Viral Air Kelapa Bisa Sembuhkan COVID-19, Ternyata Begini Efeknya Menurut Dokter

Jakarta

Baru-baru ini, beredar kabar viral soal ramuan air kelapa dicampur jeruk nipis, madu, dan garam bisa menyembuhkan COVID-19. Namun diluruskan, informasi ini sama sekali tak benar. Pasalnya, hingga kini, belum ada makanan atau minuman tertentu yang terbukti bisa menyembuhkan COVID-19.

Dokter spesialis gizi klinik dr Sheena RA, M.Gizi, SpGK menjelaskan, makanan dan minuman bergizi tentu baik untuk dikonsumsi sebagai upaya memelihara daya tahan tubuh dan mencegah infeksi virus Corona. Namun ditekankan, asupan tersebut tak lantas menyembuhkan infeksi COVID-19.

“Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ada jenis makanan atau minuman atau ramuan tertentu yang bisa menghilangkan COVID-19,” terangnya dalam diskusi daring, Selasa (20/7/2021).

Bukannya kelapa itu baik?

dr Sheena membenarkan, air kelapa, jeruk nipis, dan madu memang masing-masing memiliki efek baik bagi tubuh. Ia juga setuju, bahan-bahan ini baik dikonsumsi oleh pasien COVID-19 seiring proses penyembuhan. Namun yang perlu digarisbawahi, bahan-bahan ini bukan bekerja sebagai ‘obat’ COVID-19.

“Jika kita lihat satu per satu, air kelapa memang memiliki kandungan yang baik seperti karbohidrat, protein, serta, dan beberapa vitamin serta mineral. Air kelapa juga merupakan sumber elektrolit yang baik sehingga bagi pasien COVID-19 yang mengalami mual, muntah, atau pun diare, air kelapa dapat dijadikan sebagai pengganti air dan elektrolit,” bebernya.

“Madu sendiri mengandung karbohidrat yang dapat memberikan tambahan energi serta beberapa vitamin dan mineral. Sedangkan jeruk nipis kita ketahui memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga baik diberikan kepada pasien COVID-19,” sambungnya.

Perihal konsumsi garam oleh pasien COVID-19, dr Sheena mengingatkan, batas maksimal konsumsi garam setiap orang adalah 1 sendok teh per hari. Jangan sampai, konsumsi ramuan air kelapa ini membuat asupan garam menjadi berlebih dan mengganggu keseimbangan asupan gizi.


Terima kasih telah membaca artikel

Viral Air Kelapa Bisa Sembuhkan COVID-19, Ternyata Begini Efeknya Menurut Dokter