Daftar 10 Negara Dengan Tingkat Penipuan Tertinggi di Dunia, Indonesia Kira-Kira Masuk Tidak, Ya?

Inilah daftar 10 negara dengan tingkat penipuan tertinggi di dunia. Praktik penipuan memang bisa terjadi di mana saja dengan berbagai metode yang dilakukan oleh sang pelaku. Tidak tanggung-tanggung, praktik tersebut juga masuk dalam lingkup perdagangan online alias ecommerce.

Lewat penipuan semacam itu, sang pelaku bisa berhasil mengumpulkan banyak keuntungan bahkan sampai bermilyar-milyar dan triliunan dollar. Praktik seperti ini terjadi tidak hanya di Negara-negara Asia, namun juga di benua lainnya. Mari kita intip 10 negara dengan tingkat penipuan paling tinggi di dunia, kira-kira Indonesia masuk dalam daftar atau tidak ya?

List 10 negara dengan tingkat penipuan tertinggi di dunia

Praktek penipuan di berbagai dunia rupanya dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada yang menggunakan teknologi dan tentunya bukan hal aneh di jaman serba maju seperti ini. Penipuan bahkan dilakukan ke kalangan turis yang sedang berlibur di Negara tersebut. Jadi memang sang pelaku tidak hanya melakukan aksinya pada warga lokal. Berikut ini daftar 10 negara dengan tingkat penipuan tertinggi di dunia beserta praktik-praktik yang dilakukan:

  1. Nigeria

Lewat pesan Facebook maupun e-mail, para pelaku kejahatan ini berusaha menipu targetnya dengan cara memanfaatkan rasa penasaran publik dengan kalimat-kalimat menggiurkan seperti ‘cara cepat menjadi kaya’. Menang Nigeria termasuk Negara dengan penduduk termiskin di dunia, jadi banyak sekali masyarakatnya yang tentu saja tertarik meningkatkan keadaan ekonomi mereka. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan penipuan.



Biasanya tampilan pesan tersebut berupa artikel atau petunjuk cara menjadi kaya maupun motivasi-motivasi dengan tema semacamnya. Janji-janji menjadi kaya sangat menggiurkan orang yang membaca dan sekilas memang tidak nampak seperti penipuan. Padahal selagi tautan tersebut dibuka, sang pelaku yang ada berada di baliknya tengah mencuri data-data pribadi pengguna. Ada juga pelaku yang sengaja meminta data berupa nomer rekening bank dengan berkata bahwa hal itu adalah bagian dari prosedur agar bisa menjadi kaya dalam waktu instan.

  1. India

Anda penggemar film Bollywood pastinya hapal dengan Negara satu ini. India merupakan salah satu Negara dengan tingkat populasi penduduk terbesar di dunia. Praktik-prakti penipuan yang dilakukan oleh pelaku kejahatan di sana sangatlah beragam. Bahkan sampai ada yang mengatakan hampir tak mungkin datang ke India tanpa kena tipu. Praktek penipuan yang dilakukan seperti menipu harga tarif atau sewa taksi sampai menipu dengan jalan menjual batu mulia imitasi/ palsu. Penipuan dapat terjadi di mana saja seperti bandara, restoran, hotel, dan berbagai tempat layanan lainnya.

  1. China

Pelaku penipuan di China sangat pandai memanfaatkan teknologi khususnya dalam bidang komunikasi. Biasanya para pelaku tersebut akan mengirimkan pesan berupa gambar provokatif kepada target lalu memeras mereka. Ada juga pesan yang isinya berupa virus dan akan mencuri semua data-data penting dan pribadi sang target. Lalu ada juga praktik penipuan dengan cara melakukan mark up harga terapi serta obat. Tidak heran China masuk ke dalam daftar 10 negara dengan tingkat penipuan tertinggi di dunia.

  1. Brasil

Di Negara ini para pelaku tidak hanya dilakukan oleh para pria, tapi juga wanita dengan memanfaatkan penampilan eksotis dan cantik mereka. Tampilan menawan wanita ini kerap dijadikan alat praktik penipuan para turis yang berkunjung ke Brasil. Praktik seperti itu juga sering terjadi pada para turis yang meminta bantuan untuk dipotret. Mirisnya banyak juga penipuan yang berakhir penculikan terhadap nasabah bank termasuk mereka yang melakukan transaksi tukar uang di bank-bank konvensional. (Baca juga: 8 Kejadian Konyol di Pesawat Terbang yang Terjadi di Tahun 2017)

  1. Pakistan

Sunggu ngeri! Di Negara ini malah praktik penipuan dilakukan dengan memanfaatkan kedok militer. Caranya adalah dengan mengatasnamakan suatu individu yang punya pengaruh besar atau institusi penting. Praktik ini biasanya dilakukan lewat media sosial dengan cara menjaring orang-orang lugu untuk melakukan interaksi yang berakhir dengan pemerasan harta. Metode penipuan lainnya dengan cara mengirimkan email berisi virus yang merusak fungsi komputer dan akhirnya sang pelaku meminta tebusan untuk memperbaikinya.

  1. Indonesia

Wah, rupanya Indonesia tidak luput dan masuk ke dalam daftar 10 negara dengan tingkat penipuan tertinggi di dunia! Praktik penipuan di Negara kita ini juga ada banyak macamnya entah lewat pesan singkat ataupun di media sosial. Penipuan tersebut juga kadang tidak disadari oleh publik dan alhasil mampu menyedot ratusan juta bahkan sampai milyaran rupiah. Salah satu contohnya praktik penipuan penyadapan di ATM yang tak disadari oleh nasabah bank. Praktik semacam ini sendiri sebenarnya sudah mulai marak sejak tahun 2000 dan bahkan sampai sekarang masih banyak dilakukan oleh para pelaku praktik kejahatan.

  1. Venezuela

Negara ini sebenarnya merupakan Negara yang sangat indah tempat para turis berdatangan, tapi siapa sangka Venezuela masuk dalam daftar 10 negara dengan tingkat penipuan tertinggi di dunia. Apalagi sejak mengalami resesi ekonomi, banyak praktik penipuan yang muncul. Praktik tersebut dilakukan mulai dari meluncurkan obligasi palsu sampai kencan online. Pada tahun 2016, berbagai harga bahan baku di pasaran melonjak naik sampai 800 persen. Akibatnya banyak orang di-PHK dan akhirnya ada juga yang beralih melakukan praktik penipuan dan kejahatan demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

  1. Afrika Selatan

Afrika Selatan merupakan salah satu Negara dengan tingkat kejahatan paling tinggi di dunia dengan adanya praktik-praktik penipuan yang marak dilakukan. Apalagi di tahun 2015, Afrika dikenal sebagai Negara dengan tingkat praktik penipuan perbankan online tertinggi di dunia. Penipuan tersebut dilakukan dengan berbagai macam cara misalnya mencuri data pribadi, email bodong, serta situs bank palsu. Provinsi Gauteng merupakan sebuah wilayah di Negara tersebut dicatat memiliki tingkat praktik penipuan semacam ini.

  1. Filipina

Di Negara Filipina, praktik penipuan malah sering menimpa para turis yang sedang berlibur. Metode penipuannya sendiri tidak dengan memanfaatkan teknologi. Para pelaku sengaja mendatangi turis tersebut dan berpura-pura berkata bahwa sang turis mirip dengan sanak keluarga mereka agar turis mau diajak berkeliling. Setelah diajak berkeliling dengan ramah, para turis itu dirampok. Praktik penipuan lainnya terjadi ketika turis menumpang taksi gelap dan ketika di tengah jalan, supir taksi berganti lalu turis tersebut dirampok. Wah, kalau seperti ini harus lebih berhati-hati lagi saat sedang pergi berlibur.

  1. Romania

Romania terpuruk miskin setelah kejatuhan komunis dan juga menyebabkan banyak praktik penipuan sekaligus korupsi. Dan selama bertahun-tahun, Romania sudah dikenal sebagai alamat IP banyak pelaku praktik kejahatan lewat internet. Pelaku penipuan tersebut melancarkan aksinya melalui berbagai macam cara misalnya pencurian data pribadi, kencan online, sampai menjual barang-barang palsu.

Itulah tadi 10 negara dengan tingkat penipuan tertinggi di dunia. Memang ada banyak sekali praktik penipuan bahkan tidak hanya ada di Negara dalam daftar di atas. Banyak orang di negara-negara maju juga sering mengalami kerugian dari praktik penipuan yang dilakukan oleh sang pelaku tanpa mengenal waktu dan tempat.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: