Bisnis Waralaba: Bisnis dengan Risiko yang Kecil, Namun Menguntungkan

IDRTimes.com – Bisnis franchise atau biasa disebut dengan bisnis waralaba dianggap sebagai langkah awal untuk memulai bisnis kamu dengan cara aman tanpa harus menyiapkan segala hal dari nol. Hanya butuh modal dan kamu pun siap untuk memulai bisnis waralaba: bisnis dengan risiko yang kecil, namun menguntungkan.

Tapi sebelum kamu menjalankan bisnis waralaba, kamu harus memiliki franchisor terlebih dahulu. Franchisor adalah pemilik bisnis yang akan memberikan ijin untuk waralaba yang ingin kamu jalankan. Produk dan strategi penjualan biasanya sudah disiapkan oleh franchisor itu sendiri, dan dengan panduan dari franchisor itu juga.

Sistem waralaba memang aman dan bebas dari risiko. Tapi tidak menutup kemungkinan jika kamu tidak mengikuti saran serta anjuran dari franchisor, maka bisa jadi hal tersebut akan berisiko. Jadi butuh kejelian serta keuletan kamu untuk mengelola bisnis waralaba tersebut nantinya. Jika tidak pintar untuk mengelola risiko tersebut, maka anda akan mendapat kerugian.

Bisnis waralaba pada dasarnya hanya sebuah cara pemasaran yang dilakukan oleh pemilik bisnis waralaba tersebut untuk lebih memperluas pasarnya.



Kiat Sukses untuk Menjalankan Bisnis Waralaba

Ada dua kepentingan dalam bisnis ini. Pertama, pemilik bisnis yang sukses, namun masih ragu jika bisnis suksesnya tersebut bisa digandakan dan akan sukses di tempat baru. Dan kedua, pemilik dana berlebih yang memiliki keinginan untuk memiliki usaha, tetapi tidak ingin jika harus memulai usahanya dari nol.

Baca juga: Peluang Bisnis Anak Muda Masa Kini

Bisnis waralaba juga bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak terkecuali. Dan berikut hal yang perlu diperhatikan untuk bisa sukses menjalani bisni ini.

  • Pemilihan lokasi

    Tempat yang strategis menjadi daya jual yang tinggi. Dengan lokasi yang benar-benar strategis, kamu bisa lebih mudah untuk melakukan promosi bisnis yang kamu miliki. Dan jika usaha yang dimiliki berbasis online, kamu bisa coba ikut di dalam marketplace yang memang sudah memiliki trafik tinggi, seperti tokopedia.com, bukalapak.com atau yg berbasis aplikasi, seperti Shopee.

  • Pemilihan waralaba yang mudah

    Kamu bisa memulai dengan bisnis waralaba yang mudah dijalankan serta mudah dipelajari. Awali usaha kamu dari bisnis yang mudah terlebih dahulu, baru kemudian jika sudah lancar, kamu bisa mencoba untuk menjalankan usaha yang mungkin lebih rumit. Kamu juga bisa pilih bisnis yang tidak terlalu banyak menyita waktu dan juga pikiran.

  • Cari bisnis dengan harga terjangkau

    Mulailah dengan bisnis waralaba yang punya harga terjangkau. Kamu bisa lebih mudah untuk mengontrol risiko bisnismu. Harga terjangkau bisa jadi identik dengan risiko yang lebih terkontrol.

  • Apa yang paling dicari konsumen

    Pilih bisnis yang banyak dicari para pembeli. Dari segi pemasaran, bisnis yang banyak dicari konsumen akan lebih memudahkan kamu. Salah satunya adalah bisnis waralaba makanan. Kamu bisa memulai untuk mencari jenis dan model makanan yang kira-kira akan laris di pasaran.

  • Utamakan pelayanan

    Pelayanan baik dan proses yang mudah bisa menjadi kunci sukses untuk memulai usaha waralaba. Ingat, jangan asal pilih bisnis yang asal murah. Pastikan juga kamu mencari para pemilik bisnis waralaba yang bisa memberikan pelayanan prima. Contoh kecilnya mungkin dari adanya garansi barang atau produk, informasi yang baik dan jelas, adanya pelatihan atau hal lainnya yang mungkin berkaitan dengan bisnis ini, sehingga kamu juga bisa terbantu dalam menjalankan bisnis tersebut.

  • Kontrol dan efisiensi biaya

    Bagi para newbie, cobalah untuk mencari pemilik bisnis waralaba yang dekat dengan rumah atau lokasi bisnis kamu. Setidaknya jangkauannya masih dalam satu kota atau kabupaten. Kemudahan ini bisa membuat kamu leluasa untuk berkonsultasi jika ada kendala yang dihadapi.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: