WHO Peringatkan Dunia Sudah Masuk Tahap Awal Gelombang Ketiga COVID-19

Jakarta

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dunia saat ini telah memasuki tahap awal gelombang ketiga COVID-19, Rabu (14/7/2021). Hal ini karena dalam beberapa pekan terakhir, lonjakan kasus Corona terjadi di berbagai negara di dunia.

“Saat ini kita berada pada tahap awal gelombang ketiga,” kata Tedros dalam sambutan pembukaan rapat ke-8 Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional (IHR) tentang COVID-19.

Bukan hanya kasus Corona yang melonjak, Tedros mengatakan kasus kematian akibat COVID-19 juga meningkat dalam seminggu terakhir secara global. Padahal, sebelumnya kasus kematian sempat menurun selama 10 minggu.

Menurut Tedros, virus Corona varian Delta menjadi salah satu penyebab melonjaknya kasus Corona. Varian ini telah menyebar di lebih dari 111 negara, dan kemungkinan akan menjadi jenis virus Corona yang dominan di seluruh dunia.

“Varian Delta adalah salah satu pendorong utama peningkatan penularan saat ini, didorong oleh peningkatan mobilitas sosial, dan penggunaan langkah-langkah kesehatan dan sosial masyarakat yang tidak konsisten,” jelas Tedros, seperti dikutip dari laman resmi WHO.

Tedros juga menyoroti adanya ketimpangan distribusi vaksin COVID-19 di dunia, yang semakin terlihat antara negara kaya dan negara miskin serta berkembang. Negara dengan akses terbesar ke vaksin mulai mencabut pembatasan sosial mereka, sementara masih banyak negara yang belum mendapat atau kekurangan vaksin COVID-19.

“Kami terus melihat perbedaan yang mengejutkan dalam distribusi vaksin secara global,” ucap Tedros.

“Banyak negara masih belum menerima vaksin apa pun dan sebagain besar belum menerima cukup vaksin,” ujarnya.

Meski demikian, Tedros mengatakan COVAX akan terus berusaha untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 dengan cepat dan adil.


Terima kasih telah membaca artikel

WHO Peringatkan Dunia Sudah Masuk Tahap Awal Gelombang Ketiga COVID-19