Segera Diluncurkan, YouTube Shorts Siap Saingi TikTok

Bacaan Asik – YouTube mencoba menarik kembali para penggunanya yang sejak itu lebih suka menghabiskan waktu mereka di TikTok. Menurut laporan baru, platform berbagi video tersebut meluncurkan fitur baru segera tersedia untuk aplikasi selulernya. Aplikasi yang dinamakan YouTube Shorts siap saingi TikTok di masa depan.

Shorts akan menyertakan umpan yang terdengar familier dengan video pendek dari sesama pengguna. Dan karena perizinan lagu platform yang sudah mapan, itu akan segera diluncurkan. Menurut laporan, platform ini akan tersedia pada akhir tahun 2020. Ditanya tentang masalah ini, seorang juru bicara YouTube mengatakan: “Kami tidak mengomentari rumor atau spekulasi.”

YouTube Shorts Siap Saingi Viralnya TikTok

TikTok, platform media sosial yang paling populer di kalangan remaja, adalah aplikasi 2019 yang paling banyak diunduh. Mengumpulkan lebih dari 700 juta unduhan. Pengguna dapat memposting video pendek tentang diri mereka sendiri dan apa saja. Menampilkan lagu dan potongan media lainnya dalam budaya pop.

Namun, politisi AS telah mulai mempertanyakan keandalan aplikasi, mengatakan bahwa perusahaan di belakangnya dapat menimbulkan ancaman keamanan nasional. TikTok juga menjadi berita utama bulan lalu ketika terungkap bahwa moderator konten diberitahu untuk tidak menampilkan video buruk dari pengguna, serta menyensor pidato politik tertentu dalam streaming langsung.



TikTok dimiliki oleh perusahaan teknologi Cina, ByteDance. Jadi tidak mengherankan mengapa aplikasi itu sekarang berada di bawah pengawasan dari pemerintah AS. Ini adalah platform media sosial terbaru yang dikritik karena mempromosikan konten.

Bukan hal baru bagi Google, yang memiliki YouTube, untuk meminjam fitur dari platform media sosial lainnya. Fitur Stories-nya jelas merupakan salinan dari apa yang dimiliki Instagram dan Snapchat. Dengan meluncurkan aplikasi ini nantinya, platform ini berharap dapat menghadirkan kembali pemirsa yang kini yakin bahwa video pendek lebih menyenangkan untuk ditonton.

Ini pasti akan menjadi tantangan, karena TikTok telah mengumpulkan jutaan pengguna. Tetapi platform media sosial datang dan pergi. Sebelum TikTok, Vine adalah favorit. Sehingga gagasan YouTube untuk mendapatkan popularitas, tidak bisa dibilang terlalu jauh.