mematikan mode ini, maka secara otomatis perangkatmu akan me-refresh koneksi jaringan yang ada. Ponsel yang dipegang akan berusaha mencari sinyal lainnya yang lebih mudah tersambung dengan begitu perangkatmu akan terkoneksi setelah mencari menara sinyal yang jauh lebih kuat.

  1. Jangan menutupi antena smartphone

Coba ceklah posisi antena smartphonemu sebelum dipakai terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa tahu dimana letak antenanya sehingga tak menghalangi saat kamu memakai perangkat tersebut. Selain itu, kalau kamu menggunakan casing untuk membungkus smartphone, kadang aksesoris yang dipakai tersebut juga dapat menghalangi penerimaan sinyal. Kalau memang aksesoris ponselmu yang jadi sumber penyebab susah sinyal, maka kamu bisa menggantinya dengan bahan yang lebih ramah.

  1. Mengganti operator

Ini adalah solusi paling jitu meski kamu harus keluar uang untuk beli kartu operator yang baru. Memang terkadang masalah susah sinyal bisa berasal dari operatornya dan bukan perangkatmu. Kemungkinan paling besar adalah operator yang dipakai kurang mempunyai jaringan yang baik di area tempat kamu tinggal. Makanya sebelum memilih operator, coba cari tahu kualitas jaringan operator tersebut di area rumahmu. Kamu bisa bertanya kepada mereka yang sudah pernah memakai operator tersebut untuk tahu kualitas jaringannya. Setelah menemukan yang sesuai, kamu tinggal ganti dengan operator baru itu.

Tips agar smartphone yang dipakai lebih awet

Selain mengetahui cara mengatasi masalah susah sinyal di rumah, kamu juga wajib tahu bagaimana cara membuat ponsel lebih awet. Smartphone yang terawat dan awet pastinya memiliki kinerja menangkap sinyal yang lebih baik. Berikut ini hal yang perlu dilakukan agar perangkat smartphonemu bisa lebih awet meski sudah lama digunakan:

  1. Bersihkan smartphonemu secara berkala khususnya pada bagian layar sentuh yang dipakai. Kamu bisa menggunakan tisu kering/ tisu yang ditetesi cairan khusus pembersih smartphone untuk membersihkan permukaannya.
  2. Simpanlah smartphone di tempat yang aman apalagi jauhkan dari jangkauan anak-anak. Hal ini untuk menjaga agar smartphone tidak rusak akibat jatuh, terinjak, dan sebagainya.
  3. Isilah daya baterai sesuai dengan kebutuhan. Hal ini untuk menjaga baterai agar tetap awet dan tidak kepanasan. Lebih baik mengisi daya baterai sesuai kebutuhan. Kalau sudah penuh segera dicabut. Masih banyak pengguna yang mengisi baterai di malam hari lalu ditinggal tidur dan baru dilepas pagi keesokan harinya.
  4. Memasang chasing dan pelindung layar untuk mencegah lecet pada bodi maupun layarnya. Chasing dan pelindung ini juga bisa melindungi kalau tidak sengaja ponsel yang sedang dipegang terlepas dari tangan. Pilihlah chasing yang pas.

Itulah tadi berbagai macam cara mengatasi masalah susah sinyal di rumah serta faktor-faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Pastikan juga kamu selalu menjaga dan merawat perangkat yang digunakan agar lebih awet dan kinerja ponsel tetap baik.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: