Ingin Berhenti Merokok? Anda Bisa Ikuti Cara Mudah Ini

Informasi Menarik – Anda seorang perokok? Namun, saat ini Anda ingin mencoba untuk bisa berhenti merokok yang sering mengganggu kehidupan Anda sehari-hari? Memang, rokok bisa menjadi hal terbaik untuk seorang perokok agar bisa menghilangkan tekanan, rasa penat atau mungkin stres yang dimilikinya. Di sisi lain, merokok juga terkadang hanya dijadikan gaya hidup agar bisa masuk ke komunitas tertentu. Namun seperti yang kita ketahui juga, merokok sudah pasti akan mengakibatkan kecanduan berlebihan.

Dan untuk para perokok yang sudah menjadikan rokok sebagai “tuhan” mereka, berhenti merokok merupakan hal tersulit dalam hidup mereka. Karena sebagai “umat”, pasti akan ada penolakan tersendiri dari dalam diri mereka. Memang, pasti banyak yang berhasil untuk kemudian berhenti merokok, namun tak sedikit pula yang akan mengalami kegagalan. Bahkan, saat mereka berhasil untuk berhenti merokok, akan ada efek yang ditimbulkan setelahnya, entah itu sakit kepala, mual, kepanikan, hingga rasa cemas yang begitu tinggi, yang menyebabkan mereka akan kembali ke habitatnya kembali sebagai perokok aktif.

Banyak cara juga yang pastinya akan ditempuh untuk bisa berhenti merokok sepenuhnya. Mulai dari cara tradisional seperti mengunyah permen karet atau menghisap permen, hingga mengonsumsi obat-obatnan tradisional atau herbal, akupuntur, bekam, hingga mungkin melakukan meditasi. Namun sejatinya, ada cara mudah untuk bisa mengurangi ketergantungan atau bahkan berhenti merokok dengan menghirup aromaterapi yang tepat. Hal ini sebelumnya sudah diteliti pada tahun 1994 oleh Rose and Behm.

Aromaterapi untuk membantu berhenti merokok

Para peneliti Rose and Behm menemukan jika aromaterapi tidak hanya bisa membantu untuk mengatasi kecanduan pada nikotin, yang memang lebih banyak berasal dari rokok itu sendiri. Aromaterapi sendiri bisa menjadi alat yang mampu mengobati gejala saat tubuh kita untuk berhenti merokok. Hal-hal tersebut bisa mengurangi rasa mudah tersinggung, tidak sabaran, rasa cemas, tingkat depresi tinggi, kegelisahan, konsentrasi yang menurun, hingga kesulitan untuk tidur.



Baca juga: Kurangi Risiko Merokok

Penelitian tersebut juga menemukan jika ada beberapa jenis dari aromaterapi tersebut yang mampu meredam rasa kecanduan akibat rokok. Contohnya adalah aromaterapi Black Pepper Oil. Aromaterapi ini menjadi yang paling ampuh untuk meredam. Karena mampu menstimulasi sistem pernapasan kita dengan cara yang hampir sama dengan saat kita menghirup asap rokok. Dan sebuah penelitian yang ada di dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, ditemukan jika dalam kelompok uji yang berisi 20 orang peserta, setelah menghirup aromaterapi Black Pepper Oil, keinginan mereka untuk kembali menghisap nikotin akan menjadi sangat berkurang.

Selain Black Pepper Oil, terdapat beberapa jenis atau varian aromaterapi lain yang nantinya bisa Anda coba untuk lebih mengurangi hasrat untuk berhenti merokok.

  1. Lavender Oil
    Lavender merupakan minyak esensial atau minyak atsiri yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Naskah kuno juga menyebutkan jika lavender oil telah digunakan untuk tujuan pengobatan dan juga upacara agama selama lebih dari 2.500 tahun silam. Lavender oil sendiri dipercaya bisa mengurangi kecemasan berlebihan dan stres emosional, memperbaiki kualitas tidur, dan juga meredakan sakit kepala.
  2. Citrus atau Lemon Oil
    Lemon merupakan jenis pohon kecil yang aslinya berasal dari Asia. Lemon sendiri terkenal dengan kemampuannya untuk membersihkan racun, merangsang drainase getah bening, untuk meremajakan energi, memurnikan kulit serta bisa bertindak sebagai penangkal serangga. Citrus oil sendiri bisa digunakan untuk pembersihan dan pemurnian, mengurangi rasa mual, dan bisa membuat perut lebih nyaman.
  3. Ylang Ylang Oil
    Ylang ylang berasal dari kelopak bunga pohon ylang ylang, atau merupakan jenis pohon kenanga, yang disebut pula sebagai kenanga Filipina. Ylang ylang oil memiliki kemampuan untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan serta meningkatkan suasana hati (mood. Aromaterapi ini juga mampu meningkatkan aliran darah dan mengatur detak jantung.

Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah. Cukup dengan menghirup langsung dari botolnya maupun bisa menggunakan tisu maupun saputangan. Bisa juga dengan menyapukannya ke tangan, lengan ataupun leher. Bisa juga meletakkan beberapa tetes minyal aromaterapi tersebut pada diffuser.

Jasa pasang Google Ads

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: