6 Jenis Olahraga Jepang Yang Unik dan Menarik Bagi Para Wisatawan

6 Jenis Olahraga Jepang Yang Unik dan Menarik Bagi Para Wisatawan

Jenis olahraga yang menjadi ciri khas sebuah negara memang selalu menarik untuk diikuti. Berikut adalah beberapa olahraga unik asal Jepang yang sampai saat ini sukses menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara.


Kyujutsu
Kyujutsu

Kyujutsu

Kyujutsu atau kyudo adalah jenis olahraga memanah yang sudah banyak dipraktekkan oleh para samurai sejak zaman Edo. Alat yang digunakan untuk olahraga ini disebut yumi (busur), ya (anak panah dari bahan bambu tua), dan yugoke (sarung  tangan kulit domba). Untuk bisa memenangkan olahraga ini, perlu teknik khusus  yang tidak semua orang bisa melakukannya dan pada zaman dahulu, olahraga ini digunakan untuk menunjukkan kekuatan seorang samurai yang membuatnya disegani samurai lain.







Judo
Judo

Judo

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang olahraga judo, olahraga ini juga dikembangkan dari seni beladiri jujutsu yang membuat pemainnya mampu mempertahankan diri dengan tangan kosong. Olahraga ini memiliki beragam teknik, yang untuk menguasainya diperlukan tingkat konsentrasi dan kesabaran tinggi. Dalam prakteknya, setiap tingkatan kyu dalam judo akan membuat para atletnya mengenakan warna sabuk yang berbeda.
Baca juga : Sejarah Piala Dunia


Sumo
Sumo

Sumo

Saat Kamu berkunjung ke Jepang, Kamu mungkin tidak merasa asing dengan olahraga sumo. Olahraga yang dilestarikan sejak 1500 tahun yang lalu ini bisa dikatakan unik karena semua ritualnya berhubungan dengan agama Shinto yang menjadi kepercayaan utama di Jepang. Cara orang yang bergulat didalam pertandingan sumo, bisa dianggap sebagai simbol pertarungan antara manusia dengan Kami (Dewa Shinto). Tidak hanya itu, setiap akan memulai pertandingan sumo, Kamu bisa melihat wasit maupun pemain melakukan ritual pengusiran roh jahat. Sampai saat ini, tingkatan tertinggi dalam olahraga sumo adalah yokozuna, yang setara dengan sabuk merah olahraga judo.


Kendo
Kendo

Kendo

Kendo adalah salah satu olahraga unik yang berasal dari Jepang. Dalam olahraga ini, pemain akan mengenakan baju pelindung (bogu), yang terdiri dari men, do, kote, dan tare. Setiap pemain berhak melakukan beragam teknik untuk menyerang bagian kepala, badan, lengan, dan tenggorokan. Meski kendo adalah olahraga yang menggunakan pedang untuk menyerang lawan, pedang yang digunakan tidak terbuat dari logam melainkan dari bambu (shinai). Sampai saat ini, di Jepang ada kejuaraan khusus yang diselenggarakan untuk olahraga kendo dan umumnya yang dinilai adalah teknik yang digunakan untuk menebas lawan serta semangat yang ditunjukkan.


Aikido
Aikido

Aikido

Aikido yang berasal dari Jepang adalah pengembangan dari olahraga jujutsu. Secara garis besar, aikido adalah olahraga yang membutuhkan kematangan psikis dari pemainnya, karena olahraga ini menggunakan tenaga yang dimiliki lawan untuk melakukan serangan balik. Untuk bisa menguasai teknik dalam aikido dibutuhkan tingkat keseriusan yang sangat tinggi, karena teknik yang ada didalam olahraga ini hanya bertujuan untuk menaklukkan lawan tanpa perlu melukai fisik. Di Jepang, aikido dipelajari dengan sistem tingkatan, untuk pemula ada teknik di sistem Kyu yang harus dikuasai, sedangkan untuk tingat mahir, terdapat beragam teknik di sistem Shodan yang bisa dipelajari.


Air sex
Air sex

Air sex

Jika Kamu mendengar olahraga air sex, ada kemungkinan birahi yang Kamu miliki langsung terpancing. Meski aneh, olahraga ini sudah diakui dan memiliki kompetisi resmi di Jepang. Para peserta olahraga ini umumnya akan diberikan kata kunci dan peserta wajib memperagakan posisi sex yang dimaksud dengan pasangan yang tak kasat mata. Sejak diciptakan oleh J-Taro Sugisaku di tahun 2006, jenis olahraga ini banyak memiliki peminat dan orang yang boleh melakukannya adalah para pria yang masih lajang.

Itulah Olahraga Unik Jepang

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: