WHO Soroti Lonjakan Kasus di Indonesia: Kematian Naik 71 Persen!

Jakarta

Kenaikan tajam kasus COVID-19 di Indonesia menjadi sorotan dunia, tak terkecuali Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Mike Ryan mengatakan Indonesia sedang mengalami fase peningkatan penularan yang sangat intens selama beberapa minggu terakhir.

Kasus Corona di Indonesia yang melonjak juga sejalan dengan jumlah kematian yang melesat. Angka kematian COVID-19 di Indonesia hampir melebihi jumlah kematian harian India, dan kemungkinan juga akan segera melampaui insiden hariannya/

“Kami telah melihat peningkatan kasus sebesar 44% selama seminggu terakhir dan peningkatan kematian sebesar 71 persen,” kata Ryan dalam konferensi pers di Jenewa, Swiss,

Ryan juga menyinggung peningkatan kasus yang disebabkan oleh varian baru. Hal ini mengakibatkan kenaikan kematian yang dialami oleh kelompok rentan seperti orang tua, atau mereka yang memiliki komorbid.

“Jadi tidak diragukan lagi bahwa Indonesia menghadapi situasi yang sangat sulit dan saya tahu Direktur Jenderal, Dr Tedros, mengadakan pertemuan dengan pejabat senior dari Indonesia minggu lalu,” jelas Ryan.

Pejabat WHO ini mengatakan Indonesia perlu meningkatkan cakupan vaksinasi untuk mencegah terjadinya lonjakan kematian. Namun jika dilihat dari cakupan vaksinasi Indonesia, Ryan mengatakan jumlahnya masih sangat jauh dari target.

“Sekali lagi kita melihat ratusan, ribuan orang terinfeksi dan lebih penting lagi orang-orang dirawat di rumah sakit dan sekarat yang dapat dan seharusnya dilindungi sejauh ini dalam pandemi ini,” pungkas Ryan.

Simak video ‘4 Juta Orang di Dunia Meninggal karena COVID-19, WHO: Tragis!’:

Cek Video di 20 Detik(.)com

(kna/naf)

Terima kasih telah membaca artikel

WHO Soroti Lonjakan Kasus di Indonesia: Kematian Naik 71 Persen!