7 Metode yang Dapat Diterapkan untuk Meredakan Vertigo

7 Metode yang Dapat Diterapkan untuk Meredakan Vertigo – Meredakan vertigo secara tepat bukan hal mustahil untuk diterapkan, hanya saja kita tetap harus hati-hati. Vertigo merupakan kondisi saat tubuh kita mengalami keseimbangan disertai pengar dan sensasi berputar. Dalam beberapa kasus, vertigo dapat hilang sendiri, tetapi ada juga yang memerlukan tindakan medis supaya tidak bertambah parah.

Suster Virus Rubella

Vertigo sering kali datang tanpa gejala dan dipicu faktor-faktor yang berbeda. Sebagai bentuk antisipasi, ada baiknya kita tahu cara untuk meredakan serangan tersebut, seperti:

  1. Fokuskan pandangan pada objek jauh

Kita mungkin akan panik saat kali pertama merasakan vertigo, tapi pastikan kita dapat mengendalikan diri dengan cepat. Kemudian, fokuskan pandangan kita pada sebuah objek yang jauh. Tindakan lain seperti menutip mata atau berbaring sangat tidak dianjurkan, karena dapat memperparah vertigo. Pasalnya, ada kasus vertigo yang disebabkan infeksi telinga bagian dalam.



  1. Mengidentifikasi faktor penyebab vertigo

Mengenal pemicu vertigo yang kita alami akan membantu proses penyembuhan, karena beda penyebab maka beda juga metode yang akan dokter ambil. Jadi, setelah vertigo yang menyerang mereda, segera periksakan diri ke dokter tepercaya. Jangan melakukan diagnosis sendiri, karena kita bukan ahli dalam bidang tersebut. Belum tentu juga tebakan kita tepat.

  1. Ringankan vertigo lewat reposisi canalith

Cara berikutnya yang bisa kita terapkan untuk meredakan vertigo adalah lewat reposisi canalith. Akan tetapi, tindakan ini hanya bisa dilakukan terhadap vertigo yang diakibatkan benign paroxysmal positional vertigo. Reposisi canalith akan melibatkan sejumlah gerakan kepala yang bertujuan buat mengembalikan cairan di telinga bagian dalam.

  1. Operasi untuk memasukkan plug tulang

Operasi mungkin bukan cara meredakan vertigo secara tepat karena ada prosedur yang harus dilewati. Selain itu, tindakan ini baru diambil kalau reposisi canalith tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Dokter lantas akan menyarankan operasi untuk memasukkan plug tulang ke telinga bagian dalam agar kita tidak mendapatkan efek samping dari vertigo.

  1. Mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter

Faktor lain yang akan menyebabkan vertigo adalah penyakit Meniere. Dalam kasus ini, tidak ada obat yang mampu menyembuhkan Meniere dan yang bisa kita lakukan adalah meredakannya dengan resep yang diberikan dokter, seperti diazepam dan meclizine. Selain itu, membatasi asupan GSM, membatasi takaran garam, dan mengatur pola makan akan membantu kita meminimalkan serangan vertigo.





  1. Menurunkan retensi carian dengan obat-obatan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ada resep obat lain yang harus kita konsumsi bila vertigo yang dialami merupakan efek penyakit Meniere. Resep yang direkomendasikan dokter bertujuan untuk menurunkan retensi cairan yang diakibatkan penyakit tersebut. Resep kategori diuretik seperti kombinasi triamterene dengan hidroklorotiazid akan mengurangi tekanan cairan pada telinga bagian dalam.

  1. Memberikan suntikan steroid atau gentamisin

Apabila obat-obatan tidak memberi pengaruh banyak terhadap efek samping seperti vertigo, maka dokter akan mengambil langkah lain untuk kita, yakni suntikan. Suntikan steroid atau gentamisin akan diberikan ke telinga bagian tengah bagi pasien yang menderita penyakit Meniere. Kita pun tidak perlu cemas sebab dosis suntikan yang diberikan dokter sudah mengikuti standar yang diberlakukan.

Penyakit Meniere bukan satu-satunya gangguan kesehatan yang menyebabkan vertigo. Jadi, begitu kita merasakan serangan tersebut, pergilah ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan diagnosis tepat. Ini adalah salah satu cara meredakan vertigo secara tepat yang tidak akan memberikan dampak negatif.

7 Metode yang Dapat Diterapkan untuk Meredakan Vertigo

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: