Viral Dipakai Roy Suryo, Apa Sih Fungsi Neck Support?

Jakarta

Baru-baru ini pakar telematika Roy Suryo ditetapkan menjadi tersangka atas kasus meme stupa Candi Borobudur. Dalam dua kali pemeriksaan tersangka di Polda Metro Jaya, Roy Suryo keluar ruang penyidik dalam kondisi sakit, bahkan terlihat juga ia memakai alat penyangga leher (cervical collar).

Sebenarnya apa sih fungsi penyangga leher tersebut?

Menurut dr Andri Primadhi, SpOT(K) dari RSUP Dr Hasan Sadikin, neck brace atau cervical collar berguna untuk mengurangi gerakan (imobilisasi) pada ruas-ruas tulang leher. Tujuannya untuk mencegah nyeri atau keluhan lain yang terkait dengan otot, saraf, dan sendi di leher


“Neck brace itu fungsinya untuk mengurangi gerakan (imobilisasi) pada ruas-ruas tulang leher untuk mencegah nyeri atau keluhan-keluhan lain yang terkait dengan otot/saraf/sendi di leher,” tuturnya saat dihubungi detikcom, Rabu (3/8/2022).

Sebutan lain untuk neck brace adalah neck collar, atau neck support. Adapun pasien yang umumnya menggunakan neck brace atau penyanggah leher ini adalah mereka yang mengalami cedera kepala, leher, atau kasus-kasus degeneratif.

“Biasanya digunakan pada kasus-kasus cedera kepala/leher, atau pada kasus-kasus degeneratif,” sambungnya lagi.


Terima kasih telah membaca artikel

Viral Dipakai Roy Suryo, Apa Sih Fungsi Neck Support?