Mengenal 5 Teknik Fotografi Kreatif Yang Mudah Untuk Dilakukan

Bacaan Asik – Ada beragam teknik fotografi kreatif yang dapat digunakan dalam dunia fotografi. Terutamanya bagi Anda yang ingin memberikan tampilan terbaik dengan efek dan gaya foto yang berbeda. Selain dengan memanfaatkan beragam teknik yang memang telah ada.

Anda juga dapat berkreasi sendiri dengan cara yang menyesuaikan teknik ataupun strategi sesuai dengan objek yang hendak Anda abadikan.

Sehingga hasil jepretannya pun akan lebih menarik dan tentunya berbeda dengan hasil jepretan lainnya.

Lihat juga: Balas-balasan puisi antara penumpang dengan maskapai penerbangan



Berikut ini adalah beberapa teknik fotografi kreatif yang dapat Anda ikuti dan jadikan referensi, diantaranya adalah:

  • Fotografi dengan efek motion blur

Efek motion blur adalah seni memotret dengan subjek yang bergerak. Teknik memotret yang satu ini umumnya digunakan dalam kegiatan olahraga, namun juga seringkali digunakan untuk menghasilkan jepretan yang menarik.

Seperti halnya penambahan dari efek cahaya dan lainnya. Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan efek yang satu ini, pastikanlah untuk mengatur shutter speed yang Anda miliki dengan posisi lambat.

Kemudian pegang kamera tersebut selama subjek foto itu bergerak. Apabila hal ini sulit untuk dilakukan dengan menggunakan tangan, maka Anda pun dapat menggunakan bantuan tripod. Sehingga hasil yang ditampilkannya jauh lebih baik dan memuaskan.

  • Fotografi pada saat malam hari

Melakukan kegiatan fotografi di malam hari tentunya menjadi hal yang cukup menantang. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan cahaya yang lebih terbatas. Selain itu seorang fotografer juga lebih diutamakan untuk mengatur ketajaman cahaya gambar dengan lebih baik.

Dengan demikian, kreativitas serta pengaturan pun harus disesuaikan dengan lebih baik. Sehingga dapat membantu menghasilkan foto yang lebih baik pula. Fotografi pada malam hari memberikan kesan tersendiri. Karena itulah ia masuk dalam efek terbaik, termasuk ketika matahari terbenam dengan efek cahaya yang mulai memudar.

  • Fotografi makro

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, teknik ini mampu membuat foto yang dihasilkan lebih besar dari aslinya, sehingga cukup unik dan juga bermanfaat. Bahkan dalam penggunaannya, teknik ini juga cukup bermanfaat. Dimana ia dapat menunjukkan bagian terkecil yang semula tidak dapat dilihat dengan mudah oleh mata manusia.

Untuk menjadikan efek yang satu ini nampak lebih bagus, maka carilah subjek yang cukup menonjol dengan desain terperinci, seperti halnya hewan berukuran kecil, kemudian tanaman dan juga beragam bentuk hal atau benda kecil lainnya.

  • Fotografi dengan efek hitam putih

Mengambil gambar dengan latar hitam putih, dinyatakan dapat menunjukkan gambar tentang diri mereka sebenarnya, begitulah pendapat yang diungkapkan oleh Ted Grant. Pada dasarnya menggunakan latar foto dengan warna hitam putih memberikan kesan tersendiri dan bahkan tampilan yang cukup istimewa.

Teknik foto yang satu ini dapat Anda gunakan dengan menerapkan filter hitam atau bahkan putih pada photoshop. Teknik ini juga dapat dimulai dengan komposisi yang matang. Kemudian penggunaan efek bayangan, cahaya, serta subjek yang juga secara sempurna dapat membangun citra yang lebih kuat pada foto itu sendiri.

Namun ketika menggunakan teknik yang satu ini sebaiknya Anda berhati-hati. Pasalnya jika dilakukan dengan asal-asalan, bukan tidak mungkin foto yang dihasilkannya pun tidak akan menarik.

  • Fotografi siluet

Teknik foto yang satu ini umumnya dilakukan dengan menggunakan gambar dari hewan, benda, atau bahkan orang yang diwakili dengan bentuk warna hitam. Teknik yang satu ini selain dikenal unik, karena ia juga memberikan kesan dramatis.

Ada beberapa saat yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan fotografi siluet terbaik, diantaranya yaitu ketika matahari terbit atau bahkan ketika matahari terbenam.

Mengenal 5 Teknik Fotografi Kreatif Yang Mudah Untuk Dilakukan

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beberapa teknik fotografi kreatif dengan hasil memuaskan yang bisa Anda coba lakukan.

Terima Kasih,
IDRTimes

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: