Beberapa Kesalahan Traveler Yang Sering Dilakukan Umumnya

Artikel Unik – Beberapa kesalahan traveler yang sering dilakukan umumnya ini sebenarnya cukup merugikan. Karena nanti akan memberikan penyesalan yang mungkin tidak bisa lagi ditebus kedepannya. Karena mungkin lokasi yang akan kamu kunjungi, bisa jadi hanya akan kamu kunjungi saat itu saja kan.

Beberapa kesalahan traveler ini sebenarnya sudah jamak terjadi. Bukan hanya satu atau dua orang saja yang mengalaminya. Tapi hampir rata-rata orang melakukannya. Nah, jika kamu ingin perjalanan travelling kamu menyenangkan seutuhnya, coba deh kamu pertimbangkan untuk tidak melakukan hal-hal tersebut.

Sebab, bisa saja kan, bila ternyata momen tersebut merupakan satu-satunya kesempatan dalam hidup kamu untuk menjejakkan kaki ke daerah tersebut. Next time berkunjungnya bukan ke lokasi itu lagi, tetapi berkeliling ke tempat yang lainnya lagi. Jadi, usahakan semaksimal mungkin untuk mencoba setiap hal di lokasi yang kamu kunjungi. Explore sampai ke detail daerah tersebut, mungkin sampai ke sudut-sudut kotanya bahkan.

Lihat juga: Ekspedisi Energi Celebes



Beberapa Kesalahan Traveler Yang Sering Dilakukan Umumnya

1. Tidak Mencoba Jajanan Jalanan atau Street Food

Takut sakit perut, kurang bersih, aneh, atau macam-macam alasan akan ada keluar untuk hal yang satu ini. Memang benar mungkin alasan tersebut. Tapi benar juga nantinya kalau kamu tidak mencoba, maka kemungkinan besar akan menjadi penyesalan dalam hidup kamu. Kenapa pergi ke tempat itu tapi tidak mencoba jajanannya. Apalagi bila diketahui banyak orang yang sudah mencobanya tapi kamu tidak mau.

2. Tidak Langsung Membeli Barang Yang Benar-Benar Ditaksir

Yang ini lebih “ngenes”. Sebenernya naksir banget sama itu barang. Tapi masih berfikir nanti-nanti saja. Atau malah berfikir ‘ngga dulu deh’. Pas sudah sampai waktunya pulang dan ternyata tidak bisa menemukan barang yang sama lagi seperti itu. Hmm baru deh berasa nyesel banget, kenapa ga di beli waktu itu langsung. Apalagi kalau ternyata perjalanan wisatanya itu ke luar negeri yang harus naik pesawat. Wah bakalan nyesel seumur hidup nih kebayang-bayang sama barang oleh-oleh yang ga jadi dibeli itu.

3. Membawa Terlalu Banyak Barang Dan Tidak ada Tempat Oleh-Oleh

Ini juga banyak banget yang keliru. Umumnya yang suka berpergian ke luar negri dengan menggunakan maskapai penerbangan. Bawa koper sampai 2, tapi kopernya dua-duanya sudah diisi penuh dari negara asal. Karena punya pikiran harus membawa peralatan lengkap supaya tidak kekurangan. Itu mungkin benar. Hanya saja, masalahnya, kalau koper semua sudah penuh, nanti kan pasti mau ada beli oleh-oleh lah sedikit. Nah, itu mau ditaruh dimana lagi?, kalau semua koper telah penuh berdesakan?.

4. Tidak Ada Planning Perjalanan

Beberapa kesalahan traveler yang ini juga sering banget kita dengar. Tidak mempunyai rencana perjalanan wisatanya. Hanya asal pergi dulu saja deh yang penting. Ini sebenarnya kurang efisien. Karena yang sebenarnya mungkin waktu 24 jam itu bisa mengunjungi beberapa lokasi dan beberapa kegiatan. Malah habis di satu lokasi saja karena tidak tau mau kemana dan mau ngapain. Jadinya sayang deh waktu jalan-jalan itu terbuang begitu saja, padahal mau dapat cuti kerjanya susah, hahahaha.

5. Terlalu Boros Di Hari Pertama

Yang ini juga berbahaya ya sobat. Hitung budget jajan di waktu travelling kamu. Bila kamu berpergian untuk beberapa hari, katakanlah 7 hari misalnya. Jangan langsung kamu terlena dan terlalu tancap gas menikmati semua hal dan menghabiskan uang mu di hari pertama. Karena bila hari berikutnya tiba, dan punya sesuatu yang lebih menarik dari hari sebelumnya. Sayang banget kan kamu sudah tidak punya uang untuk beli oleh-oleh itu dihari kedua. Atau sudah kekurangan uang untuk biaya tiket atraksi yang mungki amat menarik di hari kedua atau ketiga.

6. Tidak Menyiapkan Persediaan Uang Receh

Ini juga sering sekali terjadi. Umumnya bila yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Menukarkan mata uang Rupiah (IDR) ke mata uang asing lainnya. Tapi tidak mengecek kembali. Kalau tidak ada uang recehnya. Atau ketika sampai di negara tujuan, tidak mencoba menukarkan uang dengan recehan. Kerugian yang bisa timbul karena hal ini adalah, pedagang akan ada yang beberapa menjadi kesal sama diri mu. Karena harga barang murah, tapi kamu membayar dengan nilai uang terbesar.

Ibaratnya seperti, harga barang cuma Rp 5.000,- tapi kamu malah membayar menggunakan uang Rp 100.000,-. Orang pasti bertanya, memang tidak ada uang kecil saja?. Kerugian kedua adalah, bayangkan kalau kamu naik taksi. Membayar dengan uang besar dan sopir taksi bilang tidak ada kembaliannya?. Nah loh. Jadi kamu akan memberikan tip kembalian yang besar banget kan?.

7. Tidak Bertanya-tanya Pada Orang Lokal

Terlalu berpaku kepada informasi yang kamu cari secara online, itu tidak bagus juga. Bagus untuk menambah wawasan sebelum berangkat ke daerah tujuan. Namun, akan lebih bagus lagi ketika landing di lokasi tujuan, kamu memberanikan diri untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan penduduk lokal. Mungkin saja kamu akan mendapatkan informasi yang tidak ada di internet kan. Akan tetapi, selalu tetap waspada ya Sobat.

8. Tidak Menjelajah Karena Takut Nyasar

Bila berpergian sendiri, sering terjadi kita merasa takut untuk terlalu menjelajah daerah yang kita kunjungi. Karena takut nyasar ga bisa balik ke hotel lagi, hehe. Ketakutan ini wajar terjadi. Akan tetapi, coba fikirkan dari sudut pandang yang bertolak belakang sekarang. Kalau kamu tidak explore sekarang. Nanti ketika waktunya tiba untuk pulang. Dan tidak ada kesempatan lagi untuk kembali ke daerah tersebut, apa kamu tidak menjadi menyesal di sisa umur mu kelak?.

9. Pasrah Kepada Agen Travel atau Tour Guide

Memakai jasa tur guide atau agen travel memang merupakan hal yang paling aman. Semua rencana perjalanan, tiket penerbangan, sampai hotel penginapan mungkin sudah diatur sedemikian rupa. Bagus banget deh pokoknya terima bersih tinggal berangkat dan menikmati. Tapi, kalau begini, apa kamu pantas disebut seorang traveller?.

Apalagi kalau kenyataannya kamu akhirnya terlalu pasrah sama agen travelnya. Tur guide bilang kesana kesini berapa menit, jam segini harus pulang, jam segini tidur di hotel, harus nurut. Ini akan menjadi sebuah batasan dimana kamu tidak bisa benar-benar melepaskan atau menikmati perjalanan sesuai hasrat mu. Dan ini bukan perjalanan seorang traveler sejati. Seorang traveller akan memilih berpergian atas kebebasan dan kemauannya sendiri. Mengatur hingga mengeksekusi perjalanannya sesuai yang ia inginkan. Hasilnya, momen perjalanan yang benar-benar seperti yang dia idamkan dan membahagiakan.

Beberapa Kesalahan Traveler Yang Sering Dilakukan Umumnya

Jadi, jika kamu ingin menjadi seorang traveler sejati. Usahakan untuk menghindari kekeliruan yang sudah jamak terjadi itu. Cobalah untuk mengatur rencana perjalanan, budget dan hal-hal lainnya sesuai kemampuan dan keinginan diri mu pribadi. Karena perjalanan wisata ini kan untuk refreshing pribadi mu kan. Jadi patutnya ya hanya kamu pribadi yang tau apa yang kamu inginkan tepatnya.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: